Halo, Mama! Apakah Mama sedang mencari berbagai info seputar tips membeli perlengkapan newborn? Biar usai persalinan bisa mengasuh si Bayi dengan sepenuh hati dan penuh bahagia?

Wah, selamat, keren sekali, Ma! Ini menunjukkan kalau Mama sangat perhatian dengan si bayi dan siap untuk memberikan yang terbaik untuknya. Selama dalam asuhan Mama, pasti si bayi merasa bahagia lantaran diberi kasih sayang yang berlimpah. 

Oh ya, Ma, berbicara mengenai perlengkapan bayi baru lahir, banyak sekali yang perlu Mama beli. Mulai dari bedong bayi, bak mandi bayi, baju-baju bayi, popok, peralatan memerah ASI, hingga selimut. Selain itu, peralatan kesehatan si bayi perlu Mama beli, jaga-jaga jika si bayi ada masalah kesehatan di masa mendatang.

Ternyata, banyak sekali perlengkapan bayi newborn, ya, Ma? Saking banyaknya perlengkapan bayi ini, tak jarang bikin kepala pusing. Ingin membeli semua, tapi takut keuangan keluarga tidak mampu mencukupinya!

Tapi, tenang saja, Ma! Ada banyak cara untuk berhemat dalam membeli peralatan bayi baru lahir. Dengan menerapkan cara-cara ini, Mama bisa mengalokasikan keuangan keluarga sesuai dengan kebutuhan, Mama pun bisa mengirit banyak pengeluaran! Berikut beberapa tips membeli perlengkapan bayi newborn

1. Tips membeli pertama adalah membuat daftar perlengkapan bayi newborn 

tips membeli perlengkapan bayi newborn
Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Sebelum Mama pergi ke baby shop untuk membeli perlengkapan newborn baby, ada baiknya mulai dari trimester ketiga, Mama sudah membuat daftar barang-barang yang sekiranya bayi perlukan di masa-masa awal kelahirannya. 

Buatlah daftar secara rinci, mulai dari pakaian, popok, baju-baju bayi, hingga peralatan memerah ASI. Sehingga saat hendak membeli barang-barang, Mama tidak akan tergoda dan mengeluarkan uang secara berlebihan.

2. Tips kedua adalah menghitung jumlah perlengkapan newborn yang dibutuhkan

tips membeli perlengkapan bayi newborn
Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Belilah peralatan-peralatan bayi sesuai dengan kemampuan Mama, baik secara keuangan maupun tenaga. Misal, Mama hendak membeli baju si Bayi sebanyak 3 buah. Nah, usahakanlah jumlah baju yang dibeli sesuai kemampuan dan durasi Mama mencuci tiap baju.

Begitu pula dengan membeli botol susu, tentukan berapa kali Mama ingin membersihkannya secara rutin. Misal, Mama hendak membeli 3 botol susu untuk digunakan pada bayi dengan durasi makan 3-6 jam kali sehari. Dengan demikian, Mama tidak akan kerepotan dalam mencuci botol susu.

3. Membeli pakaian dengan ukuran 1 lebih besar dari yang seharusnya

Photo by Baby Natur on Unsplash

Bayi baru lahir tumbuh kembang dengan cepat, sehingga tak jarang pakaian yang baru dibeli hanya muat di bulan pertama pemakaian saja. Jadi, ada baiknya Mama membeli baju dengan ukuran 1 lebih besar dari yang seharusnya. Sehingga Mama bisa menghemat banyak biaya dan pengeluaran.

4. Tips membeli berikutnya adalah membeli diaper dengan teliti

tips membeli perlengkapan bayi newborn
Photo by Jamie Coupaud on Unsplash

Belilah diaper dengan ukuran newborn dan nomor 1. Karena ada kemungkinan bayi newborn memiliki tubuh yang besar, sehingga baju ukuran newborn tidak bisa dikenakan dalam waktu lama.

5. Membeli barang satu set atau dengan jumlah banyak

Photo by elliot verhaeren on Unsplash

Mama perlu tahu bahwa ada berbagai perlengkapan bayi newborn yang tersedia satu set atau dengan jumlah banyak, seperti baby wipes, diaper, sabun, shampoo, kaos kaki, dan sarung tangan. 

Untuk menghemat pengeluaran, Mama bisa membeli barang-barang ini di pusat perbelanjaan grosir. Pastikan barang-barang satu set yang dibeli sesuai dengan kebutuhan si bayi, ya, Ma!

6. Incar diskon, namun tetap berpatok pada daftar belanja

diskon
Photo by Tamanna Rumee on Unsplash

Mama bisa berburu diskon yang biasanya ada di pameran perlengkapan bayi atau belanja ketika sedang musim diskon. Belilah barang-barang si Bayi sesuai dengan daftar belanja Mama.

7. Tips membeli terakhir adalah menyewa perlengkapan bayi newborn

Sekilas tips terakhir ini terdengar aneh, namun percayalah, Ma. Menyewa perlengkapan bayi newborn yang termasuk kebutuhan sekunder dapat menghemat pengeluaran keluarga Mama. Mama pun bisa mengalokasikan keuangan untuk pos kebutuhan pokok si bayi secara optimal. 

Apa saja barang-barang yang perlu dipinjam dari tempat rental perlengkapan bayi? Barang-barang itu antara lain adalah alat penghangat botol susu, alat sterilisasi botol susu, kereta dorong, dan lain-lainnya.

Eits, Mama nggak perlu bingung. Mamasewa.com hadir sebagai solusi untuk para Mama yang ingin memberikan produk-produk terbaik bagi anak tercintanya, dengan tetap cerdas dalam mengelola keuangan keluarga. Di sini, Mama bisa menyewa peralatan mainan bayi dalam mingguan atau bulanan. Peralatan bayi milik Mamasewa.com pun bersih dan higienis, sehingga Mama tidak akan kecewa.

Itulah beberapa tips membeli perlengkapan bayi newborn. Bagaimana, Ma? Apakah Mama semakin siap untuk mengasuh si Bayi, kemudian menyambutnya dengan penuh kasih sayang dan cinta? 

Leave a Reply