Memberikan ASI secara langsung pada si kecil menjadi idaman semua Mama. Akan tetapi, ada beberapa kondisi yang membuat Mama harus coba teknik menyusui lain seperti pompa ASI. Pompa ASI pun ada tips memompa ASI agar melimpah.

Image by Freepik

Karena tak jarang Mama yang menggunakan alternative ini kurang memahami cara memompanya, apalagi jika keluar ASInya hanya sedikit-sedikit. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika Mama memperhatikan tips memompa ASI supaya melimpah.

Tips Memompa ASI agar Melimpah

Kutipan dari berbagai informasi sumber menyimpulkan frekuensi menyusui yang baik yaitu minimal 8 hingga 12 kali dalam sehari. Frekuensi untuk bayi mengkonsumsi ASI secara eksklusif.

Oleh sebab itu, ada beberapa tips yang perlu Mama perhatikan agar memompa ASI berhasil melimpah. Berikut beberapa tips untuk para pejuang pemompa ASI untuk si kecil :

1. Mengatur Jadwal

Tips memompa ASI agar melimpah pertama dengan mengatur jadwal. Mulai sekarang Mama perlu konsisten dengan tepat waktu, hal itu juga berdampak agar payudara Mama tidak bengkak.

Image by Freepik

Jika tidak mengatur waktu dengan tepat, maka bisa saja akan mengurangi produksi ASI. Oleh sebab itu, alangkah lebih baik jika Mama memompa ASI dengan kurun waktu 2 hingga 3 jam sekali.

Sehingga, dalam sehari setidaknya akan memompa 8 hingga 12 kali termasuk pada tengah malam. Mama bisa mengatur jadwalnya dengan tepat, semisal jam 7 pagi, jam 11 pagi, jam 1 siang dan kelanjutannya.

2. Memompa ASI setelah Menyusui

Memompa ASI setelah selesai menyusui juga bisa menjadi tips memompa ASI agar melimpah. Setelah menyusui langsung biasanya stok ASI pada payudara akan kosong. Tapi, akan kembali terisi ketika Mama memompanya.

Mama bisa memompa ASI saat si kecil sudah merasa kenyang ketika selesai menyusui secara langsung. 

Lakukan cara tersebut secara rutin setelah proses menyusui, sehingga tubuh Mama akan terbiasa untuk memproduksi ASI lebih banyak.

3. Sering Memompa ASI pada Malam Hari

Melanjutkan cara memompa ASI agar hasilnya banyak dari poin pertama, maka sering memompa ASI pada malam hari juga bisa Mama gunakan. Sering memompa ASI apalagi malam hari memicu produksi ASI yang tinggi.

Dengan memicu produksi yang tinggi, maka mampu meningkatkan produksi ASI yang akan keluar. Hal ini karena malam hari tubuh Mama sedang berada pada titik relaksasi, terutama tengah malam hingga sepertiga malam.

4. Gunakan Teknik Pompa Ganda

Teknik pompa ganda juga termasuk dalam tips memompa ASI agar melimpah. Apalagi jika Mama sibuk dan sulit mencari waktu, teknik pompa ganda bisa sangat membantu dalam memenuhi ASI si kecil.

Untuk alatnya, Mama perlu mempersiapkan bra khusus memompa ASI ganda. Alat ini terjual bebas di pasaran. Selanjutnya, Mama bisa menggunakan cara memompa ASI ganda pada mode pompa elektrik.

Jika pompa ASI tidak memiliki mode pompa ganda, Mama bisa menggunakan teknik pompa manual pada payudara yang lain. Tidak hanya itu saja, dengan teknik ini bisa membantu mempermudah aktifitas Mama ketika sibuk bekerja.

5. Memijat Payudara

Berikutnya tips agar memompa ASI dapat banyak yaitu dengan memijat payudara. Memijat payudara ini mampu membantu Mama dalam meningkatkan produksi ASI. Mama bisa melakukan pijat ini sebelum dan selama proses pemompaan ASI.

Akan tetapi, sebelum itu kompres payudara dengan handuk yang sudah terendam air hangat selama dua menit sebelumnya. Hal ini banyak orang percaya dapat menstimulasi produksi ASI yang lebih banyak lagi.

