Mengatur Keuangan Menjelang Kelahiran Anak – Kehamilan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh pasangan pengantin. Menanti kelahiran si buah hati tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi mama dan sang calon ayah. Segala persiapan pun dilakukan. Mulai dari mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh sang calon ibu semasa kehamilan hingga biaya pasca melahirkan. Berbicara  tentang masa kehamilan, tentu tidak sedikit dana yang harus mama keluarkan selama masa kehamilan tersebut.

Lalu bagaimana cara mengatur keuangan menjelang kelahiran anak serta bagaimana strategi tepatnya? Yuk, disimak Mam!

Biaya Perawatan Saat Hamil

mengatur keuangan menjelang kelahiran anak
Photo by Suhyeon Choi on Unsplash

Cara mengatur keuangan menjelang kelahiran anak yang pertama bisa mama lakukan adalah memperhatikan biaya perawatan ibu hamil. Ibu hamil memang membutuhkan perawatan untuk menunjang kesehatan dan keselamatan sang ibu dan sang bayi. Beberapa perawatan ibu hamil yang akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit itu adalah medical check up, ultrasounds, biaya gynecologist, suplemen dan nutrisi dan lain-lain. Untuk mengatasi biaya ini, mama juga bisa menggunakan polis asuransi kesehatan yang telah mama ambil ketika atau sebelum menikah.

Berbelanja Keperluan Bayi

Selain biaya perawatan, biaya lain yang perlu mama persiapkan juga adalah berbelanja keperluan bayi. Menjelang kelahiran bayi beberapa perlengkapan dan kebutuhan bayi seperti baju bayi, stroller, box bayi, aksesoris, dan lainnya adalah hal yang perlu disiapkan. Biaya ini tentunya akan membuat mama harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Nah, untuk mengatasi beban biaya ini pasangan keluarga baru bisa menggunakan berbagai hadiah yang diberikan dalam beberapa perlengkapan dari teman atau kerabat. Selain itu, mama juga bisa menyewa berbagai perlengkapan bayi yang ada salah satunya bisa mama dapatkan di Mamasewa.com. Tidak perlu merogoh kantong yang dalam untuk mendapatkan perlengkapan bayi yang terbaik di Mamasewa.com, karena mama dapat memilih sesuai dana yang dimiliki. Kantong aman, hati pun tenang!

Menuju Kelahiran Bayi

mengatur keuangan menjelang kelahiran anak
Photo by Eric Froehling on Unsplash

Menjelang hari-hari kelahiran sang buah hati, mama sudah harus bisa mempersiapkan segalanya. Mengatur keuangan menjelang kelahiran anak pun perlu diperhatikan. Hal-hal seperti biaya rumah sakit, persalinan dan lainnya merupakan sesuatu yang perlu disiapkan. Untuk biaya yang satu ini, mama juga bisa memanfaatkan pertanggungan asuransi kesehatan yang mama miliki. Untuk membantu menghemat uang yang sangat banyak dari biaya kelahiran hingga biaya rumah sakit, mama bisa melakukan konfirmasi dahulu tentang hal tersebut ke dokter kandungan dan anestesi sebelum kamu membuat appointment kelahiran. 

Kelahiran Sang Buah Hati

Saat sang buah hati lahir, tentu saja mama akan kembali mengeluarkan beberapa biaya lagi seperti biaya nutrisi bayi, mainan, popok, baby sitter hingga biaya upacara rasa syukur bayi dan lain sebagainya. Menurut beberapa penelitian, seorang pasangan bisa menghabiskan 3 – 5 juta dalam sebulan untuk biaya kelahiran bayi. Nah agar pengeluaran tidak menjadi besar secara tiba-tiba, mama bisa menyiasatinya dengan menggunakan tabungan yang seharusnya mama persiapkan sejak jauh-jauh hari.

Pentingkah Perencanaan Keuangan Sejak Awal Menikah?

Mengatur keuangan menjelang kelahiran anak
Photo by Micheile Henderson on Unsplash

Tentu saja sangat penting terutama jika mama masih tergolong pasangan baru yang memang berencana ingin memiliki anak dalam waktu dekat! Perencanaan keuangan memang wajib dalam segala keadaan dalam kehidupan ini termasuk dalam menghadapi kelahiran sang bayi.

Dalam hal ini, mama dan pasangan dan membicarakan serta mempersiapkannya di awal pernikahan. Dengan perencanaan dan budgeting yang telah tertata sejak awal, mama akan lebih mudah dan nyaman untuk mengeluarkan biaya-biaya di masa kehamilan tersebut. Hal tersebut tentu akan membantu mama terhindar dari tekanan dan stres mengenai dana yang harus dikeluarkan selama masa kehamilan tersebut. Karena, hal ini akan berperan besar di saat mama akan mengatur keuangan menjelang kelahiran anak nanti!

Tinggalkan Balasan