Setelah melahirkan dan saat menyusui, salah satu hal yang amat penting untuk Mama perhatikan adalah soal makanan. Sebab, ada beberapa makanan untuk ibu melahirkan dan menyusui yang memberikan manfaat dan nutrisi maksimal. 

Apalagi dalam masa itu, Mama membutuhkan lebih banyak asupan energi harian daripada sebelumnya. Selain itu, setiap makanan yang ibu konsumsi, akan berdampak pada nutrisi Air Susu Ibu atau ASI. 

Image by Freepik

Inilah yang membuat pemilihan makanan harus diperhatikan. Lantas, apa saja makanan yang bagus untuk ibu habis melahirkan dan sedang menyusui itu? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini!  

Inilah Daftar Makanan untuk Ibu Melahirkan dan Menyusui 

Sebagai referensi, inilah beberapa makanan yang bagus untuk ibu menyusui dan setelah melahirkan: 

1. Ikan Salmon 

Salmon adalah salah satu jenis ikan yang memang sudah terkenal akan manfaatnya yang luar biasa untuk kesehatan. Tidak heran kalau kemudian ikan juga menjadi salah satu makanan terbaik selama masa menyusui dan setelah melahirkan. 

Di dalam ikan salmon terdapat kandungan DHA yang baik untuk perkembangan saraf bayi. Selain itu, bagi Mama DHA juga bisa memberikan efek pencegahan depresi setelah proses persalinan selesai. 

Meski bermanfaat, Mama harus tetap memperhatikan batas konsumsinya. Sebaiknya, batasi konsumsi salmon tidak lebih dari 12 ons setiap minggunya. Ini bertujuan agar meminimalisir si kecil terpapar merkuri. 

2. Jeruk dan Apel 

Selanjutnya ada buah jeruk dan apel yang kaya dengan nutrisi baik untuk ibu menyusui. Vitamin C yang sangat tinggi di buah jeruk bisa membantu meningkatkan daya tahan Mam dan menambah energi setelah melahirkan.

 

Image by Pexels

Sementara itu, di dalam apel terdapat kandungan serat, gula, antioksidan, karbohidrat, dan kalori. Apel sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, kesehatan pembuluh darah, dan meminimalisir gangguan jantung. 

Dengan berbagai manfaat tersebut, apel dan jeruk bisa jadi cemilan untuk ibu menyusui yang sangat kaya akan nutrisi. 

3. Ubi Jalar 

Makanan untuk ibu melahirkan dan menyusui selanjutnya adalah ubi jalar. Di dalam ubi jalar terdapat karbohidrat dan berbagai vitamin yang baik untuk kesehatan. Karbohidrat sangat bermanfaat untuk menambah energi saat menyusui. 

Sementara itu, vitamin B kompleks, vitamin C, magnesium, dan kalium bermanfaat untuk memberikan asupan nutrisi yang optimal untuk ibu hamil. Untuk menikmati ubi jalar, Mama bisa mengolahnya dengan cara dikukus. 

4. Produk Olahan Susu 

Susu dan berbagai produk olahannya seperti keju dan yoghurt juga bisa menjadi asupan yang baik pasca melahirkan dan saat menyusui. Manfaat yang bisa Mam peroleh adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, juga bermanfaat untuk mengoptimalkan kesehatan tulang. Berbagai manfaat ini berasal dari kandungan vitamin D dan juga kalsium. 

Apalagi nutrisi ini pun bisa terserap dan masuk ke dalam ASI. 

Artinya, si kecil pun bisa mendapatkan manfaat yang besar kalau Mama mengonsumsi susu dan berbagai produk olahannya.  Makanan untuk ibu melahirkan dan menyusui ini juga mudah ditemukan.

5. Sayuran Hijau 

Daftar makanan sehat untuk ibu menyusui selanjutnya adalah sayuran hijau. Sayur memang memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Seperti kalsium, vitamin A, vitamin C, antioksidan, serat, dan zat besi. 

Berbagai nutrisi tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran badan setelah melahirkan dan selama masa menyusui. Mama pun bisa terhindar dari permasalahan pencernaan seperti sembelit.

