Bagi orang tua, memahami cara pasang car seat yang benar adalah hal yang sangat penting. Mengapa? Sebab, hal ini tidak terlepas dari peranan car seat yang sangat besar untuk anak dan orang tua, terutama dalam hal keselamatan. 

Image by Freepik

Sayangnya, selama ini masih banyak orang tua yang belum menyadari betapa pentingnya penggunaan kursi ini. Tentu hal ini harus segera menjadi perhatian para orang tua dimanapun dan kapanpun. 

Lantas, apa saja manfaat dari penggunaan car seat itu? Lalu seperti apa cara memasang car seat yang tepat agar anak aman ketika perjalanan menggunakan mobil? Yuk, simak! 

Fungsi dan Manfaat Menggunakan Car Seat 

Berkendara dengan menggunakan mobil memang terlihat lebih aman daripada kendaraan roda dua. Meski begitu, resiko keselamatan tetap ada terutama untuk anak kecil dan bayi. Oleh karena itu, adanya car seat menjadi sangat penting. 

Pada dasarnya, car seat adalah tempat duduk yang memiliki bentuk dan desain khusus untuk anak kecil dan bayi. Fungsi car seat yang paling utama adalah sebagai tempat duduk yang aman bagi mereka. 

Untuk lebih jelasnya, inilah beberapa manfaat menggunakan car seat untuk anak:

1. Mengurangi Resiko Terluka dan Kematian 

Banyak studi yang menyebutkan bahwa adanya car seat bisa memperkecil resiko bayi atau anak meninggal dunia ketika terjadi kecelakaan. Mengapa? Sebab, car seat memiliki desain yang memang khusus untuk keamanan anak. 

Selama ini, mungkin masih banyak orang tua yang menganggap bahwa memangku atau mendekap anak ketika di mobil sudah cukup. Hal ini mungkin bisa berlaku, jika kendaraan melaju di kecepatan yang rendah.

Akan tetapi, saat terjadi kecelakaan mobil berat badan tubuh akan mengalami pengalian dengan kecepatan mobil. Artinya, berat yang besar ini berpotensi semakin melukai anak ketika terjadi kecelakaan. 

Hal ini bisa lebih terminimalisir jika Mama dan Papa menggunakan car seat. Desain kursi yang aman dan adanya seatbelt khusus akan memberikan keamanan yang lebih untuk si kecil. Alhasil, mereka pun bisa lebih aman. 

2. Nyaman untuk Istirahat 

Manfaat car seat lainnya adalah sebagai tempat yang nyaman untuk anak ketika berada di dalam mobil. Jika Mama berpikir bahwa anak akan lebih nyaman di dalam pelukan, maka hal ini terbilang salah. Mengapa?

Mungkin si kecil akan merasa lebih nyaman, tetapi keamanannya akan sangat dipertaruhkan. Oleh karena itu, lebih baik letakkan si kecil di kursi bayi yang tidak hanya aman, tetapi memiliki desain khusus yang memang nyaman untuk mereka. 

Car seat juga memiliki desain yang cenderung lebih kuat dan tahan terhadap guncangan di kendaraan. Artinya, ketika berkendara dan melewati jalanan rusak atau berlubang, guncangan yang dirasakan anak bisa lebih minimal. 

Apalagi saat ini sudah ada banyak sekali car seat yang memiliki desain dan bahan utama berkualitas. Jadi Mama tidak perlu khawatir soal kenyamanan penggunaan car seat untuk si kecil. 

3. Mengikuti Postur Tubuh Anak 

Banyak orang tua yang menganggap bahwa car seat hanya bisa untuk anak yang sudah cukup besar. Padahal, bayi baru lahir atau new born pun bisa menggunakannya. 

Selain itu, bentuk desain car seat juga justru akan melindungi postur tubuh mereka sejak bayi. Jadi bisa dibilang penggunaan car seat tidak hanya aman dan nyaman, tetapi juga sangat baik untuk menjaga tubuh si kecil. 

