Tips Memilih Gendongan Bayi – Gendongan tidak hanya berguna untuk membantu mama beraktivitas sambil tetap merawat bayi, namun juga bisa digunakan untuk membantu menenangkan bayi ketika menangis, meningkatkan kemampuan bayi mempelajari hal baru, serta mempererat ikatan antara mama dan si kecil. 

Memilih gendongan bayi yang tepat tidak dapat dianggap sepele lho, Mam! Karena jika mama salah memilih, dapat mengganggu tumbuh kembang dari sang buah hati. Oleh karena itu, sebelum membeli gendongan bayi ada beberapa tips penting yang perlu mama perhatikan. Apa saja? Ini dia, tips memilih gendongan bayi yang aman dan nyaman untuk si kecil!

1. Memilih tipe gendongan sesuai usia

Ada beberapa jenis gendongan bayi yang umum digunakan dan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mama agar bayi dalam gendongan tetap aman dan nyaman. Apa aja sih? Berikut penjelasannya!

  • Kain Gendongan
    Jenis gendongan ini tidak asing lagi di Indonesia. Kain gendongan atau biasa disebut ‘cukin’, bisa berupa sarung atau kain tradisional lain. Selain untuk menggendong bayi, mama juga bisa menyusui bayi dengan nyaman menggunakan kain gendongan ini.
  • Gendongan Selempang
    Gendongan selempang (sling carrier) biasanya berbahan dasar kain katun atau linen. Jenis ini memiliki bentuk yang mirip dengan kain gendongan. Namun bedanya, gendongan ini memiliki dua tali penopang yang bisa disesuaikan dengan kenyamanan mama dan si kecil. Selain memudahkan dalam proses menyusui, gendongan ini juga membuat bayi tetap hangat ketika berada dalam dekapan ibu.
  • Gendongan Depan
    Gendongan depan (front carrier) agak berbeda dengan dua gendongan sebelumnya karena gendongan ini memungkinkan mama untuk menggendong si kecil dalam posisi duduk karena ada bantalan untuk menopangnya. Jenis ini memiliki bentuk seperti tas ransel yang menghadap ke depan.
  • Gendongan Belakang
    Gendongan belakang (backpack carrier) adalah gendongan yang digunakan seperti tas ransel. Jenis ini biasanya digunakan untuk mama yang akan beraktivitas lama. Gendongan belakang cocok digunakan untuk bayi yang sudah berusia 1 tahun.

2. Sesuaikan dengan ukuran bayi

tips memilih gendongan bayi
http://unsplash.com

Tips memilih gendongan bayi yang aman selanjutnya adalah memilih gendongan yang sesuai dengan ukuran tubuh, umur, dan berat badan bayi. Jangan sampai gendongan terlalu longgar atau terlalu ketat, karena dapat mengganggu perkembangan tubuh bayi.

3. Pastikan gendongan aman dan kokoh

Usahakan gendongan yang digunakan aman dan kokoh, khususnya untuk jenis gendongan depan dan belakang. Selain untuk keamanan si kecil saat digendong, juga agar gendongan bayi tahan lama. Sebelum membeli, mama harus memastikan kekuatan dudukan bayi dan tali penopangnya terlebih dahulu.

4. Pastikan gendongan nyaman digunakan

tips memilih gendongan bayi
http://unsplash.com

Pastikan gendongan yang digunakan nyaman untuk segala kebutuhan, khususnya menyusui. Jangan lupa, mama juga memilih gendongan yang terbuat dari bahan yang tidak terlalu tebal dan mudah dicuci ya!

Selain memahami jenis dan cara memilih gendongan yang tepat, ada beberapa hal penting yang harus mama perhatikan sebelum menggunakan gendongan ini mulai dari berlatih menggunakan gendongan agar membuat mama merasa aman dan percaya diri sebelum menggendong sang buah hati. 

Nah, biar aktivitas mama dan si kecil makin menyenangkan, mama juga bisa mempersiapkan berbagai perlengkapan untuk kebutuhan si kecil termasuk mainan edukatif yang menarik dan bisa mama lakukan bersama dengan sang buah hati. Tidak perlu khawatir, karena saat ini mama tidak perlu merogoh kantong yang dalam untuk membeli mainan tersebut karena mama bisa menyewanya di Mamasewa.com. 

Tidak hanya membuat kantong aman, pilihan produk yang ada di Mamasewa.com bisa mama pilih sesuai di kantong dan pastinya aman untuk si kecil. Penasaran seperti apa? Yuk, buruan di cek sekarang mam!

Tinggalkan Balasan