cemilan sehat ibu hamil
Pregnant food photo created by senivpetro – www.freepik.com

Kondisi Mama saat sedang hamil adalah kondisi dimana kebutuhan nutrisi meningkat. Jelas, hal ini disebabkan oleh kebutuhan si Kecil yang tengah tumbuh di dalam kandungan, serta kebutuhan tubuh Mama dalam menopang tumbuh kembangnya. Memilih cemilan sehat ibu hamil bisa jadi solusi menarik, untuk membantu mencukupi nutrisi harian Mama.

Tapi apakah ada cemilan sehat seperti itu?

Faktanya, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Mama dan si Kecil yang ada di dalam kandungan, makanan pokok saja cenderung kurang cukup. Tambahan cemilan sehat untuk ibu hamil bisa jadi alternatif, sebagai cara mencukupi nutrisi dengan cara yang lebih seru.

Tentu Mama akan cukup bosan bukan jika selama sembilan bulan kehamilan makanan yang ada hanya itu-itu saja? Maka cemilan sehat ini hadir sebagai variasi agar nafsu makan tetap tinggi, sekaligus menopang kebutuhan nutrisi harian.

1. Alpukat, Lembut dan Kaya Asam Folat

Pertama ada buah alpukat. Buah yang memiliki rasa nikmat dan kaya nutrisi ini bisa jadi salah satu sumber asam folat yang baik. Kandungan asam folat baik untuk meminimalisir resiko terjadinya cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang.

M ama bisa memakannya secara langsung atau menjadi pendamping roti panggang, alpukat juga kaya akan lemak sehat yang bisa bermanfaat untuk perkembangan otak si Kecil ketika masa kehamilan.

2. Kacang Edamame, untuk Asupan Vitamin B

cemilan sehat ibu hamil
Edamame photo created by stockking – www.freepik.com

Menjadi salah satu cemilan sehat ibu hamil yang masuk dalam daftar ini, kacang edamame ternyata kaya akan kandungan vitamin B. Belum lagi kandungan zat besi, tembaga, zinc, hingga magnesium, semua nutrisi ini diperlukan Mama untuk mendukung kondisi kehamilan muda.

Cara konsumsinya juga sangat mudah. Mama tinggal merebus kacang edamame, dan menambahkan sedikit garam setelah matang untuk memberi rasa yang nikmat.

3. Konsumsi Cokelat, Membantu Menurunkan Resiko Tekanan Darah Tinggi

Cemilan selanjutnya adalah coklat. Tapi ingat, yang dimaksud bukan coklat dengan kandungan susu atau gula yang tinggi, namun coklat hitam atau biasa dikenal dengan dark chocolate. Selain dapat memberikan efek rileks, cokelat juga ternyata bisa membantu menurunkan resiko terjadinya tekanan darah tinggi lho Mam!

Memiliki rasanya nikmat, cokelat juga bisa diolah dengan mudah dan cocok dengan berbagai makanan lain. Meski demikian, tetap kontrol porsi konsumsinya ya.

4. Tradisional dan Bermanfaat, Ubi

cemilan sehat ibu hamil
Sweet potato photo created by Racool_studio – www.freepik.com

Mungkin Mama yang berasal dari desa paham benar bahwa ubi menjadi salah satu camilan yang lezat dan cukup mengenyangkan. Ternyata, ubi juga bisa jadi cemilan sehat untuk ibu hamil. Hal ini karena karena kandungan nutrisinya yang banyak, serta pengolahannya yang mudah.

Kandungan nutrisinya antara lain vitamin B, vitamin C, zat besi, kalium, tembaga, serta beta karoten yang berubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Mama bisa menumbuk, memanggang, atau menggorengnya, sesuai dengan selera.

5. Buah Apel, Ringkas dan Segar

Kebutuhan serat pada masa kehamilan meningkat drastis, sekitar 28 sampai 30 gram setiap harinya. Kebanyakan Mama di luar sana, kurang mendapatkan asupan serat sehingga harus berhadapan dengan rasa mual dan kesulitan BAB. Padahal dengan cukup serat, keluhan ini bisa diminimalisir, serta penyerapan makanan bisa optimal.

Apel menjadi salah satu buah yang direkomendasikan karena beberapa alasan. Pertama, kandungan kalorinya tidak besar, hanya sekitar 95 kalori saja, dengan 4 gram serat per buahnya. Selain itu, apel juga mudah dibawa kemana saja. Ketiga, manfaat tidak hanya pada bagian daging buah, tapi juga bagian kulitnya.

6. Kentang Panggang dengan Potasiumnya

cemilan sehat ibu hamil
Baked potato photo created by timolina – www.freepik.com

Mungkin kentang lebih terkenal menjadi cemilan saat digoreng. Tapi untuk Mama yang sedang hamil, kentang panggang akan jadi cemilan yang lebih sehat. Jelas, karena kentang panggang tidak berurusan dengan minyak dan proses penggorengan.

Kentang mengandung potasium, vitamin C, asam folat, dan zat besi, semua nutrisi yang diperlukan untuk mendukung tumbuh kembang dan kesehatan si Kecil di dalam perut Mama.

7. Popcorn, Cemilan Sehat Ibu Hamil

Siapa sangka ternyata popcorn merupakan cemilan sehat untuk ibu hamil? Ya, makanan yang populer di jual di bioskop ini ternyata bermanfaat untuk mengurangi sembelit yang terjadi pada Mama saat masa kehamilan.

Syaratnya cukup sederhana, hindari penggunaan mentega berlebihan saat membuat popcorn untuk memaksimalkan manfaatnya. Agar lebih nikmati, Mama bisa menambahkan taburan keju parmesan di atasnya.

Bagaimana menurut Mama beberapa cemilan sehat ibu hamil di atas? Menarik untuk dicoba bukan? Tentu, selain menambah pengetahuan terkait hal ini, Mama juga wajib memiliki pengetahuan tentang peralatan dan perlengkapan si Kecil saat lahir nanti.

Informasi terkait cemilan sehat ibu hamil yang Mama baca ini, ada di blog dari mamasewa.com, salah satu layanan penyedia perlengkapan bayi paling lengkap dan berkualitas. Di sini Mama bisa menyewa berbagai macam perlengkapan terbaik, sehingga tak perlu banyak pengeluaran. Semoga artikel ini berguna, dan semoga Mama memiliki kehamilan yang sehat!

Tinggalkan Balasan