Sewa kolam renang bayi bisa Mam manfaatkan untuk menambah kelincahan bayi. Pastinya bayi akan menggemaskan, bukan? Tapi untuk sebagian orang ini terlihat berbahaya, misal sakit atau cedera. Sebab budaya dalam negeri dan di luar negeri memang memiliki perbedaan yang kontras.

Kekhawatiran pun semakin meningkat di masa pandemi yang dianggap tidak efektif untuk pergi berenang. Padahal Mam, si kecil dapat meningkatkan fungsi motorik dan kognitifnya melalui aktivitas renang ini, lho. Renang bisa jadi hobi untuk bayi dengan latihan rutin dan tentunya di tempat yang aman.

Dokter spesialis anak, Fransiska Sri Susanti, mengungkapkan bahwa bayi dengan usia 2 bulan sudah bisa diajak berenang, tapi demi kesehatannya tidak dianjurkan menggunakan kolam renang umum. Mam yang tidak memiliki kolam renang di rumah bisa sewa kolam renang bayi. Apalagi saat ini sudah banyak persewaan kebutuhan bayi.

Cara Mengajak Bayi Berenang Pertama Kali

Tak perlu khawatir si kecil akan tenggelam, karena Mam bisa menggunakan ban berenang bayi (neck ring). Selain itu, sebenarnya setiap bayi yang berusia minimal 2 bulan sudah memiliki kemampuan alamiah untuk menggerakan kakinya di dalam air. Tentunya Mam harus mengisi kolam renang bayi dengan air hangat agar terasa nyaman.

Jangan langsung memasukkan bayi ke dalam kolam renang yang berbahan lembut seperti balon tiup yang tebal. Hal pertama yang perlu Mam lakukan adalah dengan memberikan pijatan ringan di seluruh tubuh bayi sebelum mengajaknya bermain air. Selanjutnya, pastikan bayi tidak rewel dan sentuhkan kakinya ke permukaan air.

Saat bayi sudah terlihat nyaman dan menggerak-gerakkan kakinya di permukaan air tersebut, barulah masukkan ke dalam kolam renang yang telah berisi air hangat dengan suhu 28 derajat celcius. Mam dapat menyaksikan secara langsung bahw bayi memiliki kemampuan untuk menggerakkan tangan dan kakinya saat berada di dalam kolam renang kecil tersebut.

Mam tetap harus berada di sekitarnya agar si bayi merasa lebih aman, dan ajaklah dia berbicara saat mulai terlihat ekspresi yang berubah-ubah di wajahnya. Kali pertama, bayi juga memiliki rasa takut, tapi saat Mam ada di dekatnya dan meyakinkannya, maka dia akan lebih menyukai aktivitas bermain air dengan cara berenang di dalam kolam mini.

Manfaat Sewa Kolam Renang untuk Bayi

sewa kolam renang bayi
sumber: Freepik

Sewa kolam renang bayi memang dapat menjadi solusi untuk melatih motorik dan kognitif bayi. Selain itu, Mam juga tidak perlu membelinya dan menjadi barang yang menumpuk di rumah setelah anak tidak lagi bayi. Hal ini tentu jauh lebih ekonomis dan efektif, karena harga sewa tentu lebih murah dibandingkan dengan membelinya.

Mam pasti akan mendapatkan banyak manfaat, juga untuk bayi yang memang memerlukan pelatihan saraf motorik dan kognitifnya sedari dini. Sebab, kecerdasan dapat dibentuk apabila bayi sudah terlihat aktif dan juga ceria. Berikut ini manfaat yang akan didapatkan jika Mam memberikan kesempatan kepada bayi untuk melakukan aktivitas berenang.

1. Fungsi Motorik dan Kognitif Bayi Meningkat

sewa kolam renang bayi
sumber: Freepik

Kedua saraf ini saling terhubung untuk mendukung kecerdasan anak sejak bayi, dan tentunya bayi Mam akan tumbuh menjadi lebih sehat dan juga aktif. Nantinya bayi Mam akan jauh lebih cerdas, dan memiliki kemampuan dalam membaca, berhitung, berbahasa, serta memiliki kemampuan akademik saat sudah bersekolah nanti.

Melalui aktivitas berenang sedari bayi, Mam akan melatih emampuan gerak tubuhnya, dan juga keaktifannya dalam meraih benda. Oleh karenanya, sewa kolam renang bayi sangat dianjurkan juga apabila bayi sudah semakin bertambah usianya dapat menambahkan berbagai jenis mainan yang memiliki warna cerah, agar bayi mau berusaha meraihnya.

2. Pola Tidur Bayi akan Lebih Baik

Sumber: Freepik

Ketika masih bayi memang memiliki pola tidur yang belum menentu, tapi dengan seiring bertambah usianya, bayi akan memiliki jam tidur. Namun, saat menginjak usia 1 tahun pertamanya, bayi mulai sulit untuk tidur siang. Padahal tidur siang dapat membantu pertumbuhan tubuh dan otaknya.

Berenang pakai kolam renang bayi yang disewa menjadi solusi agar Mam bisa membawa bayi berenang menjelang jam tidur siangnya. Ketika bayi melakukan renang, maka tubuhnya akan merasa lelah, tapi menyegarkan. Dengan begitu, bayi akan mudah untuk melakukan tidur siang. Napsu makannya pun turut bertambah, dan hal ini menunjang kesehatannya.

3. Sewa Kolam Renang Bayi Memberikan Ruang Berekspresi

sewa kolam renang bayi
sumber: Freepik

Melatih ekspresi kebahagiaan dan melatih control emosinya sejak bayi dapat Mam lakukan melalui aktivitas renang. Rasa percaya diri akan terlatih di diri bayi Mam, karena aktivitas renang akan memberikan sensasi yang berbeda. Kedekatan secara emosional dengan Mam juga akan terbentuk dengan sering melaukan aktivitas renang.

Mam jangan ragu lagi untuk melakukan sewa kolam renang bayi, karena manfaatnya akan luar biasa bagi tumbuh dan kembangnya. Mam yang berdomisili di Jabodetabek dan Bandung bisa menyewa di Mamasewa.com. Rental perlengkapan bayi yang telah terpercaya sejak tahun 2018 dalam memberikan layanan sewa berbagai peralatan bayi yang terbaik.

Tinggalkan Balasan