Bangkok adalah kota dimana modernitas, budaya, dan tradisi melebur jadi satu. Maka tak heran kalau kota yang berjuluk Seribu Pagoda ini menjadi jujugan para wisatawan dari berbagai penjuru dunia, termasuk wisatawan Muslim. Mulai dari wisata kuliner halal, museum, wisata edukatif, sampai tempat belanja, berikut itinerary 3 hari 2 malam di Bangkok yang bisa Mama jadikan panduan saat hendak berwisata ke sana bersama si kecil. Yuk, simak!

Itinerary Bangkok: Hari Ke-1

1. Tiba di Bangkok

Bangkok memiliki dua bandara internasional, yakni Suvarnabhumi Airport dan Don Mueang International Airport.

Untuk menentukan dimana Mama dan keluarga akan menginap dan jalan-jalan, periksa dulu dimana kalian akan mendarat, ya Mam!

2. Makan Siang di May Kaidee

Setelah check in hotel, Mama bisa mengajak si kecil untuk makan siang di May Kaidee. Sebuah restoran vegetarian yang menjual beragam menu autentik lezat khas Thailand.

Mulai dari salad pepaya, spring roll, tom yum, kari, nasi goreng, sampai pad thai. Tak ketinggalan, ada berbagai pilihan dessert dan minuman yang pasti si kecil suka.

  • Waktu  operasional: Setiap hari, pukul 10.00 – 21.00
  • Alamat: 59 Thanon Tanao, Wat Bowon Niwet, Phra Nakhon, Bangkok

3. Mengunjungi Bangkok National Museum

Setelah perut kenyang, Mama bisa melanjutkan perjalanan ke Museum Nasional Bangkok yang merupakan salah satu museum terbesar di Asia Tenggara. Museum yang terletak di antara Universitas Thammasat dan Teater Nasional ini dulunya adalah istana wakil raja.

Maka tak heran kalau interiornya begitu unik dan cantik. Namun sejak tahun 1874, bangunan ini dialihfungsikan sebagai museum yang memamerkan dan menampilkan perjalanan sejarah, kesenian, dan peninggalan Thailand di masa lampau.

  • Waktu  operasional: Rabu – Minggu, pukul 09.00 – 16.00 
  • Alamat: 4 Na Phra That Road Phra Nakhon, Bangkok
  • HTM: THB200,00 (sekitar Rp90.000,00)

4. Makan Malam di Ban Khun Mae Restaurant

Karena membawa si kecil, pastikan mereka happy dan tidak sampai kelelahan saat berkeliling ya, Mam. Maka dari itu, setelah dari Museum Nasional Bangkok, Mama bisa menuju ke Ban Khun Mae untuk makan malam dan menutup perjalanan hari ini. 

Dalam Bahasa Thailand, Ban Khun Mae berarti rumah ibu. Bukan tanpa alasan, restoran ini memang menawarkan cita rasa autentik dan keramahtamahan yang hangat seperti pulang ke rumah ibu.

Restoran ini menyediakan a la carte maupun set menu. Kalau mau cobain ini itu, pilih a la carte menu. Tapi kalau Mama mau yang terima beres, set menu bisa jadi pilihan. 

  • Waktu  operasional: Setiap hari, pukul 11.00 – 22.00
  • Alamat: 444 Floor 2, MBK Center, Phaya Thai Rd, Wang Mai, Pathum Wan, Bangkok 

Itinerary Bangkok: Hari Ke-2

1. Brunch di Busaba Halal Restaurant

Untuk memulai perjalanan di hari ke-2, ayo isi perut dulu di Busaba Halal Restaurant. Restoran yang satu ini terkenal dengan bebek panggangnya yang berkulit renyah namun dagingnya juicy banget. 

Tapi kalau Mama bukan penggemar bebek, masih ada pilihan menu halal lainnya, seperti daging ayam, sapi, maupun hidangan laut. 

  • Waktu operasional: Kamis – Selasa (tutup setiap Rabu), pukul 10.00-16.00
  • Alamat: 151, 4 Thanon Nakhon Chaisi Rd, Thanon Nakhon Chai Si, Dusit District, Bangkok

2. Mengunjungi Bangkok Butterfly Garden and Insectarium

Melanjutkan perjalanan hari ini, Mama bisa mengajak si kecil pergi ke Bangkok Butterfly Garden dan Insectarium untuk belajar banyak soal siklus hidup serangga dan kupu-kupu.

Terletak di wilayah tenggara Taman Vachira Benjatas (Taman Kereta Api), taman ini terhubung ke Chatuchak Park dan Queen Sirikit Park. Pilihan destinasi wisata kali ini sangat cocok untuk keluarga Mama yang lebih suka slow traveling dan memberi kesempatan si kecil untuk bereksplorasi soal alam dan makhluk hidup.

