Kelahiran seorang bayi tak hanya membawa kebahagiaan, namun juga banyak ‘kejutan’, terutama untuk kedua orang tua yang merawatnya. Kejutan tersebut menyangkut hal-hal baru yang terjadi selama masa awal kehidupannya di dunia. Ada banyak hal mengagumkan dari bayi yang membuat ayah dan ibu terkejut. Terkadang fakta-fakta ini begitu mengejutkan dan kerap membuat orang tua khawatir. Padahal, semestinya hal-hal tersebut adalah sesuatu yang wajar dan akan ada pada setiap bayi yang lahir. Lalu, apa saja fakta bayi baru lahir lainnya yang mam belum diketahui hingga saat ini? Yuk di simak!

Si Kecil Belajar Bicara Sejak dalam Kandungan

fakta tentang bayi baru lahir
http://mommiesdaily.com

Tahukah mam jika si kecil sudah belajar bicara sejak dalam kandungan? Faktanya, bayi sudah bisa mendengar suara ibunya dan suara lain di luar kandungan sejak usia 23-24 minggu di dalam kandungan lho!

Bahkan bagi kebanyakan bayi, suara ibu merupakan suara yang paling mereka sukai. Jadi, tidak heran kalau bayi baru lahir terlihat senang saat mendengarkan ibunya bicara atau bernyanyi.

Bayi Baru Lahir Menangis Tanpa Mengeluarkan Air Mata

Fakta bayi baru lahir lainnya yang jarang diketahui adalah bayi yang baru lahir belum bisa meneteskan air mata ketika menangis. Umumnya mereka hanya mengerang dan berteriak.

Hal ini karena kelenjar air mata mereka belum benar-benar berkembang dengan sempurna, sehingga belum dapat memproduksi air mata dalam jumlah yang cukup untuk dikeluarkan ketika menangis. Bayi baru akan mengeluarkan air mata saat menangis ketika usianya sudah lebih dari 3-4 minggu.

Bayi Memiliki Lebih Banyak Tulang Daripada Orang Dewasa

fakta tentang bayi baru lahir
http://alodokter.com

Tulang bayi baru lahir ternyata memiliki jumlah 300, sedangkan orang dewasa hanya memiliki 206 tulang. Jumlah tulang bayi akan berkurang seiring bertambahnya usia karena beberapa tulangnya yang menyatu.

Sebagai contoh, pada awal terbentuk, tengkorak bayi terdiri dari tiga tulang yang disambung oleh tulang rawan. Hal ini untuk memudahkan bayi keluar dari jalan lahir. Nah, tulang-tulang tersebut pada akhirnya akan menyatu dan membentuk satu tulang padat. Wah!

Bayi Baru Lahir Hanya Bisa Melihat Jelas dari Jarak yang Sangat Dekat

Bayi baru lahir hanya bisa melihat dengan jelas benda yang berjarak 20-30 cm dari wajah mereka. Di luar itu, semuanya masih tampak seperti bayangan samar. Saat usia bayi satu atau dua bulan, bayi baru mampu memfokuskan pandangannya pada mainan atau benda lain yang diletakkan di depan matanya.

Namun, saat memasuki akhir bulan ke-3 atau menjelang usia 4 bulan, si kecil biasanya sudah mampu melihat bentuk dan warna benda dengan lebih jelas.

Lambung Bayi Baru Lahir Hanya Sebesar Kacang Kenari

fakta tentang bayi baru lahir
http://popmama.com

Inilah alasan mengapa bayi baru lahir perlu sering disusui. Faktanya bayi baru lahir tidak memiliki ruang yang cukup di lambungnya untuk menampung ASI dalam jumlah banyak sekaligus. Bahkan, gelembung udara sekecil apa pun bisa memakan tempat di dalam lambungnya. Itulah sebabnya, bayi perlu disendawakan sebelum dan setelah menyusui.

Lambung bayi akan terus tumbuh dan berkembang dengan pesat hingga berukuran sebesar telur ayam saat usianya 2 atau 3 minggu. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan cairannya, penting untuk mam menyusui si kecil secara teratur dan sering sampai berusia 6 bulan.

Nah, inilah 5 fakta bayi baru lahir yang bisa mam ketahui dan persiapkan sejak dini untuk si kecil. Selain itu, untuk mempersiapkan kelahiran si kecil nantinya tentu saja penting bagi seorang ibu untuk mempersiapkan peralatan terbaik bagi sang buah hati. 

Salah satu cara yang bisa Mama lakukan adalah dengan menyewa peralatan bayi di Mamasewa.com, tanpa perlu merogoh kantong lebih banyak lagi. Selain pilihannya yang lengkap, dengan menyewa peralatan untuk si kecil akan memudahkan mam untuk memenuhi kebutuhan sang buah hati tanpa harus mengeluarkan biaya ekstra. Penasaran seperti apa? Yuk langsung cek di sini!

Tinggalkan Balasan