Langkah Cara Pasang Car Seat yang Tepat 

Mengingat fungsi dan manfaatnya yang sangat besar, tidak heran jika beberapa negara besar di dunia mewajibkan penggunaan car seat. Contohnya adalah Jerman, Inggris, dan Perancis. 

Meski di Indonesia penggunaan car seat belum diwajibkan, tetapi sebaiknya gunakan car seat ketika bepergian dengan si kecil. Selain itu, pahami juga cara pasang car seat yang tepat agar fungsinya bisa maksimal. 

1. Pilih Car Seat yang Sesuai Kebutuhan 

Pertama, pilih car seat yang cocok dengan usia dan berat badan si kecil. Hal ini sangat penting agar si kecil merasa nyaman dan fungsi perlindungan bisa bekerja secara maksimal. 

2. Posisikan Car Seat 

Selanjutnya, perhatikan posisi car seat yang benar. Idealnya, kursi ini harus Mama letakkan pada kursi mobil baris kedua. Setelah itu, untuk anak kecil yang usianya kurang dari 2 tahun, lebih baik posisi car seat menghadap ke belakang. 

Tujuannya untuk mengurangi adanya resiko cedera parah di area kepala, leher, dan tulang belakang karena kecelakaan. Selain itu, pastikan juga bahwa car seat tidak terletak di kursi depan karena adanya air bag. 

Pastikan memasang car seat dengan kuat dan sesuai petunjuk penggunaan car seat. Pasang dengan benar dan jangan sampai car seat justru longgar karena bisa berbahaya untuk anak. 

3. Posisikan Anak dengan Nyaman

Cara pasang car seat selanjutnya adalah dengan meletakkan dan memposisikan anak di car seat dengan nyaman. Pastikan bagian tubuh anak sudah sesuai desain car seat dan pasangkan seatbelt ke tubuh anak. 

Ketika memasang sabuk pengaman, pastikan Mama sudah mendengar bunyi kunci seperti “klik”. Ini berfungsi untuk memastikan bahwa sabuk pengaman memang terpasang dengan kuat dan aman. 

Jika ingin memberi selimut pada anak, sebaiknya pasangkan sabuk pengaman terlebih dahulu. Baru setelah itu letakkan selimut diatas sabuk pengaman anak.  Dan itulah cara pasang car seat yang tepat.

Karena fungsi dan manfaatnya yang sangat penting, memiliki car seat memang sangat dianjurkan. Tidak harus membelinya, Mama dan Papa pun bisa mengambil opsi menyewa car seat saja. 

Harga car seat memang tidak bisa dibilang mahal, tetapi juga tidak murah juga. Apalagi kalau Mama ingin mendapatkan kualitas yang sangat baik. Menyewa tentunya menjadi opsi yang paling bijaksana terutama dari segi ekonomi. 

Opsi car seat yang bisa Mama dan Papa sewa sangat beragam dapat disesuaikan dengan keperluan. Tersedia opsi car seat yang ISOFIX dan Non ISOFIX. Selain itu, juga tersedia berbagai macam pilihan spesifikasi dan warna yang berbeda. 

Sewa Car Seat di Mamasewa.com 

Harga sewa car seat di Mamasewa.com terbilang murah. Mama bisa menyewa car seat dengan harga mulai dari Rp8.000 per hari. Sangat terjangkau bukan? Apalagi dengan durasi penyewaan yang sangat fleksibel.

 

Di Mamasewa.com, tersedia opsi penyewaan 1 minggu, 2 minggu, 2 minggu, hingga 4 minggu. Jangan khawatir juga soal keamanan dan kebersihan car seat. Pasalnya, Mamasewa selalu melakukan pembersihan dan sterilisasi peralatan secara rutin.

Jadi setiap peralatan yang ingin pelanggan sewa, sudah pasti bersih dan siap untuk pelanggan pakai. Selain itu, Mamasewa.com juga menyediakan opsi pembayaran yang beragam dan cara penyewaan yang mudah serta praktis. Untuk katalog car seat selengkapnya, silahkan kunjungi https://mamasewa.com/product-cat/carseat/. Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera sewa car seat kualitas terbaik hanya di Mamasewa.com sekarang juga!

Tinggalkan Balasan