Salah hal yang membuat momen lebaran begitu spesial adalah tradisi mudik. Uniknya, meskipun harus bermacet-macetan di jalan, semangat untuk pulang ke kampung halaman tak pernah padam. Nah, bagi Mama dan Papa yang tahun ini membawa bayi untuk mudik, mari perhatikan tips mudik membawa bayi naik mobil berikut ini agar perjalanan Anda aman dan nyaman. Simak, ya!

1. Cek Kesehatan Anak

Sebelum berangkat mudik, pastikan si kecil dalam kondisi sehat dan prima. Bahkan kalau perlu Mama bisa memastikannya dulu dengan memeriksakan si kecil ke dokter. Jika ada indikasi kesehatan yang kurang baik, Mama dan Papa jadi tahu apa yang perlu dilakukan selanjutnya.

2. Membawa Obat-obatan Standar P3K

Saat bepergian membawa bayi, Mama harus selalu menyediakan obat-obatan standar, seperti termometer, obat demam, minyak telon, plester demam, maupun essential oil. Tentu saja kita berharap obat-obatan ini tidak diperlukan, tapi tetap saja Mama harus menyiapkannya untuk berjaga-jaga kalau sewaktu-waktu dibutuhkan.

3. Menyiapkan Pakaian yang Nyaman

Karena akan menempuh perjalanan yang cukup panjang, pastikan si kecil mengenakan pakaian yang nyaman. Pilih bahan yang mudah menyerap keringat, simpel, dan halus. Jangan lupa bawa jaket atau selimut agar anak tidak kedinginan kena AC selama di perjalanan.

4. Memisahkan Pakaian dan Perlengkapan Bayi 

Salah satu tips penting mudik membawa bayi yang lainnya adalah menyediakan tas atau koper khusus untuk menyimpan pakaian dan perlengkapan si kecil. Ini akan sangat membantu kalau sewaktu-waktu si kecil perlu ganti baju atau popok. Kemudian letakkan tas tersebut di lokasi yang mudah dijangkau agar Mama lebih sat set saat harus mengambil sesuatu.

5. Membawa Mainan

Agar si kecil tidak bosan dan rewel di perjalanan, bawalah mainan favoritnya. Misalnya boneka, mobil-mobilan, atau buggy driver. Pilih yang mudah dibawa, Mama tentu tak mau mobil jadi penuh sesak karena ada teddy bear berukuran besar ikut mudik.

6. Membawa Makanan dan Minuman

Kalau si kecil sudah berusia 6 bulan ke atas, Mama harus menyiapkan makanan dan snack untuk perjalanan. Ini memang agak merepotkan karena si kecil belum bisa makan makanan orang dewasa. Untuk itu, sediakan peralatan dan perlengkapan makan khusus untuk si kecil agar kualitas makanan tetap terjaga. Pastikan juga si kecil tidak sampai telat makan ya, Mam!

7. Rutin Berhenti di Rest Area  

Mama dan Papa yang membawa bayi saat mudik sebaiknya menjadwalkan untuk berhenti di rest area setidaknya 3-4 jam sekali. Selain meregangkan badan, gunakan kesempatan ini untuk pergi ke toilet, mengganti popok si kecil, menyuapinya, atau tidur sebentar kalau benar-benar lelah. Bagaimanapun keselamatan keluarga adalah yang nomor satu!

8. Tentukan Waktu Perjalanan yang Tepat

Karena membawa kendaraan sendiri, artinya Mama dan Papa lebih leluasa mengatur jadwal keberangkatan. Usahakan melakukan perjalanan saat masih terang supaya si kecil bisa menikmati pemandangan. Atau bisa juga mendekati jam tidur si kecil. Itu membantu mereka menjaga pola tidurnya.

9. Bawa Gendongan atau Stroller

Setibanya di tempat tujuan, Anda akan banyak membawa bayi jalan-jalan ke rumah keluarga untuk silaturahmi. Itu sebabnya Mama harus membawa gendongan atau stroller. Kalaupun memilih stroller, bawalah yang praktis dan compact seperti tipe cabin size stroller agar tidak makan banyak tempat di bagasi.

10. Pastikan Kendaraan Nyaman

Supaya perjalanan Anda nyaman dan aman, pastikan mobil sudah diservis dan dalam kondisi baik. Jangan sampai ada kendala di tengah jalan karena mesin mogok dan sebagainya. Ini akan sangat merepotkan, terlebih karena Anda membawa bayi.

Selain memeriksa kondisi kendaraan, Anda juga perlu menyediakan car seat untuk si kecil agar mereka lebih aman dan nyaman saat di perjalanan.Itulah 10 tips penting membawa bayi mudik naik mobil. Bepergian dengan bayi memang lebih merepotkan. Butuh persiapan ekstra agar mereka merasa nyaman selama di perjalanan. Untuk semua perlengkapan traveling yang dibutuhkan, Mama bisa lho menyewanya di Mamasewa. Jangan khawatir soal harga, sudah pasti aman di kantong karena lama sewanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Mama!

Tinggalkan Balasan