Tips Menyusui Setelah Operasi Caesar – Ketika wanita harus melahirkan melalui operasi caesar sesuai rencana atau darurat karena suatu kondisi, mungkin akan mempengaruhi proses menyusui sang ibu nantinya. Tentunya dalam hal ini akan mempersulit ibu menyusui karena sayatan perut kemungkinan akan terasa sakit. Namun bukan berarti mama tidak bisa menyusuinya si kecil nantinya. Dengan dukungan dan teknik yang tepat, mama yang baru melahirkan bisa menyusui setelah operasi caesar dengan baik dan nyaman.

Bagi beberapa ibu, menyusui setelah menjalani operasi caesar mungkin menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Untuk mengatasinya, ada beberapa tips menyusui setelah operasi caesar yang bisa Mama terapkan.

tips menyusui setelah operasi caesar
Photo by Zach Lucero on Unsplash

1. Menyusui sesegera mungkin

Apabila situasi mendukung dan memungkinkan, mama bisa segera menyusui setelah melakukan operasi caesar. Jika efek anestesi umum masih terasa dan membuat gugup, para ahli menyarankan menyusui dapat dilakukan saat ibu sudah lebih tenang.

Sementara menunggu hal tersebut, ibu dan bayi dapat menghabiskan waktu untuk skin to skin terlebih dahulu dan dapat meletakkan bayi di payudara jika memungkinkan untuk mengajarkan kegiatan menyusu pada bayi.

2. Tentukan posisi

Tips menyusui setelah operasi caesar yang berikutnya bisa mama lakukan adalah menentukan posisi yang tepat. Mintalah bantuan pada perawat dan konsultan laktasi untuk memosisikan bayi dengan tepat. Dengan begitu, mama dapat melindungi bekas sayatan operasi caesar, menyusui dengan nyaman, sekaligus menjaga agar saluran infus serta alat pendeteksi tekanan darah tidak terganggu.

3. Usahakan untuk sering menyusui

tips menyusui setelah operasi caesar
Photo by Dave Clubb on Unsplash

Meski lelah dan sakit, menyusui dengan sering setidaknya 1 sampai 3 jam dalam sehari bisa menjadi faktor kesuksesan menyusui sejak dini untuk si kecil.

4. Menggunakan pompa ASI

Tips menyusui setelah operasi caesar yang bisa mama lakukan berikutnya adalah menggunakan pompa ASI. Apalagi jika mama tak dapat berlama-lama bersama bayi, maka perlu untuk memompa air susu ibu (ASI) setiap dua hingga tiga jam untuk merangsang produksi ASI untuk sang buah hati.

5. Manfaatkan waktu ekstra di rumah sakit

Ibu yang melahirkan secara caesar, dapat menghabiskan lebih banyak waktu di rumah sakit dibandingkan secara normal. Mama dapat memanfaatkan kesempatan lebih banyak bersama staf rumah sakit dan konsultan laktasi untuk mendapat perawatan serta informasi terkait tindakan apa saja yang wajib dilakukan selama menyusui di rumah nanti.

Oleh karena itu, jangan sungkan untuk menanyakan dan mempelajari semuanya agar mama lebih siap, nyaman, dan percaya diri untuk merawat bayi meskipun nanti sudah pulang ke rumah.

6. Jangan sungkan untuk meminta bantuan

Minggu awal di rumah setelah melahirkan akan menjadi fase yang merepotkan untuk mama. Apalagi jika mama memiliki anak-anak lainnya yang wajib diurusi. Oleh karena itu, jangan ragu untuk meminta bantuan pada saudara, keluarga, atau pasangan selama masa-masa tersebut untuk memastikan mama dapat tetap menyusui dengan benar. 

Nah, seperti apa sih posisi yang tepat untuk ibu menyusui pasca operasi caesar?

tips menyusui setelah operasi caesar
Photo by Dave Clubb on Unsplash

1. Menggunakan breastfeeding pillow untuk memudahkan proses menyusui

Jika tubuh belum sepenuhnya pulih, cobalah untuk menyusui dengan posisi duduk. Hal ini dapat dilakukan untuk mengurangi gesekan yang mungkin terjadi selama proses menyusui dengan menggunakan bantal khusus menyusui. Bantal menyusui atau breastfeeding pillow akan membantu menopang sang buah hati, sehingga si kecil bisa langsung didekatkan ke payudara mama.

2. Menyusui dengan posisi berbaring

Posisi selanjutnya yang bisa mama terapkan saat menyusui sang buah hati adalah posisi berbaring menghadap ke samping. Jika mama masih berada di rumah sakit, mintalah bantuan perawat untuk membaringkan si kecil ke sebelah. Gunakan bantal yang empuk dan lembut untuk memudahkan bayi. Mama juga dapat mendekap si kecil dengan penuh kasih sayang agar sang buah hati dapat mengenal sentuhan tangan mama.

3. Bersandar dengan menaruh bantal untuk menyangga punggung ibu

Jika punggung masih terasa sakit, maka cobalah untuk menyusui dengan bersandar di sofa. Mama bisa menggunakan bantal yang empuk untuk menyangga punggung, sehingga mama dapat menyusui dengan nyaman dan aman. Mama bisa menggendong bayi dengan meletakkannya di atas bantal dan menyusui dengan cara biasanya.

4. Menyusui dengan menggunakan posisi football hold

tips menyusui setelah operasi caesar
Photo by Omar Lopez on Unsplash

Mungkin posisi menyusui satu ini cukup asing di telinga ibu yang baru melahirkan. Namun, posisi football hold atau juga disebut clutch hold merupakan salah satu posisi menyusui yang paling disarankan untuk ibu baru terutama untuk operasi caesar karena bayi tidak akan menyentuh daerah luka. Dinamakan football karena mama akan memegang bayi layaknya memegang bola football.

Tentu saja, yang terpenting dalam menyusui sang buah hati adalah kenyamanan ibu dan si kecil. Oleh karena itu, mama bisa menyesuaikan berbagai tips dan posisi yang tepat untuk menyusui nantinya. 

Selain itu untuk menunjang pertumbuhan si kecil nantinya di masa tumbuh dan kembangnya, mama juga bisa mempersiapkan berbagai perlengkapan serta kebutuhan untuk sang buah hati. Tidak perlu membeli semuanya karena saat ini mama bisa menyewa berbagai perlengkapan untuk si kecil di Mamasewa.com. Selain banyak pilihan yang bisa mama pilih, mama tidak perlu merogoh kantong yang dalam untuk mendapatkan semuanya ini. Penasaran seperti apa pilihan menarik untuk perlengkapan si kecil di Mamasewa.com? Yuk cek sekarang juga di sini!

Leave a Reply