Lebaran sebentar lagi, mudik pun tinggal menghitung hari. Di indonesia, mudik atau pulang kampung sudah menjadi tradisi menjelang Hari Raya Idulfitri. Tapi bagaimana ya dengan ibu hamil? Apakah aman tetap melakukan mudik? Nah, supaya rencana mudik tetap berjalan lancar, yuk simak tips mudik untuk ibu hamil di artikel ini! 

1. Konsultasi dengan Dokter

Tips pertama mudik untuk ibu hamil adalah dengan memastikan kondisi Mama. Buatlah janji konsultasi dengan dokter untuk memastikan bahwa kandungan sehat dan tidak ada komplikasi sehingga Mama bisa mudik dengan aman dan lancar. 

Selain itu, perhatikan usia kehamilan. Biasanya dokter tidak menyarankan ibu hamil yang usianya kandungannya masih di bawah 12 minggu untuk bepergian. Pasalnya, usia kehamilan masih muda kebanyakan ibu hamil sering merasakan mual, muntah, dan hingga cepat lelah. 

2. Pilih Transportasi yang Paling Aman dan Nyaman

Ada beberapa pilihan transportasi yang bisa Mama pilih. Namun karena sedang hamil, pastikan Mama memilih transportasi yang aman dan nyaman. Selain itu, sebaiknya gunakan transportasi dengan jarak tempuh perjalanan yang paling cepat. Misalnya pesawat. 

Selain itu, pastikan Mama sudah mengantongi surat izin dari dokter agar bisa terbang, ya!

3. Prioritaskan Barang yang Perlu Dibawa 

Biasanya saat hamil muda, Mama akan merasa cepat lelah. Nah, untuk meminimalisir hal tersebut, pastikan Mama melakukan tips satu ini yaitu, memprioritaskan barang bawaan yang penting  saja. 

Dengan begitu, barang bawaan jadi lebih efisien dan memudahkan ibu hamil selama mobilisasi di kendaraan. 

4. Menghindari Makanan yang Berminyak dan Gas Tinggi

Selama di perjalanan ibu hamil mungkin lebih mudah lapar dan haus. Namun, sebaiknya Anda tidak terlalu banyak mengonsumi makanan yang berminyak dan tinggi gas. Contohnya gorengan, makanan bertepung, dan produk olahan susu.

Sebagai gantinya, Mama bisa mengonsumi buah atau ubi kukus. Dijamin lebih bergizi dan mengenyangkan. 

BACA JUGA: 7 OPSI CEMILAN SEHAT IBU HAMIL, MAMA BISA LIHAT DI SINI!

5. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Menggunakan pakaian yang nyaman selama perjalanan juga tidak kalah penting bagi ibu hamil selama mudik. Sangat disarankan untuk mengenakan pakaian yang tidak terlalu ketat dan tidak menekan perut.

Selain itu, pilihlah pakaian yang menyerap keringat agar tetap nyaman dikenakan dan tidak bikin Mama gerah selama perjalanan mudik. 

6. Penuhi Kebutuhan Cairan dan Nutrisi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, selama kehamilan biasanya ibu hamil akan cepat merasa lapar dan haus. Maka dari itu, penting untuk memenuhi kebutuhan cairan dan nutrisi selama perjalanan.

Hal ini agar bayi di dalam kandungan dan juga Mama tetap terjaga dari dehidrasi. 

7. Cek Kondisi Fisik dan Mental 

Menjadi ibu hamil dan sedang melakukan perjalanan mudik tentu menjadi tantangan tersendiri. Apalagi ketika hamil, mood dan mental  ibu hamil sangat sensitif dan tidak stabil. 

Maka dari itu, pastikan sebelum melakukan perjalanan mudik, Mama istirahat dengan cukup dan mengkonsumsi vitamin yang dibutuhkan. Selama perjalanan, Papa juga harus siap siaga membantu bumil, ya! 

Itu dia tips mudik untuk ibu hamil yang bisa Mama lakukan. Perjalanan mudik bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan tetapi juga melelahkan. Oleh karena itu, pastikan Mama sudah mengantongi surat sehat dokter, dan jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat, istirahat cukup, mempersiapkan fisik maupun mental dengan baik. Selain menjaga kesehatan, Mama juga bisa mengisi waktu selama perjalanan untuk menyiapkan keperluan si kecil nanti. Syukurlah, sekarang ini Mama tak perlu repot memikirkan kebutuhan-kebutuhan tersebut karena semuanya bisa didapatkan di Mamasewa, mulai dari pompa ASI, box bayi, mainan, sampai stroller pun ada. Tentunya dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang terjamin. Best choice banget kan, Mam?

Tinggalkan Balasan