Banyak penyebab bayi tidur tidak nyenyak di malam hari yang sudah seharusnya diketahui oleh Mama dan Papa. Mengingat bayi yang sudah tidur di malam hari merupakan permasalahan yang sering dialami banyak orang tua. 

Hal ini tentu saja akan menyebabkan kelelahan dan frustasi. Maka dari itu, perlu mengetahui berbagai penyebab dari bayi yang susah tidur. 

Image by Pexels

Beberapa aktivitas yang kurang teratur juga menjadi penyebab bayi menjadi susah tidur. Pada artikel kali ini terdapat beberapa penyebab bayi yang susah tidur dan sering rewel di malam hari. 

Penyebab Bayi Tidur Tidak Nyenyak di Malam Hari

Bayi yang sudah tidur merupakan salah satu kondisi yang tidak bisa dihindari oleh Mama dan Papa. Ini merupakan kondisi yang normal pada bayi setidaknya dalam 6 Minggu pertama setelah kelahiran. 

Berikut ini terdapat beberapa penyebab bayi tidur tidak nyenyak di malam hari yang harus Mama ketahui. 

1. Bayi Tidak Nyaman

Bayi yang merasa tidak nyaman seringkali membuat ia menjadi lebih sudah tidur di malam hari. Ketidaknyamanan ini bisa terjadi karena faktor kedinginan, perut kembung, pilek atau demam, tumbuh gigi dan lain sebagainya. 

Faktor-faktor tersebut dapat membuat bayi menjadi rewel dan tidak mau tidur. Apabila rasa sakit atau alergi menjadi penyebab bayi susah tidur, maka Mama harus segera konsultasi dengan dokter anak. 

Nantinya dokter anak bisa memberikan solusi dan terapi bayi susah tidur  yang tepat. Dokter juga akan melakukan evaluasi yang lebih lanjut untuk mengatasi permasalahan tersebut. 

2. Pola Makan yang Tidak Tepat

Pola makan juga sering menjadi penyebab bayi susah tidur dan menyusu terus. Padahal, sebelum bayi mulai makan makanan yang padat perlu menetapkan pola tentang apa yang akan terjadi sebelum dan sesudah menyusui. 

Contohnya seperti bangun, makan, sendawa hingga waktu bayi mulai tengkurap. Ketika Mama sudah mulai menambahkan makanan padat, maka coba berikan makanan pada waktu yang sama setiap harinya. 

Memperhatikan waktu makan tentu saja dapat memberikan peluang yang sangat baik untuk koneksi dan ikatan dengan si bayi. Jika dilakukan dengan tepat, maka akan mendukung transisi yang lebih santai ke waktu tidur siang. 

3. Tidak Enak Badan

Bayi yang sakit atau tidak enak badan pasti akan lebih rewel dan susah tidur di malam hari. Perlu Mama tahu ketika sakit, anak akan lebih mudah terbangun dan rewel di malam hari. 

Kenapa bayi gelisah dan susah tidur di malam hari? Ini bisa disebabkan bayi sedang sakit atau tidak enak badan.  Mama harus memastikan suhu badan si kecil normal dan tidak merasakan nyeri di tubuhnya. 

Bukan hanya sekali, namun si kecil akan bangun berkali-kali untuk menahan rasa sakitnya. Mama harus memastikan bahwa si kecil sudah minum obat yang dianjurkan oleh dokter anak agar bisa tidur dengan tenang. 

 

Image by Freepik

Selain itu, Mama juga bisa membelai bagian tubuh yang paling disenangi si kecil dan dapat membuatnya tidur tenang. Bagian tersebut biasanya seperti dahi atau kaki, bila perlu sempatkan juga untuk membelai perutnya. 

Apabila si kecil susah buang air besar, maka ia akan terus merengek dan Mama lebih mudah mengetahui ketika membelai perutnya. 

4. Lingkungan Tidur yang Tidak Kondusif

Lingkungan tidur yang kurang kondusif juga menjadi salah satu penyebab bayi tidur tidak nyenyak di malam hari. Pada dasarnya, bayi hampir sama seperti orang dewasa yang membutuhkan lingkungan kondusif untuk tidur.  

Lingkungan tidur yang baik adalah kondisi yang tenang, gelap dan sejuk. Maka dari itu, Mama bisa menggunakan lampu malam yang redup di kamar bayi. 