 

Image by Pexels

Tidak hanya itu, sayuran hijau juga sangat baik untuk mencegah anemia pada ibu dan bayi. Beberapa sayuran hijau yang bisa dikonsumsi adalah sawi, bayam, brokoli, kubis, dan lain sebagainya. 

6. Kurma 

Mama bisa mengkonsumsi kurma setelah melahirkan dan selama proses menyusui karena besarnya kandungan manfaat dari buah ini. Di dalam kurma terdapat kandungan fosfor, zat besi, kalium, serat, dan magnesium. 

Berbagai nutrisi tersebut sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat Mama pasca melahirkan dan menyusui agar senantiasa sehat. Selain itu, kurma memiliki manfaat yang besar untuk produksi hormon prolaktin. 

Hormon prolaktin berperan besar untuk kelancaran produksi ASI. Inilah yang kemudian membuat kurma sangat baik untuk ibu yang sedang berada dalam masa menyusui. 

7. Daging Sapi 

Rekomendasi menu makanan untuk ibu habis melahirkan lainnya adalah yang berasal dari sapi. Daging sapi tanpa lemak sangat baik untuk Mam pasca melahirkan karena kandungan zat besi, protein, dan vitamin B12 di dalamnya.

 

Image by Pexels

Berbagai nutrisi tersebut bisa membantu pencegahan anemia dan defisiensi zat besi. Tidak hanya itu, nutrisi ini juga berperan baik untuk memberikan energi tambahan pada ibu pasca melahirkan.  

Bagian daging sapi yang baik untuk Mama konsumsi adalah bagian ujung sirloin, ganding atau paha luar, dan tanjung. Berbagai bagian tersebut terkenal akan kandungan lemaknya yang rendah sehingga jauh lebih sehat.. 

Pantangan Makanan untuk Ibu Menyusui 

Ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak Mama konsumsi ketika berada dalam masa menyusui. Pertama adalah makanan kalengan yang kandungan garam dan pengawetnya tidak baik untuk kualitas ASI. 

Selain itu, konsumsi makanan kalengan juga bisa menyebabkan beberapa masalah pencernaan seperti mual, muntah, diare, dan dehidrasi. Kedua, Mama juga sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan pedas selama menyusui. 

Pasalnya, makanan pedas akan memberikan dampak yang tidak baik pada kualitas ASI. Bahkan bisa berdampak pada si kecil seperti membuatnya kembung, diare, dan kolik. Ketiga, hindari juga makanan yang tidak matang sempurna atau mentah. 

Terakhir, makanan yang mengandung kafein, ikan laut dengan merkuri tinggi, dan parsley juga menjadi pantangan makanan busui yang harus Mama hindari. 

Itulah berbagai makanan untuk ibu melahirkan dan menyusui yang bisa Mama konsumsi. Selain menghindari pantangan dan memberikan asupan makanan yang baik, Mama juga harus banyak beristirahat dan jangan sampai kelelahan. 

Ini sangat penting agar kondisi badan senantiasa sehat dan bisa memberikan ASI yang berkualitas. Untuk mempermudah Mama setelah melahirkan, Mamasewa hadir sebagai solusi terbaik. 

Kami menyediakan banyak sekali perlengkapan yang bisa membantu kebutuhan Mama pasca melahirkan dan selama masa menyusui. Ada banyak sekali peralatan penting yang bisa Mama sewa. 

Seperti freezer ASI, breast pump, lactation massager, dan lain sebagainya. Dengan biaya sewa yang terjangkau, berbagai alat tersebut bisa Mama gunakan untuk aktivitas harian. 

Selain itu, Mama pun juga tidak perlu khawatir soal higienitas perlengkapan ibu dan anak yang kami sediakan. Pasalnya, staff Mamasewa.com akan senantiasa memastikan peralatan bersih dan siap pakai setiap harinya. 

Kami pun juga akan melakukan quality control setiap barang tersebut akan dikirim. Jadi jangan khawatir akan keselamatan dan penggunaannya. Kami juga menawarkan kemudahan transaksi yang cepat, praktis, dan fleksibel. Ada banyak sekali opsi metode pembayaran yang bisa Mama dan Papa pilih sesuai kebutuhan. Jadi tunggu apalagi? Untuk pemesanan dan katalog lebih lanjut, silahkan kunjungi https://mamasewa.com/product-cat/for-mom/ sekarang juga.

Tinggalkan Balasan