Tahukan mengapa Mama sangat memerlukan car seat bayi saat berkendara? Bukan hanya melindungi buah hati dari kecelakaan yang fatal di jalan raya, namun ada juga manfaat menggunakan car seat lainnya yang sangat penting untuk tahu!

Image by Freepik

Di negara Jepang penggunaan car seat untuk bayi diwajibkan bagi setiap keluarga yang berkendara. Hal ini tentunya untuk memberikan kenyamanan serta meminimalisir risiko cedera fatal bagi bayi jika terjadi hal seperti kecelakaan.

Sebagai keamanan khusus untuk anak-anak ketika mengendarai mobil, car seat tentunya memiliki peran besar. Penggunaan ini tentunya memiliki tujuan yang sama dengan seat belt, yakni meminimalisir resiko cedera fatal ketika kecelakaan.

Manfaat Menggunakan Car Seat

Tentunya ini sangat penting untuk Mama dan keluarga miliki, terlebih sering berkendara menggunakan mobil. Manfaat menggunakan car seat tidak hanya sebagai keamanan, namun terdapat juga manfaat lainnya yang sangat penting.

Berikut ini beberapa manfaat dari penggunaan car seat yang bisa menjadi pertimbangan untuk Mama dalam memberikan rasa aman untuk bayi.

1. Mencegah Bayi Terlempar

Jika terjadi kecelakaan dalam mengendarai kendaraan mobil, maka kendaraan tersebut biasanya akan mengalami guncangan yang sangat hebat. Terlebih lagi jika kendaraan dipacu dalam kecepatan tinggi.

Sangat memungkinkan bagi orang-orang yang ada di dalam mobil untuk terlempar. Bahkan, keluar melewati dasbor depan dengan kondisi kaca mobil yang pecah. Hal ini tentunya sangat berbahaya bagi si kecil jika mengalami lemparan tersebut.

Manfaat yang bisa Mama rasakan dari penggunaan car seat adalah melindungi buah hati untuk terlempar dari kondisi yang mungkin tidak diinginkan. Adanya pengait car seat yang kokoh dan kuat, membuat bayi Mama aman untuk terlempar.

2. Mengurangi Cidera Fatal hingga Kematian

Biasanya banyak orang tua yang berpikir bahwa tidak masalah untuk memangku bayi atau anak ketika berkendara menggunakan mobil. Nyatanya, pemikiran ini sangat salah dan justru bisa membahayakan keamanan bagi bayi tersebut.

Berdasarkan hukum fisika, ketika mobil mengalami kecelakaan, berat badan tubuh seseorang akan dikalikan dengan kecepatan mobil yang dipacu.

Contoh sederhananya jika mobil Mama berkendara dalam kecepatan 100 km/jam, maka orang dewasa dengan berat badan 70 kg akan memiliki gaya berat menjadi 7000 kg. Bobot badan yang semakin besar inilah bisa mencelakai badan bayi.

Adanya penggunaan car seat untuk buah hati mengurangi cidera fatal hingga kematian, jika terjadi guncangan atau tabrakan hebat ketika berkendara. Terlebih lagi mode dudukan bayi ini memiliki keamanan untuk bagian sisi kanan dan kiri.

3. Memudahkan Bayi ketika Mengekspor Objek Jalanan

Seiring bertambahnya umur, biasanya anak-anak suka mempelajari hal-hal baru tentang apapun. Hal ini tentunya mereka alami ketika berkendara menggunakan mobil dengan Mama dan Papa.

Tidak heran jika anak lebih menyukai duduk disebelah kaca mobil karena bisa melihat objek di luar kendaraan. Namun, sangat dianjurkan untuk tidak membiarkan anak berdiri di mobil karena sangat berbahaya bagi mereka.

Mama dan Papa bisa membeli car seat atau menyewanya di Mamasewa.com untuk memberikan rasa yang lebih aman bagi buah kecil. Adanya manfaat car seat ini akan membantu mereka menjadi lebih aman ketika mengeksplorasi diri.

Pada penggunaan awal car seat, anak bisa saja menangis atau meronta-ronta. Namun, berikan waktu untuk membiasakan diri dalam penggunaannya. Kebiasaan ini akan membuat anak mengerti bahwa car seat normal ketika berkendara.

