Mengatasi Daddy Blues – Tak hanya para ibu yang baru melahirkan, seorang ayah pun bisa mengalami baby blues lho, mam! Ya, ayah pun bisa merasa tertekan setelah si kecil lahir ke dunia. Hal ini sering disebut dengan male postpartum depression (MPD) atau daddy blues. Menurut Baby Center, daddy blues biasanya terjadi pada 1 dari 10 ayah yang umumnya mulai terjadi pada tiga hingga enam bulan setelah sang buah hati lahir.

Sama seperti para ibu baru, ayah baru pun perlu dukungan, semangat, dan tempat yang aman untuk berbagi kekhawatiran. Tentu saja, apa yang ayah rasakan saat mengalami daddy blues tidak sama dengan seperti yang mama rasakan setelah melahirkan. Pada ibu baru, salah satu pemicu baby blues adalah perubahan hormon saat hamil dan melahirkan. Sedangkan pada sang ayah, pemicu daddy blues bisa jadi karena banyak kekhawatiran yang menyerang secara bersamaan. 

Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi daddy blues pada seorang ayah agar tidak berlarut terus menerus?

1. Istirahat yang cukup adalah salah satu cara mengatasi daddy blues

mengatasi daddy blues
Photo by Nubelson Fernandes on Unsplash

Tips mengatasi daddy blues pada sang ayah yang pertama adalah memastikan bahwa sang ayah memiliki istirahat yang cukup. Awal bayi lahir memang menguras tenaga, pola tidur yang tidak beraturan membuat menjadi sang ayah juga mudah untuk sensitif dan mudah marah. 

Oleh karena itu setelah sang ayah memastikan bahwa si kecil telah beristirahat ataupun tidur sejenak, usahakan untuk sang ayah memanfaatkan momen tersebut untuk beristirahat juga ya mam!

2. Ceritakan pada pasangan apa yang Papa rasakan

Jika sang ayah mengalami daddy blues yang dipicu oleh kekhawatiran berlebih, coba bicarakan dengan pasangan. Apabila sang ayah merasa kurang nyaman atau takut mama ikut terbebani, coba ceritakan kepada anggota keluarga lain atau teman terdekat.

Dengan bercerita, sang ayah dapat menjadi lebih lega dan mungkin akan menemukan sudut pandang yang berbeda terhadap masalah yang dihadapi. Bahkan, sang ayah mungkin juga bisa mengetahui cara terbaik untuk mengatasi permasalahan ini dari ayah lain yang mengalami sama seperti sang ayah.

3. Melakukan hal yang disukai bisa membantu Papa mengatasi daddy blues

Meski disibukkan dengan pekerjaan dan membantu merawat si buah hati, sang ayah harus tetap perlu melakukan hal-hal yang disukai. Jadi, sesekali luangkan waktu sebentar untuk menekuni hobi, agar sang ayah tetap merasa bahagia dan tidak stres.

Atau jika sang ayah tetap ingin menghabiskan waktu dengan si buah hati, ayah dapat melakukan kegiatan dengan berjalan santai sambil bersosialisasi dengan tetangga lainnya. Tentu saja, hal ini dapat membantu ayah mendapatkan suasana yang lebih menyenangkan.

4. Terapkan pola hidup sehat

Menerapkan pola hidup sehat dapat menjadi salah satu tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi daddy blues. Usahakan untuk selalu menerapkan pola makan sehat, olahraga rutin, dan tidur yang cukup setiap harinya. Kebiasaan ini dapat membantu sang ayah untuk mengurangi dan mencegah stres sehingga dapat membantu mengurangi daddy blues.

5. Selalu belajar untuk bersyukur dan ikhlas

mengatasi daddy blues
Photo by Marcos Paulo Prado on Unsplash

Rasa jenuh selalu datang di saat kita sudah lelah melakukan kegiatan atau pekerjaan secara terus menerus bukan? Wajar hal ini terjadi, termasuk di saat sang ayah mengasuh si kecil. Namun di momen seperti ini sebagai pasangan, mama dapat selalu menjadi pengingat untuk sang ayah agar selalu belajar bersyukur. 

Ketika belajar untuk selalu bersyukur dan mengikhlaskan yang terjadi, secara tidak langsung sang ayah akan membangun hormon bahagia dan semangat yang dulu sempat hilang.

6. Meluangkan waktu bersama pasangan bisa jadi solusi mengatasi daddy blues

Mengurus si kecil tentu saja akan menguras waktu mama dan sang ayah setiap harinya. Meskipun begitu sebagai pasangan, mama dan sang ayah tetap harus memiliki waktu bersama untuk melakukan kegiatan dalam membangun chemistry kembali. Misalkan, hanya sekedar keluar makan, menonton film ataupun sekedar mengobrol santai saja. 

Meskipun kemampuan yang dimiliki oleh sang ayah tidak sempurna, Jangan lupa untuk selalu apresiasi bantuan dari sang ayah ya, Mam! Ini salah satu langkah tepat untuk mengatasi daddy blues pada sang ayah!

7. Jangan memaksakan diri

mengatasi daddy blues
Photo by Marcos Paulo Prado on Unsplash

Tips mengatasi daddy blues yang terakhir adalah jangan memaksakan diri. Daddy blues bisa saja akan membuat seorang ayah kehilangan minat untuk melakukan aktivitas. Meski sang ayah merasa memiliki banyak kewajiban untuk keluarga, ketahuilah bahwa seorang ayah tetap akan mampu melakukannya secara perlahan dan satu per satu. 

Oleh karena itu jika sang ayah memang membutuhkan waktu untuk bisa menyelesaikan semuanya, Jangan sungkan untuk berdiskusi dengan mama dan jangan ragu untuk bertanya pada sang ayah mengenai kesulitan yang dialami.

Menjadi orang tua baru dengan segala tanggung jawabnya memang bukan hal yang mudah. Seorang ayah tak perlu merasa harus bisa menanggung semuanya sendiri atau merasa gagal ketika ada kesalahan yang terjadi. Oleh karena itu, ayah dapat melakukan 7 tips mengatasi daddy blues ini agar bisa segera mereda! Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter terkait, jika memang dibutuhkan!

Nah biar kegiatan ayah dan si kecil makin menyenangkan juga, jangan lupa untuk menyediakan mainan edukatif yang cocok dengan usia si kecil. Tidak perlu membeli, karena mama bisa mendapatkan di MamaSewa. Selain harganya yang terjangkau setra pilihan mainan yang beragam, mama juga tidak perlu membelinya karena bisa menyewa berbagai mainan serta peralatan untuk si kecil di Mamasewa. Penasaran seperti apa? Yuk buruan cek di sini!

Tinggalkan Balasan