Bepergian bersama bayi yang baru mulai MPASI memang menjadi tantangan tersendiri. Terutama bagi Mama yang baru menjadi ibu, ini bisa sangat merepotkan. Nah, supaya perjalanan dan momen liburan Mama dan si kecil aman terkendali, simak tips menyiapkan MPASI saat liburan di artikel ini!

7 Tips Menyiapkan MPASI Saat Liburan  

Asupan nutrisi untuk bayi yang berusia 6 bulan ke atas tidak cukup jika dipenuhi lewat ASI atau susu formula saja. Mereka butuh lebih banyak nutrisi dan energi. Sekalipun sedang liburan, pastikan asupan nutrisi si kecil tetap terpenuhi ya, Mam. Berikut tips menyiapkan MPASI saat liburan selengkapnya. 

1. Membuat Daftar MPASI yang Perlu Dibawa

Tips pertama yang perlu Mama lakukan adalah membuat daftar MPASI yang akan dibawa jauh-jauh hari sebelum liburan. Mulailah dengan mendaftar makanan apa saja yang disukai dan mudah dikunyah. 

Akan lebih baik kalau Mama membawa MPASI yang dibuat sendiri di rumah atau homemade MPASI untuk memastikan makanan tersebut diproses secara higienis, bergizi lengkap, dan aman untuk si kecil. Jumlah porsinya bisa dibuat untuk 2-3 kali makan. 

2. Buat MPASI Beku dan Buah-Buahan 

Jika Mama khawatir tidak sempat memasak MPASI saat tiba di tempat tujuan, Mama bisa membawa MPASI maupun buah-buahan segar yang sudah dibekukan.

Pastikan MPASI yang dibekukan sudah dimasak, disimpan dalam wadah makanan yang tertutup rapat, dan bebas risiko kontaminasi. Selama perjalanan, MPASI bisa disimpan dalam cooler bag dengan es batu.

Untuk buah-buahan, pilihlah buah yang cocok dijadikan puree seperti pisang, alpukat, dan buah naga.

3. Pilih Alternatif Makanan Instan yang Bergizi

Kalau cara kedua masih terlalu sulit bagi Mama, Anda bisa mengandalkan MPASI instan atau bubur fortifikasi untuk menu makan si kecil.

Saat ini tersedia beragam pilihan MPASI fortifikasi sehingga bisa disesuaikan dengan selera si kecil. Soal kandungan, Mama tidak perlu khawatir karena makanan bayi yang difortifikasi telah dinyatakan lolos uji keamanan BPOM.

4. Simpan MPASI di Tempat yang Higienis

Agar MPASI tetap segar dan aman, Mama harus menyimpannya dengan baik. Usahakan tidak meletakkannya bercampur dengan barang-barang bawaan lainnya. Tempatkan di tas khusus dan pastikan wadahnya tertutup rapat.

Lalu letakkan di tempat yang tidak terkena matahari langsung selama di perjalanan untuk lebih menjaga kualitasnya.

BACA JUGA: 10 PERLENGKAPAN MUDIK BERSAMA BAYI, MAMA WAJIB BAWA!

5. Cek Toko yang Menjual Bahan MPASI di Sekitar Tempat Liburan

Sebelum berangkat, Mama bisa cek apakah di tempat yang akan dikunjungi terdapat penjual MPASI homemade atau minimal menjual bahan-bahan untuk MPASI.

Jika ada, Mama bisa memanfaatkannya untuk menambah stok MPASI, terutama jika persediaan hampir habis, atau sekecil perlu tambahan bahan-bahan lainnya. 

6. Membawa Tisu Basah 

Selama di perjalanan, Mama mungkin merasa khawatir kalau tempat yang dikunjungi kurang steril dan bisa membahayakan untuk bayi.

Maka dari itu, penting bagi Mama untuk selalu membawa tisu basah di dalam tas. Tisu basah ini bisa digunakan untuk membersihkan area makan si kecil. Pastikan untuk memilih tisu anti bakteri agar tetap aman dan higienis. 

7. Tidak Membawa Terlalu Banyak Peralatan Makan 

Berlibur bersama si kecil memang membuat barang bawaan membludak. Selain harus menyiapkan menu MPASI, Mama mungkin juga perlu membawa selimut, mainan, stroller, bahkan perlengkapan makan mereka.

Namun percayalah ini akan membuat Anda semakin kerepotan. Maka dari itu, bawalah barang bawaan seperlunya. Hindari membawa barang berukuran besar maupun barang-barang yang tidak diperlukan.

Karena mulai sekarang Mama tidak perlu khawatir soalnya sudah ada Mamasewa yang siap sedia menyediakan berbagai perlengkapan dan kebutuhan si kecil. Mama bisa menyewa peralatan apa yang dibutuhkan setibanya di tempat tujuan.

Selanjutnya, tim Mamasewa akan memproses pesanan Anda dan mengantarkan langsung ke tempat Mama. Nggak cuma itu, Mamasewa juga menyediakan layanan penjemputan barang setelah selesai digunakan. Sudah pasti lebih hemat uang, waktu, dan tenaga. Yuk, bikin liburan Mama bersama si kecil lebih nyaman bersama Mamasewa!

Tinggalkan Balasan