Kesehatan anak menjadi salah satu faktor tumbuh kembangnya. Kesehatan bisa didapatkan dari berbagai hal, termasuk pola tidur. Pola tidur yang baik bersifat cukup, baik tidur siang atau malam. Manfaat tidur siang untuk anak pun beragam.

Sebenarnya tidak hanya anak saja, tapi juga usia dewasa. Kecenderungan si kecil yang tidak ingin tidur siang membuat Mama harus berjuang ekstra, karena manfaat tidur siang sangatlah beragam untuk perkembangan dan pertumbuhan.

Inilah Manfaat Tidur Siang untuk Anak

Ada penelitian yang menyatakan bahwa anak membutuhkan istirahat 12-14 jam sehari. Hal itu bertujuan untuk kesehatan si kecil agar tetap terjaga. Sehingga, anak membutuhkan jam tidur yang tepat baik siang atau malam untuk kebutuhannya.

Image by Freepik

Salah satu manfaat dampak tidur siang untuk anak yang bisa Mama ketahui yaitu sebagai berikut.

1. Mencegah Sakit

Manfaat tidur siang bagi anak pertama yaitu mencegah sakit. Biasanya sakit bisa terjadi karena daya tahan tubuh yang kurang sehat akibat istirahat yang minim. 

Jika hal itu sampai terjadi, maka metabolisme tubuh si kecil akan terganggu. Sehingga, kuman dan bakteri akan dengan mudah masuk ke dalam tubuh dan mengganggu kesehatannya. 

Oleh sebab itu, sebagai orang tua selayaknya Mama memastikan bahwa tidur siang si kecil terjaga dan teratur. Keteraturan dalam tidur siang akan membuat anak terjaga metabolismenya.

2. Membantu Meningkatkan Daya Ingat Anak

Manfaat tidur siang bagi anak selanjutnya membantu meningkatkan daya ingatnya. Biasanya manfaat ini akan terjadi ketika anak memasuki usia setahun dan melakukan tidur siang secara teratur.

Daya ingat yang meningkat bisa Mama lihat dari cara anak memproses informasi dan mengaplikasikannya. Anak yang baru saja menerima informasi akan diserap dengan baik, sehingga anak akan semakin cerdas dan pintar.

Sebagai contoh yaitu ketika anak mulai mengenal macam warna dan bentuk. Otak si kecil yang lelah, jelas tidak akan menangkap informasi yang didapat dengan mudah. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa anak harus tidur siang. 

3. Membantu Berat Badan Anak Tetap Ideal

Seperti yang sudah Mama ketahui sebelumnya bahwa manfaat tidur siang yaitu membantu meningkatkan daya ingat si kecil. Nyatanya tidak hanya itu saja, tapi juga membantu menjaga berat badan.

Hal itu karena anak yang melakukan tidur siang akan cenderung lebih mampu berkonsentrasi. Sehingga, pikiran si anak akan lebih terjaga yang berpengaruh pada berat badannya.

Tentu untuk menyempurnakan berat badan yang ideal, anak harus mengonsumsi asupan yang bergizi. Sehingga, dua cara tersebut akan berjalan berkesinambungan dan beriringan.

4. Proses Belajar Anak semakin Baik

Masih saling berkesinambungan dengan manfaat tidur siang untuk anak sebelumnya. Dimana tidur siang secara teratur membantu menjaga daya ingat lebih baik serta anak akan lebih berkonsentrasi.

Dengan begitu, akan lebih membantu dan mendukung proses pembelajaran si kecil baik untuk saat ini ataupun seterusnya.

5. Membantu Mempermudah Tidur Malam

Manfaat tidur siang penting untuk anak yaitu membantu mempermudah anak dalam tidur malam. Tidur siang akan membantu mengurangi rasa lelah yang si kecil rasakan akibat bermain dan beraktivitas sepanjang hari.

Image by Pexels

Karena pada nyatanya kelelahan itu termasuk dalam salah satu faktor yang dapat memicu anak lebih sulit tidur pada malam hari. Dan hal itulah yang menyebabkan tidur siang justru akan lebih mudah membantu tidur malam.

6. Membantu Meningkatkan Energi Anak

Tidak beda jauh dengan orang dewasa pada umumnya, tidur siang juga akan membantu si kecil mengisi ulang dan mengembalikan energinya. Terlebih lagi, jika si kecil kerap merasa lelah yang berat.

