Sumber: Pexels

Liburan bareng anak tidak harus selalu ‘nyaman’ dan mengeluarkan budget besar lho, Mam. Malahan momen liburan on budget seperti ini bisa sekaligus mengajarkan anak berbagai practical life skills yang bisa jadi bekal buat mereka nanti. Mau tips liburan murah meriah bareng anak tapi tetap seru dan aman? Yuk, baca artikel ini! 

1. Minta Pendapat pada yang Sudah Berpengalaman

Sumber: Pexels

Sebelum liburan, Mama wajib banget riset dan tanya-tanya pada teman atau saudara yang sudah pernah berlibur ke destinasi tujuan Mama. Coba tanyakan detail-detail kecil, seperti apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan di sana selama liburan. Dengan begitu Mama bisa berhitung soal budget deh. 

2. Tips Liburan Murah Meriah Paling Jitu, Jangan Pergi Saat High Season

Karena judulnya ‘murah meriah’ maka jangan coba-coba untuk bepergian saat high season apalagi peak season. Selain harga penginapan dkk jadi lebih mahal, bepergian saat musim liburan bisa membuat Mama terjebak macet dan kurang menikmati suasana karena tempat wisata penuh sesak.

3. Dapatkan Tiket dengan Penawaran Terbaik

Selagi memungkinkan dan lebih efisien, utamakan bepergian dengan moda transportasi darat karena harga tiketnya relatif lebih murah. Kalaupun dengan pesawat, cek harga tiket secara berkala untuk mendapatkan promo dan  penawaran terbaik. 

4. Pilih Penginapan On Budget

Sumber: Pexels

Menginap di hotel bintang 4 atau 5 memang lebih nyaman tapi tentu butuh biaya yang lebih besar. Sebagai alternatifnya, Mama bisa mencari penginapan atau guest house yang harganya lebih miring. Meski begitu, tetap perhatikan ulasan dan ratingnya ya, Mam. Ingat ada anak-anak! 

5. Tips Liburan Murah Meriah Selanjutnya adalah dengan Memilih Destinasi Wisata yang Terjangkau

Liburan bareng anak nggak mesti harus ke theme park atau sejenisnya kok, Mam. Kalian bisa tetap seru-seruan meski mengunjungi tempat wisata yang harganya terjangkau atau bebas biaya, seperti museum, pasar tradisional, taman kota, alun-alun, atau menjelajah kota tua. Percaya deh, ini akan memberikan pengalaman baru buat anak-anak!

6. Jangan Pusingkan Oleh-oleh

Alih-alih sibuk memilih oleh-oleh untuk saudara atau teman, cobalah untuk lebih menikmati setiap momen seru bareng keluarga. Selain itu, oleh-oleh tidak mesti mahal yang penting berkesan. Soal penerimanya suka atau tidak, itu kembali pada selera masing-masing. Intinya, jangan terlalu dipusingkan! 

7. Gunakan Angkutan Umum atau Sewa Motor

Sumber: Pexels

Kalau tidak membawa kendaraan pribadi, Mama bisa menyewa motor atau menggunakan transportasi umum setiba di tempat tujuan. Selain lebih hemat, Mama dan keluarga juga bisa lebih santai untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lain tanpa harus capek-capek nyetir sambil mantengin maps. Bahkan kalau tujuannya dekat, jalan kaki bisa jadi pilihan. 

8. Minta Rekomendasi Kuliner Hidden Gem dari Warga Lokal

Liburan belum lengkap kalau nggak ada agenda icip-icip kuliner setempat. Selain cari rekomendasi kuliner legendaris di internet, coba deh minta rekomendasi dari warga sekitar. Barangkali ada kuliner hidden gems yang sebenarnya nggak kalah nendang dari yang sudah populer. 

9. Bawa Botol Minum Kemanapun Pergi Menjadi Tips Liburan Murah Meriah yang Nggak Boleh Skip

Saat di perjalanan, Mama akan lebih mudah haus. Nah, ketimbang dikit-dikit beli, selalu bawa sebotol air minum di dalam tas masing-masing. Meskipun sederhana, ini bisa menghemat pengeluaran. Apalagi harga air mineral di tempat wisata harganya sering bikin elus dada. 

10. Perhatikan Barang Bawaan

Sumber: Pexels

Karena bakal lebih banyak jalan dan berkeringat, pastikan Mama dan keluarga memakai pakaian dan sepatu yang nyaman, ya. Selain itu pastikan semua barang yang dibutuhkan tidak ada yang tertinggal agar tidak ada ‘huru-hara’ selama liburan. 

Selanjutnya, jangan bawa barang berlebihan agar lebih leluasa sekaligus menghindari charge untuk ekstra bagasi. Nah, peralatan anak seperti stroller, carseat, gendongan, atau kursi roda sebaiknya tidak perlu dibawa karena Mama bisa menyewanya di Mamasewa. Jangan khawatir soal harga, dijamin lebih hemat ketimbang ribet dan mesti bayar biaya tambahan untuk bagasi! 

Nah, itulah 10 tips liburan murah meriah sambil ajak anak. Kalau diperhatikan betul-betul, momen liburan seperti ini bukan cuma sekedar menambah pengalaman tapi juga membuat keluarga jadi lebih solid dan belajar banyak makna kesederhanaan sekalipun sebenarnya kita mampu untuk memberikan yang ‘lebih dari ini’.

Tinggalkan Balasan