Pijat Oksitosin – Ada berbagai cara yang bisa dilakukan oleh Mama untuk meningkatkan produksi ASI. Beberapa di antaranya seperti rajin memompa ASI, mengonsumsi makanan bergizi, hingga ASI booster. Namun, taukah Mama jika melancarkan produksi ASI juga bisa dilakukan dengan cara pijat oksitosin? 

Pijat oksitosin merupakan pijatan pada punggung yang ditujukan untuk memperlancar pengeluaran ASI. Pijat ini menekan bagian tulang belakang yang mampu merangsang produksi hormon oksitosin dalam tubuh.

Hormon oksitosin sendiri merupakan hormon kebahagiaan yang menjadi penentu kelancaran produksi ASI selain hormon prolaktin. Karena ketika Mama dalam kondisi bahagia, produksi ASI pun juga dapat meningkat dengan baik lho, Mam! 

Bagusnya, hormon oksitosin ini muncul dikarenakan sentuhan nyaman yang biasa dilakukan. Dengan adanya rasa tenang dan senang yang timbul dari dalam hati serta pikiran, produksi ASI secara alami juga akan meningkat dan lancar.

Selain itu, pijatan ini juga menghambat munculnya hormon stres dan produksi hormon kortisol juga lho! Sehingga dapat mencegah berbagai permasalahan kesehatan yang nantinya akan terjadi. 

Tentu saja untuk mendapatkan pijatan menyenangkan ini, Mama bisa meminta pasangan untuk melakukan hal ini. Dengan begitu, mama akan merasa sangat disayangi, dicintai, dan didampingi selama masa menyusui si kecil. Lantas, gimana sih cara melakukan pijat oksitosin ini?

Tidak sulit kok Mam, karena Mama bisa meminta Papa mengikuti langkah-langkah tepatnya berikut ini!

pijat oksitosin
Photo by Toa Heftiba on Unsplash

1. Ambil Posisi Menghadap Tembok

Pada posisi pijat oksitosin ini, Mama bisa mengambil posisi duduk dengan menghadap tembok. Tidak hanya di tembok, Mama bisa mengambil posisi menghadap meja, atau sandaran kursi yang ada.

Mama bisa menggunakan bantal untuk menopang bagian depan tubuh agar posisi yang didapat lebih nyaman.

2. Pijat dari Titik di Bagian Leher hingga Tulang Belakang

Untuk memulai pijatan ini, Mama bisa meminta pasangan untuk memulainya dari titik pijat bagian leher dan tulang belakang. Pijat dengan ibu jari yang digerakkan secara melingkar hingga turun ke pangkal tulang belakang.

Pijatan di bagian ini bisa dilakukan selama 1 menit ya, Mam! Jangan lupa juga untuk mengusap bagian tubuh yang telah dipijat dengan gerakan ke luar secara perlahan.

3. Pijat Bagian Pangkal Tulang Belakang 

Setelah memijat di bagian leher hingga tulang belakang, Mama bisa meminta pasangan untuk melanjutkan pijatan yang sama di pangkal tulang belakang setara bahu, hingga turun ke tulang belikat.

4. Pijat Dengan Gerakan Memutar

Mama juga bisa memijat punggung dengan ibu jari serta diimbangi juga dengan gerakan memutar sepanjang poros tulang belakang dari atas hingga ke bawah. Ulangi dari arah bawah ke atas dengan gerakan yang sama ya mam!

5. Gunakan Kepalan Tangan untuk Memijat 

Mama juga bisa meminta pasangan untuk menggunakan kepalan tangan saat memijat seluruh punggung dengan tekanan yang lembut. Pijatan ini dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan enteng.

Setelah terasa lebih nyaman, mama bisa meminta pasangan untuk mengusap seluruh bagian punggung dengan sentuhan yang nyaman.

Jika merasa masih terlalu riskan untuk dilakukan oleh pasangan, Mama dan suami bisa konsultasikan terlebih dahulu dengan pakar laktasi atau menggunakan jasa pijat terbaik yang sudah memiliki sertifikasi.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan!

pijat oksitosin
Photo by Christin Hume on Unsplash

Meski memberikan manfaat untuk Mama, pijat oksitosin tidak bisa dilakukan dengan sembarangan lho, Mam! Karena jika salah-salah bukannya rasa nyaman yang didapatkan, Mama bisa mendapatkan rasa lelah hingga sakit setelah selesai dipijat.

Oleh karena itu untuk mendapatkan pijatan terbaik saat di pijat, ada beberapa tips yang Mamasewa berikan untuk Mama!

  • Usahakan untuk pijat tanpa menggunakan baju. Hal ini dilakukan untuk membantu mam mendapatkan tekanan secara lebih nyaman dan terasa
  • Usahakan sebelum dipijat, Mama sudah jangan mengonsumsi makanan terlebih dahulu agar ASI dapat langsung diproduksi
  • Lakukan pijat oksitosin sebelum menyusui atau memompa ASI
  • Gunakan minyak pijat untuk membuat pijatan terasa lebih lembut dan nyaman. Mama bisa memilih formula minyak yang aman untuk ibu hamil dan menyusui

Hal penting lainnya yang harus Mama perhatikan adalah menghindari pijatan oksitosin saat sedang hamil. Pijat oksitosin dilakukan supaya kontraksi saluran ASI bekerja, namun jika dilakukan saat hamil kontraksi otot rahim juga mungkin terjadi. Jadi, harus dihindari ya Mam!

Selain dengan pijat oksitosin, Mama juga bisa meningkatkan ASI dengan menggunakan pompa ASI secara rutin. Pompa ASI dapat membantu mama untuk mendapatkan ASI dengan lebih mudah dan cepat sekalipun tidak sempat menyusui si kecil secara langsung. Tentu saja, pemilihan pompa ASI yang tepat juga mempengaruhi produksi ASI nantinya lho, Mam!

Namun tidak perlu khawatir untuk mendapatkan pompa ASI terbaik untuk mama gunakan. Dimana lagi kalau bukan di Mamasewa! Tidak perlu merogoh kocek yang dalam untuk mendapatkan perlengkapan terbaik ini, karena mama bisa menyewanya sesuai kebutuhan. Pastinya, pompa ASI rekomendasi Mamasewa sudah sesuai dengan standar dan kualitas yang oke punya! 

Dari berbagai merek terkenal yang ada, mama bisa menyewa pompa ASI pilihan sesuai dengan durasi waktu yang diinginkan. Penasaran dengan pilihannya apa saja? Yuk, cek segera disini ya mam!

Tinggalkan Balasan