Saat memutuskan membawa si kecil yang masih bayi untuk pergi mudik, Mama butuh persiapan ekstra agar semua aman terkendali. Bagi first-timers ini bisa sedikit membingungkan dan overwhelming. Nah, supaya tidak ada barang penting yang tertinggal atau bahkan membawa barang berlebihan, perhatikan 10 daftar perlengkapan mudik bersama bayi yang harus disiapkan berikut ini. Yuk, simak!

1. Selimut dan Baju Hangat

Entah menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, pastikan Mama membawa on the go blanket untuk melindungi si kecil dari suhu dingin. Selain selimut, siapkan juga baju hangat seperti sweater atau jaket dan minyak telon yang bisa memberikan rasa hangat pada bayi. 

2. Obat-obatan

Untuk berjaga-jaga, selalu sediakan obat-obatan standar seperti obat penurun panas, plester demam, minyak telon, dan termometer di dalam tas Anda. Letakkan di tempat yang mudah dijangkau agar mudah diambil sewaktu-waktu dibutuhkan.

3. Pompa ASI

Buat Mama yang masih rutin menggunakan pompa ASI, peralatan yang satu ini tak boleh ketinggalan. Selain memastikan stok ASI aman, juga untuk mencegah payudara Mama bengkak karena tidak dipompa. Selain itu, bawa juga kantong ASI, cooler bag, dan nursing cover-nya ya, Mam!

4. Perlengkapan untuk Mengganti Popok

Meski sedang dalam perjalanan, pastikan Mama rutin mengecek dan mengganti popok bayi setiap 3-4 jam sekali. Agar tidak kesulitan mencarinya, sediakan diaper bag untuk menyimpannya. Tak boleh ketinggalan, bawa juga tisu basah, tisu kering, dan kantong plastik untuk menyimpan popok yang kotor.

5. Koper

Sebaiknya, Anda menyimpan perlengkapan bayi secara terpisah. Ini akan memudahkan Mama saat mencari barang yang dibutuhkan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Mama menyiapkan tas atau koper khusus untuk barang bawaan anak.

6. Cabin Size Stroller 

Setibanya di tempat tujuan, Mama mungkin akan pergi ke beberapa tempat untuk bersilaturahmi. Nah, untuk memudahkan mobilisasi, bawalah cabin size stroller yang compact dan ringan. Selain tidak makan tempat, stroller tipe ini boleh disimpan di kabin pesawat kalau Anda pergi mudik menggunakan jalur udara.

7. Gendongan

Kalau membawa stroller terlalu repot bagi Mama, maka sebagai alternatifnya Mama bisa membawa gendongan bayi. Percaya deh, ini akan sangat membantu Mama saat sedang jalan-jalan bersama keluarga.

8. Car Seat

Bagi Mama yang mudik menggunakan mobil, car seat adalah perlengkapan yang harus dibawa saat mudik bersama bayi. Selain untuk melindungi keselamatan si kecil, car seat bisa membuatnya lebih nyaman ketimbang harus memangku mereka sepanjang perjalanan.

9. Earmuff

Kalau mudiknya naik pesawat, Mama bisa menyiapkan earmuff untuk berjaga-jaga kalau-kalau si kecil merasa bising dan pengar akibat perubahan tekanan di dalam kabin pesawat. Soal nantinya akan dipakai atau tidak, Mama disarankan untuk tetap membawanya. 

10. Mainan

Agar anak tidak bosan dan rewel di perjalanan, bawakan mainan kesayangannya. Pilih yang ukurannya tidak terlalu besar seperti buggy driver, boneka tangan, atau mainan lain yang ukurannya tidak terlalu besar. Itulah daftar perlengkapan mudik bersama bayi yang harus Mama persiapkan. Kalau ada barang yang Mama belum punya, sewa saja di Mamasewa. Lama sewanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Mama. Bahkan kalau di kota tujuan Anda ada cabang kami, Mama cukup pesan dan barangnya akan kami antar ke tempat Mama. Mama nggak perlu bawa barang banyak-banyak deh dari rumah!

Tinggalkan Balasan