Saling mengunjungi rumah keluarga dan kerabat saat lebaran adalah salah satu tradisi yang sangat lekat dengan budaya kita. Namun, berkunjung ke rumah keluarga juga mesti tahu adabnya. Berikut ini Mamasewa sudah merangkum 9 adab silaturahmi saat lebaran yang perlu Mama ajarkan juga ke anak-anak agar mereka tumbuh sebagai pribadi yang beradab dan menjaga sopan santun. Yuk, baca selengkapnya!

1. Memberi Tahu kalau Hendak Datang

Karena saat momen lebaran banyak keluarga bepergian dan saling mengunjungi rumah saudaranya, sebaiknya Mama beritahu dulu bila ingin bertamu.

Pemberitahuan ini membuat tuan rumah merasa dihargai dan bisa mempersiapkan diri karena bakal kedatangan tamu. Lagipula, Mama juga bisa dapat kepastian apakah mereka ada di rumah dan siap dikunjungi.

2. Niatkan untuk Silaturahmi

Sebelum pergi bertamu, tanamkan pada si kecil bahwa niat pergi kesana adalah untuk mengunjungi keluarga dan bersilaturahmi. Jangan sampai anak-anak punya pikiran kalau pergi kesana mereka akan mendapatkan hadiah tau bisa makan makanan enak.

3. Mengucapkan Salam

Mengucapkan salam adalah salah satu basic manner yang harus Mama ajarkan pada si kecil. Mereka perlu memahami bahwa orang tidak boleh asal masuk ke rumah atau tempat orang lain tanpa permisi.

Hanya setelah dipersilakan, mereka boleh masuk dan duduk. Si kecil pun perlu diberi tahu bahwa salam sebenarnya adalah doa. Baik bagi yang mengucapkan maupun yang mendengarnya.

4. Makan dan Minum Setelah Dipersilakan

Saat lebaran biasanya meja tamu penuh dengan suguhan makanan. Namun beritahukan pada anak-anak untuk tidak mengambil makanan atau minuman yang tersedia sebelum dipersilakan oleh pemilik rumah.

Kemudian, ajarkan juga pada anak untuk makan dan minum secukupnya. Ini adalah bagian adab bertamu yang harus mereka pahami.

BACA JUGA: 10 TIPS MUDIK BERSAMA BAYI NAIK MOBIL BIAR AMAN DAN LANCAR

5. Minta Izin Sebelum Melakukan Sesuatu

Rasa ingin tahu anak-anak memang sangat besar, tapi Mama tetap perlu mengajarkan mereka untuk minta izin sebelum melakukan sesuatu di rumah orang lain.

Misalnya saat si kecil ingin meminjam mobil-mobilan yang ada di ruang keluarga, pergi ke kamar mandi, atau melihat-lihat hiasan di dinding. Sekalipun masih kecil, anak-anak tetap perlu belajar adab minta izin pada pemiliknya.

6. Bersikap Sopan

Sekalipun berkunjung ke rumah keluarga sendiri, tetap saja anak-anak perlu menjaga sopan santun. Misalnya dengan tidak berebut mainan dengan sepupunya, tidak mencela makanan yang dihidangkan, dan segera minta maaf saat tidak sengaja menumpahkan minuman.

Pada prinsipnya, lebih baik diam daripada mengatakan sesuatu yang bisa menyinggung perasaan tuan rumahnya.

7. Tahu Waktu

Selanjutnya, orang yang hendak bertamu harus tahu waktu. Maksudnya, tidak terburu-buru tapi juga tidak boleh terlalu lama sehingga mengganggu keperluan tuan rumahnya.

Begitu pula saat si kecil rewel dan situasinya jadi tidak kondusif. Sebaiknya Mama segera berpamitan dan beri penjelasan pada pemilik rumah bahwa lain kali Mama akan mampir lagi.

8. Berpamitan

Nah, saat akan pulang pastikan Mama mendorong si kecil untuk berpamitan dengan pemilik rumah. Sama seperti mengucap salam saat baru datang, ketika pulang pun mereka harus memberi tahu tuan rumahnya. 

Anjurkan si kecil untuk salim dan mendoakan pemilik rumah. Misalnya “sehat-sehat ya”, “semoga bisa ketemu lagi tahun depan”, dan sebagainya. 

9. Mengucapkan Terima Kasih

Terakhir, jangan lupa mengucapkan terima kasih pada pemilik rumah karena sudah menyambut kehadiran dan menjamu Mama sekeluarga dengan baik. Tak lupa, ucapkan maaf kalau-kalau ada hal yang kurang berkenan selama bertamu tadi.

Mam, itulah adab-adab silaturahmi yang perlu kita ajarkan pada anak-anak saat lebaran nanti. Semoga informasi kali ini bisa membuat momen lebaran Mama semakin bermakna.Nah, supaya makin berkesan lagi, pastikan Mama menyiapkan semua kebutuhan mudik si kecil dengan cermat. Mulai dari gendongan, stroller, car seat, sampai ride on suitcase buat si kecil. Semuanya bisa Mama temukan di Mamasewa. Untuk cek harga dan ketersediaannya, klik di sini!

Tinggalkan Balasan