Mama pasti tahu bahwa bayi belum bisa membedakan siang dan malam hari bukan? Sebab itu, pola tidur si bayi bisa saja tidak teratur. Untuk menjadi teratur salah satu solusinya dengan memperhatikan tips agar bayi tidur nyenyak di malam hari.

Tips ini nantinya berguna untuk Mama mengatur waktu dengan baik. Maksudnya, si bayi bisa saja tidur lama di siang hari yang mengakibatkan malam harinya lebih aktif.  Hal itu akan mengganggu waktu istirahat Mama bukan?

Maka dari itu, Mama perlu mengusahakan untuk mencoba tips yang telah kami persiapkan ini. Supaya jam tidur si kecil sama seperti jam tidur Mama dan Papa. 

Tips agar Bayi Tidur Nyenyak di Malam Hari

Perlu Mama tahu bahwa biasanya bayi yang baru lahir memiliki kapasitas tidur selama 8 hingga 9 jam pada siang hari dan kurang dari 8 jam untuk malam hari. Akan tetapi, bukan berarti sepanjang waktu bayi akan tidur secara terus menerus.

Karena siklus setiap bayi juga berbeda-beda. Selain itu, ada banyak faktor yang membuat bayi terbangun pada tengah malam mulai dari lingkungan yang panas, lapar atau bahkan karena tempat tidur yang kurang nyaman.

Oleh sebab itu, Mama membutuhkan beberapa tips agar anak tidur nyenyak di malam hari, diantaranya sebagai berikut :

1. Mengatur Jadwal Tidur

Seperti yang sudah Mama tahu bahwa setiap orang memiliki jam tidur untuk mengatur fungsi tubuh manusia. Sesuai dengan kondisi tersebut, Mama perlu mengatur jam tidur bayi agar sesuai dengan matahari terbit dan tenggelam.

Jika bayi masih belum mengerti, maka Mama perlu menidurkan bayi pada waktu yang sama untuk setiap malamnya. Sehingga, bayi akan mengerti dan mampu mengembangkan kebiasaan tidurnya pada waktu yang tepat.

Begitu pula dengan tidur pada jam siang. Mama harus mengatur tidur jam siang si kecil dengan waktu yang sama setiap harinya. Kedua hal tersebut akan membantu Mama untuk mewujudkan jam tidur yang nyenyak.

2. Menggendong Bayi sebelum Tidur

Tips supaya bayi tidur nyenyak di malam hari selanjutnya yaitu menggendong bayi sebelum tidur. Mama bisa membantu menidurkan si bayi dengan menggendong terlebih dahulu.

Image by Freepik

Saat si bayi sudah terlihat mengantuk, Mama bisa segera meletakkan bayi pada tempat tidur yang nyaman sekaligus biasanya bayi untuk tidur dengan sendirinya. 

Mama juga perlu memperhatikan untuk tidak membuat si kecil terlelap di gendongan. Hal ini karena akan membangun kebiasan yang kurang baik. Dimana si bayi tidak bisa atau kesulitan tidur sendiri atau bayi hanya mau tidur jika Mama gendong.

3. Kurangi Intensitas Mengganti Popok 

Selanjutnya tips agar bayi tidak begadang malam yaitu dengan mengurangi intensitas mengganti popok terlalu sering. Ada beberapa dokter anak yang menyarankan mengurangi intensitas seperti ini pada malam hari.

Sebagai gantinya, Mama harus mengganti popok si bayi dengan kualitas daya serap yang baik, tinggi dan anti bocor sebelum tidur . Sehingga, si bayi juga akan merasakan tidur yang nyaman tanpa adanya gangguan apapun.

4. Mengajak Bayi Aktif di Siang Hari

Mengajak bayi lebih aktif pada siang hari juga merupakan tips agar bayi tidur nyenyak di malam hari. Hal seperti itu akan membuat si bayi lebih cepat tidur pada malam harinya.

Image by Pexels

Karena sudah kelelahan pada siang hari, sehingga energi si kecil akan sedikit berkurang. Malam hari adalah waktu tepat untuk istirahatnya, dengan itu si kecil bisa tidur nyenyak.

Tapi Mama jangan mengajak si kecil bermain atau aktif pada malam hari ataupun menjelang waktu tidur. Lantaran si bayi akan merasa senang dan melupakan waktu tidurnya.