Lelah akibat berbagai aktivitas yang padat seperti aktivitas fisik bermain di luar rumah, bersama temannya ataupun juga dalam proses belajar. Oleh sebab itu, membiasakan anak tidur siang akan membantunya lebih segar dan rileks.

Tidur siang yang teratur seperti itu tentu akan mengembalikan tubuh menjadi segar kembali, sehingga anak akan mudah melanjutkan aktivitasnya dengan baik.

7. Menjaga Suasana Hati

Menjaga ataupun memperbaiki suasana hati si kecil juga bisa Mama dapatkan dari menjaga pola tidur siang. Hal itu akan membantu anak tidak mudah rewel atau menangis, karena mood anak bisa membaik.

Tentunya hal itu dibuktikan dengan adanya riset oleh penelitian University of Colorado at Boulder. 

Dimana anak usia dua tahun kebawah yang tidak terbiasa tidur siang akan cenderung lebih mudah menangis, rewel dan reaksi kurang menyenangkan lainnya.

8. Pertumbuhan Anak yang Optimal

Manfaat tidur siang untuk anak 3 tahun dan usia lain selanjutnya yaitu menjaga pertumbuhan dan perkembangan anak yang optimal. 

Menurut penelitian oleh Harvard University, anak yang melakukan tidur siang secara rutin memiliki pertumbuhan yang optimal. Tentu hal itu jika dibandingkan dengan anak yang jarang atau bahkan sama sekali tidak melakukan tidur siang. 

Oleh sebab itu, guna menghindari pertumbuhan yang kurang baik sebaiknya anak mulai sekarang Mama minta untuk tidur siang secara teratur.

9. Pertumbuhan Emosi Anak Lebih Optimal

Tidak hanya pertumbuhan secara fisik saja, tetapi juga untuk emosionalnya. Anak yang terbiasa tidur siang akan mendapatkan perkembangan emosi yang berjalan lebih optimal. Tentunya hal itu karena suasana hati dan mentalnya lebih terjaga.

Bukti lainnya dari sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa balita yang tidurnya kurang dari empat belas jam akan cenderung lebih cepat cemas. Selain cemas, balita juga rewel daripada balita yang cukup tidurnya termasuk tidur siang.

10. Meredakan Frustasi dan Stres

Perlu Mama tahu bahwa anak kecil juga bisa merasakan stress dan frustasi, jadi tidak hanya orang dewasa saja yang merasakan hal ini.

 Image by Freepik

Biasanya ada beberapa kondisi yang membuat anak merasakan stress dan frustasi seperti kepadatan dan kesibukan pada aktivitasnya.

Seperti kutipan dari Health Cleveland Clinic bahwa tidur siang bisa meredakan stress bahkan memperbaiki suasana hati. Tidak hanya itu saja, tidur siang juga bisa meredakan perilaku impulsif pada anak.

11. Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat tidur siang untuk anak terakhir yaitu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Menurut beberapa sumber yang beredar, tepatnya seorang dokter dari Amerika Serikat menyebutkan bahwa kekurangan tidur dapat meningkatkan pelepasan proinflamasi.

Selain proinflamasi, juga menyebabkan defisiensi imun. Sehingga, cara terbaik untuk mencegahnya dengan tidur siang. Mama bisa membujuk si kecil untuk tidur siang secara teratur.

Bagaimana Mama? Manfaat tidur siang untuk anak sangat beragam bukan? Pastinya selain membantu  mencegah terjadinya penyakit, meningkatkan tidur malam, menjaga pertumbuhan dan  masih banyak yang lainnya.


Jika Mama merasa kesulitan untuk membuat si kecil tidur siang, bisa membujuk dengan cara mengajak bermain terlebih dahulu. Mama bisa menyewa berbagai mainan anak yang sesuai kebutuhan di Mamasewa.com.

Jangan khawatir! Karena harga yang murah dengan kualitas terjamin aman dan bersih, pastinya akan membuat Mama lebih leluasa mengizinkan anak untuk bermain agar segera tidur.

Daripada Mama mengeluarkan uang banyak untuk membeli mainan, lebih baik menghemat dengan cara melakukan sewa. Selain mainan, Mamasewa juga menawarkan berbagai perlengkapan ibu dan anak secara lengkap.

Tinggalkan Balasan