Untuk mendukung tumbuh kembang optimal si kecil, orang tua tentu ingin yang terbaik untuk buah hatinya. Termasuk menentukan pola asuh dan memenuhi segala kebutuhan yang mendukung tumbuh kembangnya. Ketika anak sedang berada dalam fase pertumbuhan tertentu, tidak sedikit yang harus disiapkan untuk menunjang keperluannya. Tak terkecuali , dalam memilih tempat tidur anak yang baik. Maka dari itu, Mama harus tahu kriteria tempat tidur yang nyaman dan aman untuk si kecil. Yuk Ma, simak apa saja yang penting diperhatikan dalam memilihnya!

Apa Saja yang Perlu Dipertimbangkan?

tempat tidur anak
  1. Memastikan Kualitas Bahan yang Baik

Bagaimana Mama bisa membedakan tempat tidur yang baik atau tidak untuk si kecil? Pertama, yang harus diperhatikan adalah bahan yang digunakan. Bahan stainless yang kokoh baik untuk tempat tidur si kecil. Selain kuat,material ini juga lebih aman untuk kesehatannya.

  1. Memilih Ukuran yang Pas

Ukuran tempat tidur yang pas untuk anak bisa disesuaikan dengan fase pertumbuhannya. Kemudian, memilih ukuran bisa dilakukan dengan mengukur Panjang yang sesuai dengan tinggi badan si kecil. Terakhir, memperhatikan tinggi tempat tidur perlu dilakukan untuk memastikan kemanannya.

  1. Pilih Pembatas yang Tertutup

Tempat tidur dengan pembatas yang tertutup rapat di tiap sudutnya, lebih aman bagi si kecil. Ia tidak akan terjatuh saat bergerak bebas. Sehingga, tidak membuat Mama khawatir si kecil akan terjatuh dari tempat tidurnya.

  1. Pastikan Kualitas Kasur Baik

Kualitas kasur yang baik penting bagi kesehatan dan tumbuh kembang ideal si kecil. Maka dari itu, Mama harus teliti dalam memilih tempat tidurnya. Kasur yang tidak terlalu empuk dan tahan air dinilai bagus untuk si kecil. Sebaliknya, kasur yang empuk malah dinilai bisa menyebabkan SIDS (Sudden Infant Death Syndrom). Jadi, pastikan semua kriteria tempat tidur anak yang baik sudah terpenuhi saat memilihnya.

  1. Bedrail Untuk Keamanan Si Kecil
Baca Juga :  4 Pilihan MPASI Pertama Terbaik Untuk Si Kecil

Safety bedrail sangat penting untuk tempat tidur si kecil agar ia tidak terjtuh. Sebaiknya, tempat tidur anak dilengkapi dengan bedrail sesuai standar keamanan agar Mama tidak perlu merasa khawatir ketika anak jauh dari pantauan.

Manfaat Tempat Tidur Untuk Si Kecil

Tempat Tidur Anak

Mengapa Mama perlu tahu tempat tidur anak yang baik? Ternyata, banyak fungsi tempat tidur bagi si kecil yang belum disadari oleh para orang tua. Yuk, simak manfaat tempat tidur bagi si kecil berikut ini!

  1. Kualitas tidur optimal bagi si kecil. Pentingnya memberikan kenyamanan tidur untuk anak bisa membantu menjaga pertumbuhan idealnya.
  2. Selain memberikan kualitas tidur yang baik, tempat tidur khusus untuk anak dapat mencegah si kecil dari cidera. Karena hal ini mungkin terjadi ketika ia tidur bersama orang tuanya. Sampai saat ini, banyak orang tua berpikir jika si kecil tidur bersama mereka akan lebih aman dan mempererat kedekatan batin. Namun, hal ini justru malah berisiko bagi si kecil saat tidur ia bisa tertindih tangan mama atau papanya tanpa disadari. Jika ini terjadi bisa menyebabkan kesalahan yang fatal.  
  3. Tempat tidur si kecil yang aman dan berkualitas bisa bantu optimalkan pertumbuhan dan pekembangan idealnya.

Di atas adalah tips memilih tempat tidur anak dan manfaatnya yang perlu dipahami Mama, sebelum membelinya untuk si kecil. Jadi, jangan sampai salah pilih tempat tidur untuk buah hati ya Ma, karena memberikan yang terbaik tidak harus mahal. Mama tidak harus selalu membeli tempat tidur anak pada setiap tumbuh kembangnya. Tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan jika anak harus ganti tempat tidur pada setiap tahapan pertumbuhan. Maka dari itu, Mama bisa sewa tempat tidur anak sesuai kebutuhannya, sehingga tidak perlu membelinya berkali-kali.

Baca Juga :  Kelebihan Pompa ASI Medela

Mamasewa.com, kini hadir sebagai solusi Mama masa kini dan rumah tangga modern, dengan menyediakan perlengkapan anak dan keluarga. Termasuk tempat tidur untuk si kecil. Selain bisa berhemat, tidak ada lagi barang menumpuk di rumah karena perlengkapan si kecil yang tidak terpakai lagi seiring tumbuh kembangnya. Yuk, cek kelengkapan kebutuhan Mama dan si Kecil di sini!

Leave a Reply