Tips Memompa Asi agar Melimpah – Menyusui sang buah hati menjadi salah satu kegiatan menyenangkan yang sering dilakukan oleh para Mama. Apalagi jika ASI yang dipompa menghasilkan jumlah yang banyak!

Bagaimana tidak, ASI menjadi salah satu kebutuhan utama bagi si kecil, terutama di masa si kecil baru lahir untuk memenuhi asupan nutrisi di kala si kecil belum bisa mengonsumsi makanan padat. 

Nah, salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan produksi ASI adalah dengan sering mengosongkan payudara. Bagi para Mama yang sibuk bekerja dan tidak memiliki waktu untuk menyusui si kecil secara langsung, mengosongkan payudara dapat dilakukan dengan cara memompa ASI. 

Memompa ASI secara teratur dapat meningkatkan kuantitas ASI sehingga Mama tetap dapat memberikan ASI secara rutin tanpa perlu khawatir memikirkan konsumsi untuk si kecil.

Nah, biar Mama tidak kebingungan bagaimana cara menghasilkan ASI yang berlimpah, berikut ini Mamasewa sudah merangkum 5 tips memompa ASI agar melimpah yang bisa Mama lakukan! Apa Saja? Yuk disimak! 

1. Pilih dan Gunakan Pompa Asi yang Sesuai 

Ada berbagai macam pilihan pompa ASI yang bisa Mama pilih sesuai kebutuhan. Mulai dari pompa ASI dengan daya listrik, portable, hingga manual. Tentunya bisa dipilih sesuai kenyamanan Mama saat akan memompa ASI. 

Misalkan, kalau Mama termasuk orang yang banyak bergerak, Mama bisa menggunakan pompa ASI portable. Namun, untuk penggunaan pompa ASI ini, Mama harus mengisi daya pompa tersebut terlebih dahulu sebelum digunakan. Sebaliknya jika Mama punya waktu santai yang cukup, Mama bisa menggunakan pompa ASI elektrik ataupun manual. 

Apapun pilihannya, pastikan nyaman saat digunakan ya, Mam!

2. Atur Waktu untuk Memompa ASI

tips memompa asi agar melimpah
Photo by Lukas Blazek on Unsplash

Untuk Mama yang sibuk bekerja di kantor, penting untuk membuat jadwal secara rutin untuk memompa ASI. Hal ini perlu dilakukan untuk melancarkan produksi ASI. Mama bisa mengaturnya dalam waktu 2 hingga 4 jam sekali. Untuk memastikan jadwal dapat berjalan dengan baik, Mama bisa menggunakan kalender atau alarm pengingat untuk memompa ASI. 

Jangan lupa, sebelum memompa ASI pastikan Mama sudah minum air putih terlebih dahulu dan rileks. Karena kondisi tubuh akan mempengaruhi kualitas ASI yang dikeluarkan. Semakin rileks dan tenang, ASI yang dihasilkan pun akan semakin berkualitas dan melimpah.

3. Pompa ASI Dengan Teknik Power Pumping? Why Not?

tips memompa asi agar melimpah
Photo by Bia Octavia on Unsplash

Power pumping merupakan salah satu teknik meniru frekuensi bayi yang sedang dalam masa pertumbuhan. Di masa ini, si kecil akan lebih menyusu dalam durasi waktu yang lebih lama. Teknik ini pun bisa mom terapkan juga saat sedang memompa ASI. 

Seperti, memompa kedua payudara selama 20 menit. Setelah itu, Mama bisa beristirahat selama 10 menit. Setelah beristirahat, Mama bisa memompa kembali selama 10 menit dan beristirahat lagi selama 10 menit. Terakhir, Mama bisa memompa kembali selama 10 menit.

Sebagai pengingat, power pumping hanya disarankan untuk ibu menyusui yang mengalami penurunan produksi ASI saja ya mom! 

4. Mengonsumsi Makanan Bernutrisi dan Stay Hydrated!

Tips Memompa Asi Agar Melimpah
Photo by Ella Olsson on Unsplash

Selama masa menyusui, Mom pasti akan lebih banyak membutuhkan nutrisi, energi, dan air demi menjaga kondisi tubuh Mama juga agar produksi ASI melimpah. Untuk itu, Mama perlu mengonsumsi makanan yang sehat seperti buah dan sayuran yang cukup. Mama juga bisa mengonsumsi booster ASI yang dapat meningkatkan produksi ASI untuk di kecil. 

Selain itu agar terhindar dari dehidrasi, Mama harus rutin mengonsumsi air putih minimal 8 hingga 10 gelas setiap harinya. Tentu saja, kebutuhan cairan tubuh juga perlu diperhatikan terutama di saat Mama sedang menyusui.

5. Mendengarkan Musik Classic saat Memompa ASI

Tips Memompa Asi Agar Melimpah
Photo by Manuel Iallonardi on Unsplash

Tips memompa ASI agar melimpah terakhir yang bisa Mama coba adalah mendengarkan musik classic saat memompa ASI. Meskipun terdengar lucu, nyatanya musik classic dapat membantu perasaaan Mama lebih rileks dan bahagia.

Dengan hati yang tenang dan pikiran yang rileks, Mama dapat memproduksi ASI lebih banyak. Apalagi sambil membayangkan sang buah hati yang masih lucu dan menggemaskan! Bikin hati senang!

Nah, biar mom tidak perlu kebingungan untuk mencari pompa ASI yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, Mamasewa telah menyiapkannya beragam pilihan untuk Mama. Jangan khawatir, harganya terjangkau. Jadi, Mama tidak perlu lagi merogoh kantong yang terlalu dalam untuk mendapatkan peralatan lengkap ini! 

Bahkan, pompa ASI yang ditawarkan pun berasal dari merek ternama seperti Philips, Spectra, hingga Medela. Pastinya semua pilihan pompa ASI di Mamasewa sudah sesuai dengan standar dan aman untuk digunakan. Penasaran seperti apa pilihannya? Langsung cek segera berbagai pilihan pompa ASI dan peralatan untuk si kecil lainnya disini ya, Mam!

Tinggalkan Balasan