Cloth Diaper (Clodi) – Popok sekali pakai atau disposable diapers? Sudah biasa! Yap, popok menjadi salah satu kebutuhan yang paling wajib dimiliki saat si kecil sudah hadir.

Fungsinya tentu saja untuk meresap cairan agar tidak bocor. Biasanya, popok sekali pakai mengandung gel peresap yang mampu menahan cairan lebih banyak sehingga tidak perlu sering diganti. Selain itu popok bayi juga membuat kulit bayi tetap kering dan nyaman. 

Namun kalau dihitung-hitung, popok sekali pakai bisa jadi lebih boros lho! Selain itu, kalau dilihat dari isue lingkungan, popok sekali pakai juga sulit diuraikan! Oleh karena itu, hadirlah pilihan popok lainnya yang memiliki fungsi sama namun ramah lingkungan juga ramah di kantong, yaitu cloth diaper (clodi).

Secara fungsi mirip dengan popok kain, clodi bisa digunakan berulang kali karena bisa dicuci ulang. Namun yang membedakannya dengan popok kain adalah clodi dilengkapi dengan pad yang bisa menyerap cairan. Jadi, bisa digunakan lebih lama, ketimbang popok kain yang harus segera diganti ketika si kecil buang air.

Clodi digadang-gadang bisa jadi solusi yang tepat untuk membantu finansial keluarga lho karena lebih hemat dibandingkan penggunaan popok sekali pakai! Karena kalau dihitung-hitung pengeluaran untuk popok sekali pakai emang lumayan banyak juga ya, Mam.

Setidaknya si kecil perlu ganti popok setiap 3-4 jam sekali, artinya butuh 6-8 popok sehari. Lumayan juga ya Mam kalau dikalkulasikan untuk kebutuhan popok sebulan!  

Selain soal penghematan, clodi memiliki bentuk yang lebih efisien dan sangat baik digunakan oleh si kecil ketika dilihat dari segi kesehatan ataupun keamanannya. Tapi apalagi sih kelebihan lainnya yang dimiliki oleh clodi? Ini bisa jadi pertimbangan untuk Mama untuk beralih ke jenis popok yang satu ini? Mamasewa siap membagikannya untuk Mam! 

1. Mengurangi Resiko Iritasi Pada Si Kecil

cloth diaper (clodi)
Photo by Laura Ohlman on Unsplash

Cloth diaper menjadi salah satu popok yang dapat membantu mengurangi iritasi pada kulit bayi. Iritasi yang sering diakibatkan dalam penggunaan popok yang salah biasanya dalam bentuk ruam dan timbul karena gesekan antara bahan diaper dengan kulit si kecil.

Sementara itu, clodi dapat memperkecil kemungkinan terjadinya iritasi karena dibuat dari bahan yang tidak mengandung unsur kimiawi juga lebih lembut di kulit sehingga lebih aman dan nyaman untuk digunakan.

2. Clodi Memudahkan Mama Mengajarkan Toilet Training

Dengan adanya clodi, secara tidak langsung si kecil jadi lebih mudah mempelajari toilet training sejak dini lho, Mam!

Ketika si kecil merasa celananya basah, ia akan memberikan sinyal pada Mama terlebih dahulu untuk membersihkan dan mengganti popoknya. Nah, disinilah Mama bisa mengajarkan untuk mengenalkan buang air di toilet.

Dengan begitu si kecil akan lebih mudah mengerti dan menyadari kapan waktunya dia membutuhkan toilet untuk buang air kecil atau besar. 

3. Menghemat Pengeluaran Bulanan Pastinya

cloth diaper (clodi)
Photo by Damir Spanic on Unsplash

Yap, hal ini tidak bisa dipungkiri. Meski Mama perlu berinvestasi di awal karena harus menyiapkan beberapa stok clodi untuk digunakan, tapi jika dibandingkan dengan popok sekali pakai, clodi tetap lebih hemat biaya. Hal ini karena clodi dapat dicuci dan digunakan kembali sekalipun sudah basah oleh si kecil.

Ukurannya pun dapat Mama sesuaikan dengan ukuran badan si kecil juga. Sehingga, Mama tidak perlu sering membeli Clodi yang baru untuk digunakan oleh si kecil ketika ia sudah mulai bertumbuh besar. Hemat kan?

4. Lebih Aman, Tanpa Bahan Kimia

Dibandingkan dengan popok sekali pakai, clodi cenderung lebih aman dan tidak membahayakan si kecil . Karena popok satu ini tidak menggunakan bahan kimia dalam pembuatannya sekalipun melalui proses bleaching

Bahannya yang bebas dari kimia ini akan membantu anak Mama tetap dalam keadaan aman, termasuk kesehatan kulitnya. 

5. Ramah Lingkungan

cloth diaper (clodi)
Photo by Padmavathi Ashok Kumar on Unsplash

Sudah pasti Mama membutuhkan lebih dari satu popok sekali pakai setiap harinya bukan? Bayangkan ada berapa banyak Mama di dunia ini yang menggunakan popok sekali pakai untuk anaknya!

Sulit dibayangkan, tapi sudah pasti popok sekali pakai ini bisa menjadi penyebab pencemaran lingkungan. Mulai dari penumpukan sampah hingga penyebaran bakteri bisa menjadi isue lingkungan. Karena, popok sekali pakai cenderung sulit terurai saat di dalam tanah. 

Oleh karena itu, clodi dianggap sebagai solusi yang tepat untuk ramah lingkungan. Karena serat alami di dalamnya, membuat clodi lebih aman untuk digunakan. Bahkan Mama juga bisa mewariskannya pada anak selanjutnya lho. Selama kondisinya masih layak!

Tapi sekalipun sudah rusak, clodi juga dapat terurai secara lebih mudah. Jadi selain sayang bumi, juga lebih disayang suami kan Mam karena lebih hemat!

Berikut ulasan seputar penggunaan clodi. Gimana apakah Mama tertarik untuk mencobanya? Banyak clodi yang bisa ditemukan di luar sana. Mulai yang harganya super murah sampai yang lumayan mahal. Apapun pilihan Mama, pastikan Mama memilih yang kualitasnya baik dan aman untuk si kecil ya. Hemat sih sah-sah aja, tapi juga nggak gitu-gitu amat, Mam! HAHAHA.

Bagaimanapun berikan kualitas yang baik untuk si kecil. Sama halnya dengan menyewa peralatan dan perlengkapan si kecil di Mamasewa. Selain bikin kantong aman dan tenang, kualitas produk yang ditawarkan di Mamasewa gak main-main lho mam!

Mulai dari mainan, stroller hingga pompa ASI semuanya tersedia lengkap disini. Menariknya, Mama bisa menyewanya sesuai kebutuhan tanpa perlu merogoh kantong dalam untuk membeli semua perlengkapan ini. Barang yang tersedia pun berasal dari berbagai brand ternama yang sudah teruji secara kualitas. Penasaran seperti apa? Yuk simak pilihan lengkapnya disini ya mam!

Tinggalkan Balasan