Mengajarkan Anak untuk Berdoa – Mendidik anak menjadi salah satu kewajiban yang harus dilakukan para orang tua, terutama di masa tumbuh dan kembangnya. Selain kewajiban, mengajarkan si kecil mengenai kebiasaan yang baik akan membentuk karakternya menjadi sosok yang baik dan peduli dengan lingkungan.

Misalkan, mengajarkan membuang sampah pada tempatnya atau mengucapkan salam dan terima kasih untuk suatu pemberian. Meski tidak mudah, namun jika kebiasaan seperti ini sudah ditanamkan sedari kecil, kebiasaan yang baik ini akan dibawa olehnya hingga tumbuh besar nanti.

Termasuk juga dengan mengajarkan anak untuk berdoa sedari dini. Dengan berdoa, si kecil pastinya akan bisa mengenal dan terhubung dengan Sang Pencipta lebih dekat lagi.

Tapi sebelum mengajak si kecil berdoa, orang tua dapat menceritakan pentingnya makna doa padanya. Dengan begitu, si kecil bisa menangkap dengan baik dan mendengarkan pentingnya berdoa bersama di rumah.

Selain itu, selama belajar berdoa, si kecil perlu diajarkan untuk mendoakan hal-hal baik untuk dirinya, keluarga terdekat serta lingkungan di sekitarnya juga. Dengan begitu, mereka akan paham dengan nilai-nilai kebaikan dan saling mengasihi satu sama lain. Kelak ketika ia tumbuh besar, si kecil paham tentang nilai cinta kasih yang bisa dibagikannya pada lingkungan sekitar.

Lalu, bagaimana sih mengajarkan anak untuk berdoa dengan baik sedari dini? Tidak susah kok, Mam! Berikut ini Mamasewa siap untuk membagikan tipsnya. Yuk disimak langkah-langkah tepatnya!

1. Menjelaskan Arti dan Pentingnya Berdoa

mengajarkan anak untuk berdoa
Photo by Hasan Almasi on Unsplash

Sebelum mengajarkan anak untuk berdoa, Mama bisa menjelaskan pada si kecil tentang arti dan pentingnya berdoa. Dengan mengenalkan artinya doa, si kecil akan paham makna dan tujuan dari berdoa serta menganggap doa menjadi sesuatu yang penting.

Selalu tanamkan pada si kecil bahwa berdoa adalah cara terbaik untuk berkomunikasi dengan Tuhan. Layaknya berbicara dengan keluarga, kita pun juga dapat berbicara dengan Sang Pencipta.

2. Memberi Contoh Cara Berdoa Yang Baik

Simpel, Mama dan Papa dapat mengajarkan si kecil cara berdoa yang baik dengan mempraktekkannya terlebih dahulu.

Dengan melihat orang tuanya yang rajin berdoa, si kecil akan dengan mudah meniru apa yang dilakukan oleh Mama dan Papa juga. Termasuk dengan mengajarkannya berdoa saat bangun atau sebelum tidur dan sebelum makan.

3. Dampingi Si Kecil Saat Ingin Berdoa

mmengajarkan anak untuk berdoa
Photo by Hasan Almasi on Unsplash

Setelah menjelaskan cara  berdoa yang baik pada si kecil, Mama bisa memulainya dari doa-doa pendek yang mudah dimengerti oleh si kecil.

Contohnya pada saat berdoa sebelum makan atau menceritakan pengalamannya ketika bersekolah dan mengucap syukur untuk segala hal yang dia dapatkan. Jika si kecil terkendala untuk berdoa sendiri, Mama bisa Memintanya untuk mengulang doa yang Mama ucapkan. 

4. Menjelaskan Bahwa Mereka Bisa Berdoa Dimanapun dan Kapanpun

Doa tentu saja bisa dilakukan pada saat kapan pun dan di mana pun. Termasuk saat beraktivitas kegiatan hingga akhirnya sebelum tidur.

Hal ini penting juga untuk diinfokan oleh Mama pada si kecil. Karena dengan begitu, si kecil juga akan paham bahwa tidak perlu menunggu momen untuk berdoa karena dapat dilakukan tanpa adanya batasan waktu. Dengan begitu, si kecil akan paham Tuhan selalu ada di setiap waktu hidupnya. 

5. Ingatkan Si Kecil Bahwa Tuhan Selalu Menjawab Setiap Doanya

mengajarkan anak untuk berdoa

Selain mengajarkan anak untuk berdoa, si kecil juga harus tahu apa yang dilakukannya akan memberikan hasil. Yap, mungkin akan ada di satu waktu si kecil merasa doanya tidak dijawab dan menimbulkan kekecewaan tersendiri nantinya.

Namun, Mama tetap bisa mengatasinya dengan menjelaskan bahwa Tuhan akan selalu menjawab dengan berbagai cara yang tepat. 

Dalam satu waktu mungkin kita akan disuruh untuk menunggu, namun Tuhan akan selalu memberikan yang terbaik buat kita. Namun ketika jawaban yang diberikan adalah tidak, selalu ingatkan si kecil bahwa Tuhan selalu paham apa yang terbaik buatnya dan tidak akan pernah berdiam diri saja. 

Nah, itu tadi 5 cara mengajarkan si kecil untuk berdoa. Selain mengajarkan anak untuk berdoa, Mama juga perlu mengapresiasi setiap tindakan yang dilakukan olehnya termasuk ketika mengajak Mama untuk berdoa!

Percayalah setiap kebiasaan baik yang Mama tanamkan terus menerus padanya sejak dari dini, akan menjadi bekal penting yang terus dibawa olehnya hingga di masa depan dalam menempuh jalan kehidupan. So, jangan berhenti untuk mengajarkan kebaikan untuk si kecil ya, Mam!

Selain menanamkan nilai-nilai hidup yang baik untuk si kecil, Mama juga perlu mempersiapkan kebutuhannya hingga kelak ia tumbuh menjadi pribadi yang penuh kasih juga tangguh. Ngomongin soal kebutuhan si kecil, Mama bisa lho melengkapinya dengan menyewa beragam peralatan di Mamasewa, mulai pompa ASI sampai perlengkapan traveling, semuanya tersedia disini! Buruan cek deh, Mam!

Tinggalkan Balasan