  • Waktu operasional: Taman buka setiap hari kecuali hari Senin pukul 08.30-16.30. Buka : Selasa-Minggu
  • Alamat: Kamphaeng Phet 3 Rd, Lat Yao, Chatuchak, Bangkok 
  • HTM: Gratis 

BACA JUGA: YUK, INTIP MANFAAT DAN TIPS TRAVELING NYAMAN BERSAMA ANAK

3. Belanja di Chatuchak Weekend Market

Karena sudah berada di kawasan Chatuchak, sayang banget kalau nggak mampir ke Chatuchak Weekend Market yang terkenal itu. Di sini ada banyak aktivitas yang bisa Mama lakukan, mulai dari belanja oleh-oleh sampai mencicipi berbagai kuliner lokal khas Thailand yang sangat menggiurkan.

Pokoknya belum sah pergi ke Bangkok kalau tidak mampir ke pasar yang kabarnya memiliki lebih dari 8.000 tenants ini. Wah banyak banget nggak tuh, Mam?

  • Waktu operasional: Selasa – Kamis, pukul 07.00 – 18.00. Jumat – Minggu, pukul 05.00 – 24.00.
  • Alamat: Kamphaeng Phet 3 Rd, Lat Yao, Chatuchak, Bangkok 

4. Makan Malam di Saman Islam

Masih berada di dalam kawasan Pasar Chatuchak, wisatawan Muslim tak perlu khawatir saat mulai kelaparan. Anda bisa mampir ke kedai Saman Islam yang lokasinya tidak jauh dari tugu jam yang terletak di tengah pasar. Kalau Anda dan keluarga tipe yang suka kuliner blusukan, tempat ini sih cocok banget.

Saman Islam sendiri sudah berjualan lebih dari 30 tahun dan rasanya sebanding banget dengan harga yang dibayarkan. Saat singgah ke sini, Mama bisa mencicipi tom yum seafood, nasi goreng kepiting, atau aneka pilihan menu mie khas Thailand. 

  • Waktu operasional: Sabtu – Minggu, pukul 09.00 – 18.00
  • Alamat: Section 16, soi 24, Chatuchak Weekend Market, 251 Phahonyothin Rd, Chom Phon, Chatuchak, Bangkok

Itinerary Bangkok: Hari Ke-3

1. Brunch di Holiday Pastry

Nah, biar nggak bosan dengan local food yang rasanya cenderung asam dan berempah, Mama bisa menjadwalkan untuk brunch di Holiday Pastry. Menurut rekomendasi warga lokal, cafe yang satu ini adalah salah satu tempat nongkrong wajib coba.

Mereka menyediakan aneka pastry, pie, cake, dan dessert. Tapi ada juga pilihan pasta dan makanan berat lain yang siap mengisi energi sebelum lanjut jalan-jalan. 

Salah satu menu yang paling direkomendasikan adalah O.M.G. Pie yang memadukan oatmeal crust dengan krim custard vanilla sebagai isiannya.

  • Waktu operasional: Setiap hari, pukul 10.00 – 18.00
  • Alamat: 240 Charoen Nakhon 10 Alley, Khlong San, Bangkok 10600

2. Mengunjungi Jim Thompson House Museum

Para penikmat fesyen pasti tahu dong dengan kain sutera Thailand? Selain terkenal dengan motifnya yang cantik, kualitas sutera Thailand memang salah satu yang terbaik.

Di Jim Thompson House Museum, Anda bisa menemukan beragam koleksi kain sutera maupun benda-benda antik milik James H.W. Thompson, kolektor dan pengusaha yang dijuluki sebagai “Thai Silk King”.

Jim Thompson sendiri adalah pria asal Delaware, AS, yang menjadi relawan saat PD II. Ketika ditugaskan ke Thailand, ia jatuh cinta dengan Thailand dan memutuskan untuk menetap. 

  • Waktu operasional: Setiap hari, pukul 10.00 – 18.00
  • Alamat: 6 Kasem San 2 Alley, Wang Mai, Pathum Wan, Bangkok
  • HTM: Dewas THB200 (sekitar Rp85.000), pengunjung di bawah 22 tahun THB100, dan gratis untuk anak berusia di bawah 10 tahun

3. Makan Siang di Yana Restaurant 

Untuk menutup perjalanan di Thailand kali ini, Mama bisa singgah ke Yana Restaurant yang berlokasi di lantai 5 pusat perbelanjaan MBK Center.

Restoran ini menghidangkan berbagai pilihan makanan halal yang memadukan cita rasa Thailand dan western food. Semuanya menggiurkan dan pasti bikin Mama bingung mau cobain yang mana.

  • Waktu operasional: Setiap hari, pukul 10.30 – 21.00 
  • Alamat: MBK Center, 5A – 05 444 Phaya Thai Rd, Wang Mai, Pathum Wan, Bangkok

Sekian panduan itinerary Bangkok yang dijamin kids and Muslim friendly. Nah, karena bepergian dengan anak, Mama harus selalu ingat untuk memastikan kenyamanan mereka supaya tetap happy dan nggak mudah cranky, ya.Selain memastikan mereka mendapat istirahat yang cukup, pastikan juga Mama membawa perlengkapan traveling yang proper untuk si kecil. Tenang, semuanya bisa Anda temukan di Mamasewa dengan harga yang terjangkau. Selain itu, ada banyak produk yang bisa Mama pilih sesuai kebutuhan. Untuk lihat koleksi lengkapnya, kunjungi www.mamasewa.com.

Tinggalkan Balasan