Jika sudah seperti itu, Mama bisa langsung melakukan pemijatan pada payudara secara perlahan. Perlahan dengan menekan-nekannya secara lembut tepatnya pada area sekitar puting.

6. Melakukan Power Pumping

Bila Mama sudah mengetahui dan mengenal cara memompa ASI yang benar. Kini saatnya Mama menggunakan power pumping untuk merealisasikan tips memompa ASI supaya melimpah.

Image by Pexels

Perlu Mama tahu bahwa power pumping ini berbeda dengan waktu ideal memompa ASI. Tekniknya untuk merangsang payudara agar memperbanyak volume produksi ASI.

Caranya terbilang sederhana, hanya dengan memompa ASI selama 20 menit tanpa henti. Boleh istirahat selama sepuluh menit setelah 20 menit berlalu. Kemudian selanjutnya untuk memompa lagi selama 10 menit dan bisa istirahat lagi.

Lakukan hal itu selama satu jam, dan lakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Rutin dalam arti satu jam setiap harinya atau selama tiga hari tanpa menghilangkan jadwal memompa yang normal.

7. Memerah sambil Menyusui Bayi

Cara memompa ASI agar ASI melimpah yaitu dengan memerah payudara sambil menyusui bayi. Artinya jika kamu menyusui bayi sebelah kanan, cobalah untuk memerah payudara sebelah kiri dan sebaliknya.

Memerah payudara sambil menyusui bayi ini dapat meningkatkan produksi ASI yang Mama miliki. Biasanya memerah payudara akan bisa mengeluarkan ASI lebih deras.

8. Mempertahankan Pola Makan Sehat

Sering kali Mama lupa jika ASI berasal dari makanan yang Mama konsumsi. Oleh sebab itu, tips memompa ASI supaya melimpah yaitu tetap mempertahankan pola makan yang sehat.

Image by Freepik

Ingat selalu untuk mengkonsumsi makanan agar ASI melimpah yang cukup kalori dan minum air putih agar tidak terhidrasi. Selain itu, Mama bisa mengkonsumsi jus buah dan susu untuk membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Gizi makanan yang sehat dan baik tersebut akan membantu menjaga suplai susu si bayi dengan sehat. Tambahkan pula beberapa bahan-bahan alami seperti daun bayam, buah bit, pepaya muda dan lain untuk penambah ASI atau ASI booster.

9. Memilih Pompa ASI yang Berkualitas Baik

Selain dari asupan gizi makanan yang Mama harus diperhatikan, memilih alat pompa yang berkualitas juga menjadi tips memompa ASI supaya melimpah. Mama bisa menyesuaikan alat pompa ASI dengan ukuran payudara masing-masing.

Tidak hanya itu saja, ketika memilih pompa ASI yang hendak Mama gunakan, perhatikan kecepatan alat saat proses pemompaan. 

Sekaligus pastikan kembali bahwa alat bersih dengan komponen yang mudah untuk diperbaiki atau diganti ketika rusak.

10. Menghindari Stress

Sepuluh tips memompa ASI supaya melimpah yaitu dengan Mama yang menghindari stress. Stres ini bisa menjadi musuh utama bagi ibu yang menyusui. Oleh sebab itu, sangat perlu untuk Mama hindari.

Tentunya penyebab stress ada beraneka ragam, salah satunya yang paling umum untuk ibu menyusui yaitu membandingkan dirinya dengan orang lain. Padahal, dalam proses menyusui kepercayaan diri merupakan kunci utama.

Mama tidak perlu rendah diri ketika ada temannya yang bisa mendapatkan lebih banyak ASI saat memompa. Percayalah bahwa Mama usaha dengan baik, pasti hal tersebut juga akan Mama rasakan.

Itulah tips memompa ASI agar melimpah yang bisa Mama dapatkan mulai dari makan yang sehat, mengatur jadwal hingga memilih alat yang tepat. Untuk mendapatkan perlengkapan dan peralatan yang tepat bisa ke Mamasewa.com.

Ada banyak pilihan alat pompa ASI yang bisa Mama pilih dengan harga sewa yang murah di Mamasewa, cukup kunjungi https://mamasewa.com/product-cat/for-mom/. Walaupun murah, jaminan bersih dan aman bagus untuk Mama dan si kecil.

Tinggalkan Balasan