Setelah Nikita Willy, menyusul Olivia Allan dan Kiky Saputri yang berbagi cerita kehilangan mendalam pasca mengalami keguguran. Di artikel ini, Mamasewa akan membagikan tips untuk ibu yang s keguguran supaya bisa bangkit dari keadaan. Simak informasinya, Mam! 

Tips Memulihkan Kondisi Mental Pasca Keguguran

Ibu yang baru saja mengalami keguguran pasti mengalami hari-hari yang berat. Mulai dihantui rasa bersalah, penyesalan, hingga kehilangan yang mendalam. Tentu ini tak mudah, tapi Mama harus bangkit dan melanjutkan hidup. Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba.

1. Memberi Waktu untuk Berduka

Saat mengalami kehilangan, Mama boleh patah hati dan menangis. Mama tak perlu berpura-pura kuat seolah tidak ada yang terjadi. Itu semakin menyengsarakan. 

Maka dari itu, memberikan waktu untuk berduka kadang kala memang diperlukan untuk membantu Mama meregulasi emosi dan menerima keadaan.

Namun jangan lupa, selain memulihkan kondisi mental Mama juga butuh cukup istirahat untuk memulihkan tubuh. Kata orang, time will heal. 

2. Ambil Cuti dan Batasi Komunikasi

Tak masalah kalau Mama butuh waktu lebih panjang untuk menata hati dan pikiran. Jangan buru-buru beraktivitas berat seperti biasanya. 

Kalau Mama bekerja, ambil cuti beberapa hari agar bisa fokus merawat diri. 

Bahkan kalau Mama ingin menghindari komunikasi ‘basa-basi’ dengan orang lain, sampaikan pada suami kalau saat ini Mama sedang butuh waktu sendiri dan tidak ingin ditemui orang lain.  

3. Bersikap Baik pada Diri Sendiri

Di saat-saat seperti ini, mudah sekali bagi Mama untuk menyalahkan diri sendiri atas apa yang dialami. Tapi percayalah, ini bukan kehendak Mama dan semuanya terjadi atas ketentuan Tuhan.

Maka dari itu, bersikap baiklah pada diri sendiri. Begitu pula pada orang lain. Menyalahkan pasangan, dokter, atau pihak manapun tidak akan banyak membantu. Sebaliknya, berdamailah dengan keadaan dan diri sendiri ya, Mam.

BACA JUGA: SERUPA TAPI TAK SAMA, INI PERBEDAAN BABY BLUES DAN DEPRESI PASCA MELAHIRKAN

4. Tetap Jaga Pola Hidup Sehat dan Teratur

Meski Mama baru saja menghadapi pengalaman kehilangan yang traumatis, tetap saja hidup harus dilanjutkan. Itulah kenapa meski sedang berduka dan berusaha menerimanya, Mama tetap perlu menjaga kesehatan.

Usahakan untuk makan dan istirahat teratur agar kondisi fisik Mama segera pulih. Bahkan kalau sudah memungkinkan, cobalah untuk mulai berolahraga ringan. Aktif bergerak bisa membantu tubuh menghasilkan hormon yang memberikan rasa nyaman dan bahagia. 

5. Berusaha Membuka Diri

Dalam hal ini, Mama tidak sendiri. Mama boleh mengungkapkan apa yang Mama rasakan pada pasangan, anggota keluarga, maupun teman dekat Mama. Menyimpannya sendiri hanya akan menjadikannya seperti bom waktu.

Tak perlu berkecil hati saat ada orang yang menyuruh Anda buru-buru ‘move on’ atau mungkin memberi komentar bernada menyalahkan. Itu sebabnya cobalah bersikap terbuka. Kalau perlu, bergabunglah dengan komunitas atau berbagi cerita dengan orang yang memiliki pengalaman serupa.

Mam, itulah sekelumit tips yang bisa Anda coba saat mengalami keguguran. Semoga informasi di atas bisa membantu Mama bangkit dan bersemangat lagi. Namun, kalau kondisinya tak kunjung membaik bahkan menunjukkan gejala depresi, segera konsultasikan kondisi Mama dengan psikolog, ya! Sekian informasi dari Mamasewa. Selain bisa menemukan berbagai kebutuhan untuk si kecil, Mamasewa juga menyediakan perlengkapan penunjang kehamilan seperti prenatal education dan lactation massager.

Tinggalkan Balasan