4. Memberikan Rasa Nyaman 

Tidak ada yang senyaman pelukan hangat Mama, namun bukan berarti bayi harus dipeluk atau didekap saat berkendara menggunakan mobil. Lebih baik untuk meletakkan anak di car seat, bukan saja karena keamanan, tapi untuk kenyamanan.

Anak tentunya juga perlu beristirahat terlebih lagi jika mereka melakukan aktivitas yang melelahkan. Mereka akan memerlukan istirahat untuk mengisi ulang tubuh dengan cara tidur seperti halnya orang dewasa lakukan ketika berkendara.

Saat ini hampir semua produk untuk harga car seat bayi sudah terpasang dengan busa yang sangat tebal sehingga sangat nyaman untuk digunakan mereka beristirahat.

Keunggulan lainnya, car seat akan melindungi buah hati dari guncangan kecil ketika mobil melewati jalanan yang rusak.

5.  Memberikan Perlindungan untuk Postur Bayi

Manfaat memakai car seat lainnya yang paling terasa untuk tumbuh kembang anak adalah terletak pada postur tubuh mereka.

 

Image by Freepik

Banyak orang tua yang beranggapan bahwa penggunaan car seat ini akan mengganggu pertumbuhan tulang belakang.

Faktanya, penggunaan dudukan bayi ini justru melindungi tulang belakang mereka sejak dini ketika terjadi kecelakaan atau guncangan hebat. Adanya perlindungan ini akan membantu postur tubuh anak bisa berkembang baik sesuai dengan usianya.

Tidak heran, jika di beberapa negara luar mewajibkan penggunaan car seat untuk anak usia tertentu, seperti di negara Jepang, Jerman, Perancis hingga Inggris. Tentunya saja untuk memberikan keamanan ekstra bagi buah kecil.

6. Mencegah Kerusakan Otak atau Cidera Kepala

Bayi yang baru lahir memiliki potensi sangat besar mengalami kerusakan otak akibat adanya guncangan yang mengenai kepala. Hal ini sangat rentan terjadi jika Mama dan Papa berkendara di jalanan.

Seperti yang Mama ketahui bahwa tulang tengkorak, leher hingga tulang belakang anak belum tumbuh secara sempurna. Oleh karena itu, penggunaan car seat bisa melindungi mereka.

Mama bisa menyesuaikan kebutuhan car seat atau dudukan bayi sesuai dengan usia mereka. Hal ini perlu dilakukan agar fitur dari penggunaan car seat bisa digunakan secara maksimal dalam memberikan rasa aman serta melindungi anak.

Cara Memasang Car Seat di Dalam Mobil secara Tepat

Setelah Mama dan Papa mengetahui manfaat menggunakan car seat untuk bayi, kini sebaiknya juga mengetahui bagaimana memasang dudukan tersebut secara tepat.

Image by Winstanley Pramworld Website

Pasalnya, memposisikan car seat tidak bisa Mama dan Papa lakukan secara sembarangan. Di bawah ini cara yang tepat untuk memasang car seat khusus bayi yang bisa Mama ketahui.

1. Bayi Usia 2 Tahun

Jika anak Mama memiliki usia tepat di bawah 2 tahun, maka posisi yang tetap adalah menghadapkan car seat ke arah belakang mobil. Hal ini meminimalisir cedera fatal pada leher atau kepada anak ketika terjadi kecelakaan.

2. Bayi Usia 2 hingga 5 tahun

Apabila anak sudah berusia 2 hingga 5 tahun, maka bisa menghadapkan dudukan bayi tersebut ke arah depan seperti kursi orang dewasa. Pastikan bahwa sabuk pengaman dudukan telah terpasang dengan benar sesuai posisi anak duduk.

3. Bayi Usia 5 Tahun ke Atas

Ketika anak sudah berusia di atas 5 tahun, maka bisa menggunakan booster seat sampai sabuk pengaman dapat Mama dan Papa pasangkan dengan tepat. Posisi sabuk yang tepat, yakni ketika sabuk terpasang di atas paha kaki anak.

Manfaat menggunakan car seat tentunya memberikan Mama rasa keamanan yang ekstra untuk buah hati ketika berkendara. 

Terlebih lagi, jika car seat yang nyaman untuk bayi ini bisa Mama sewa di Mamasewa.com dengan harga yang terjangkau. Cek Produk car seat lengkap disini: https://mamasewa.com/product-cat/carseat/ 

Tinggalkan Balasan