5. Meredupkan Lampu sebelum Tidur

Tips agar bayi nyenyak tidur malam hari selanjutnya yaitu meredupkan lampu sebelum tidur. Mama sudah tahu juga bukan? 

Tidur dengan tingkat pencahayaan yang tinggi sangat tidak dianjurkan oleh para ahli. Disebut demikian, karena paparan cahaya dari lampu membuat tingkat kenyenyakan tidur berkurang akibat sinarnya yang menyilaukan.

Tidur tanpa cahaya juga baik untuk meningkatkan hormon melatonin. Hormon ini membantu tubuh menjadi lebih rileks saat bangun di pagi harinya. 

6. Memberi Bayi Teman Tidur

Memberi bayi teman tidur juga merupakan tips agar bayi tidur nyenyak di malam hari loh! Apalagi saat bayi sedang tidur sendiri, Mama bisa memberikan sebuah teman tidur berupa boneka kecil.

Image by Pexels

Boneka kecil dengan ukuran yang bisa bayi pegang untuk menenangkannya. Jangan memberikan boneka dengan ukuran terlalu besar, karena bisa menyebabkan terhalangnya pernapasan jika boneka menutupi hidung.

Dampak buruknya bisa berimbas pada bayi yang mengalami sindrom kematian saat tidur. Oleh sebab itu, jika Mama berkeinginan memberikan teman tidur pastikan dengan ukuran yang kecil.

7. Jangan Membiasakan Menidurkan Bayi sambil Menyusui

Cara agar bayi tidur nyenyak di malam hari berikutnya yaitu jangan membiasakan menidurkan bayi sambil menyusu. Kebiasan semacam ini akan berdampak buruk pada kemudian hari.

Apalagi jika ternyata bayi tersebut tidak bisa melepaskan kebiasan ini, karena pada dasarnya perkembangan setiap bayi berbeda-beda. Oleh itu, Mama perlu menghindari kebiasan buruk tersebut.

Mama bisa melepaskan hisapan si bayi dari botol atau payudara tepat sebelum bayi menandakan kantuk. Mama bisa membiasakan hal ini dari sedini mungkin, sebab kebiasaan tidur akan terbentuk baik saat bayi memasuki usia 4 hingga 6 bulan.

8. Menciptakan Suasana Tidur yang Nyaman

Sebagai orang tua, Mama perlu menciptakan suasana tidur yang nyaman. Lantaran cara ini merupakan tips supaya bayi tidur nyenyak malam hari. Ada beberapa cara yang bisa membantu bayi tidur dengan nyaman pada malam hari.

Seperti meredupkan lampu salah satu contoh yang sudah kami bawah, ataupun dengan mengurangi kebisingan suara. Selain itu, juga bisa menyelimuti bayi untuk menciptakan rasa nyaman sekaligus membacakan buku dengan tenang,

9. Memisahkan Ranjang Bayi dan Orang Tua

Memang tidak dapat kami pungkiri jika tidur bersama bayi memudahkan Mama dan Papa dalam menjaga si bayi. Akan tetapi, sebaiknya Mama tidak tidur dalam satu ranjang dengan si kecil.

Karena si kecil membutuhkan tempat tidur yang nyaman dan lebih stabil. Tidur terpisah juga bisa membantu mengajarkan kemandirian pada si kecil.

Selain itu, juga merealisasikan tips agar bayi tidur nyenyak di malam hari. Solusinya Mama bisa meletakkan tempat tidur si kecil sebelah tempat tidur Mama.

Tempat tidur yang nyaman untuk si kecil bisa Mama dapatkan dari Mamasewa.com. Karena ada banyak tempat tidur si bayi yang bisa Mama sewa dengan mudah seperti Baby booties 165 BP Mini, BabyElle Cloud Baby Box dan lainnya.

 

Mama juga bisa cek produk lainnya dengan mengunjungi https://mamasewa.com/product-cat/nursery/box-bayi/. Kami juga menyediakan berbagai macam peralatan dan perlengkapan bayi dan Mama yang aman dan higienis. Jadi, tunggu apalagi? Segera sewa produknya di Mamasewa.

Tinggalkan Balasan