Mama juga harus memastikan bayi tidur dalam ruangan kamar yang sunyi dengan suara yang tenang seperti suara kipas angin saja. Hal ini akan membantu bayi tidur lebih nyenyak di malam hari. 

5. Gigitan Serangga

Gigitan serangga juga bisa menjadi salah satu penyebab bayi susah tidur padahal sudah kenyang. Biasanya, Mama akan sering melihat si kecil yang tiba-tiba menggosok kaki atau tangan ketika akan tidur.

 

Image by freepik

Ini biasanya terjadi karena adanya gigitan serangga seperti semut atau nyamuk yang menyebabkan rasa kurang nyaman. Sehingga si kecil akan terus menggosok tubuhnya hingga menangis. 

Mama bisa mencoba untuk meredakan rasa nyeri tersebut dengan memberikan minyak khusus gatal. Usahakan untuk dielus-elus bagian yang gatal agar bayi menjadi lebih tenang. 

6. Lapar

Biasanya bayi yang baru lahir membutuhkan penyesuaian diri dengan pola tidur yang teratur. Bayi yang masih sangat muda pasti lebih sering tidur dalam waktu singkat. 

Hal ini karena lambungnya masih kecil dan bolak balik membutuhkan makanan. Perlu Mama tahu bahwa ini adalah hal normal yang pasti akan berubah seiring bertambahnya usia. 

Umumnya, bayi yang baru lahir akan tidur sekitar 14-17 jam dalam periode 24 jam. Selain itu, bayi yang baru lahir juga lebih sering terbangun untuk menyusu baik saat siang maupun malam. 

Image by Freepik

Sedangkan bayi yang berusia 1 dan 2 bulan juga harus mendapatkan jumlah tidur yang sama. Yaitu 14-17 jam sehari, kemudian dibagi 8-7 jam tidur malam dan 7-9 jam tidur siang selama beberapa kali tidur siang. 

Sedangkan bayi berusia 3 bulan membutuhkan waktu tidur 14-16 jam dalam periode 24 jam. Hal ini tentu saja sudah seharusnya dipahami oleh para Mama untuk waktu tidur bayi yang berkualitas. 

Mungkin saja si kecil sulit untuk tidur nyenyak karena sering terbangun. Namun, selama ia mendapatkan jam tidur yang cukup maka Mama tidak perlu khawatir. 

7. Terlalu Banyak Stimulasi

Penyebab bayi susah tidur malam menurut islam selanjutnya adalah bayi yang terlalu banyak stimulasi. Bayi merupakan mahkluk hidup yang sangat sensitif dan terlalu banyak stimulasi akan membuat bayi kehilangan minat tidur. 

Hal ini tentu saja perlu untuk dihindari agar bayi dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Selain itu, memperhatikan stimulasi yang tepat untuk bayi juga akan membuatnya mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Hari yang penuh kebisingan dan penuh aktivitas akan membuat bayi sulit istirahat. 

Mama perlu belajar untuk mengenali tanda-tanda dari bayi yang lelah, capek dan mengantuk. Contohnya seperti menggosok mata, rewel, menguap dan lain sebagainya. 

Hindari menyertakan bayi untuk mengikuti jadwal orang tuanya yang padat. Berikan waktu istirahat yang cukup dengan tenang karena si kecil sangat membutuhkannya. 

Bagaimana? Mama sudah paham bukan dengan apa saja penyebab bayi tidur tidak nyenyak di malam hari. Selain memperhatikan waktu tidur, Mama juga harus memberikan fasilitas yang tepat untuk bayi, salah satunya pemberian box tidur.

Jika membeli terasa kemahalan, Mama bisa menyewa saja box tidur bayi di https://mamasewa.com. Mamasewa merupakan tempat sewa kebutuhan perlengkapan ibu dan anak yang higienis dan bersih.

Mamasewa juga menyediakan berbagai bentuk box tidur untuk bayi. Mulai dari yang ukuran sedang, besar, box terbuka maupun tertutup. Ada juga bentuk yang lucu dengan karakter menggemaskan. Mama bisa menyesuaikan dengan selera.

Selain itu, Mamasewa juga memberikan pelayanan profesional dengan transaksi yang mudah, jadi tunggu apalagi? Sewa sekarang juga ya box bayi untuk tidur lebih nyaman.

Tinggalkan Balasan