Tidak semua orang memiliki lahan yang luas untuk membangun kolam renang pribadi. Padahal, sering kali anak-anak sangat menyukai kegiatan berenang. Nah, solusi utamanya sih dengan menyediakan kolam renang portable yang memang lebih ekonomis.

Adanya kolah renang portable ini juga menghindari si kecil untuk pergi ke kolam renang umum loh, Mam. Bagaimanapun, kolam renang umum merupakan tempat yang memang digunakan banyak orang dan kita tidak pernah tahu apakah mereka memiliki penyakit kulit atau tidak, kan?

Melalui artikel ini, Mam bisa nih menyimak penjelasan berikut supaya lebih tahu dan bisa memilih apakah menyediakan kolam renang untuk si kecil merupakan pilihan bijak.

Yuk, langsung simak saja, Mam!

Kelebihan Kolam Renang Portable

Kita semua tahu kan ya bahwa jenis kolam renang ini tentu saja menjadi favorit untuk banyak keluarga. Terlebih jika mereka memiliki lahan sempit di rumah sehingga tidak memungkinkan untuk membangun kolam renang pribadi.

Nah, apalagi nih kelebihan kolam renang portable sehingga patut dipertimbangkan untuk dimiliki? Berikut nih Mam bisa mempelajarinya.

1. Lebih Ringkas, Tidak Memakan Tempat

kolam renang portable
A photo by Peter Idowu on Unsplash

Bisa dipasang dan dilipat, kolam renang jenis ini biasanya sih terbuat dari plastik tebal seperti halnya balon. Nah, ternyata ada dua macam loh dari kolam renang ini, Mam, yaitu pompa dan non pompa.

Untuk kolam renang portable pompa tentu saja yang terbuat dari plastik tiup. Nantinya, Mam membutuhkan pompa udara untuk membangunnya. Sedangkan untuk yang nonpompa terbuat dari plastik tipis yang memang sudah berbentuk kolam. Tidak perlu repot meniupnya karena memang sudah berbentuk kolam sehingga tinggal diisi air.

2. Lebih Murah

Tentu saja kolam renang ini akan lebih hemat dari sisi finansial karena memang tidak perlu repot untuk membangun ala kolam renang pribadi yang membutuhkan keramik dan lainnya.

3. Bisa Dibawa-Bawa

Ini mungkin lucu, tetapi salah satu kelebihan dari kolam renang ini adalah bisa dibawa ke mana-mana, jika memang yang Mam punya adalah kolam renang portable pompa ya. Misal, Mam akan mudik dan di kampung halaman juga tidak tersedia kolam renang pribadi, Mam bisa membawa kolam renang ini.

Dengan begini, si kecil bisa tetap berenang dan tidak perlu pergi ke kolam renang umum ya, Mam.

4. Tidak Memerlukan Klorin

kolam renang portable
A photo by James Balensiefen on Unsplash

Mam pasti tahu kan jika air di kolam renang umum bahkan pribadi harus diberi obat supaya air tetap jernih dan tidak perlu sering dikuras? Jika begini, tubuh anak yang memang sensitif akan iritasi deh, Mam.

Nah, dengan adanya kolam renang portable yang memang jumlah airnya lebih redikit, penggunaan obat tidak dibutuhkan lagi. Toh, nantinya kolam renang akan kembali disimpan sehingga air harus langsung dikuras usai dipakai hari itu juga.

Kekurangan Kolam Renang Portable

Ada kelebihan, tentu saja ada kekurangan ya, Mam. Apa sih kekurangan dari kolam renang ini? Berikut penjelasannya nih, Mam. Yuk, disimak!

1. Hanya Bisa Digunakan untuk Sedikit Orang

Pemilihan memasang kolam renang portable di rumah adalah karena ukurannya yang tidak seluas kolam renang konvensional pada umumnya. Nah, dari ukuran ini tentu saja si kecil hanya bisa menggunakannya sendiri atau paling hanya bersama dua orang lainnya.

Jika begini terus, si kecil tentu saja tidak bersosialisasi dengan temannya yang lain, kan, Mam? Jadi, sesekali membiarkan anak untuk bersosialisasi dengan lebih banyak orang melalui kegiatan berenang tentu saja tidak salah ya, Mam.

2. Skill Berenang Anak Tidak Meningkat

kolam renang portable
A photo by Guillerma Diaz Mier on Unsplash

Dengan ukuran kolam renang yang sempit, gerak si anak juga tentu saja tidak leluasa, bukan? Jika dengan kolam renang konvensional si kecil harus menempuh jarak yang jauh untuk menuju sisi kolam renang, dari ujung ke ujung, tidak dengan kolam renang portable.

Nah, ini menjadi kekurangan dari kolam renang jenis ini nih, Mam. Dengan begini, skill si kecil dalam berenang tidak meningkat karena pergerakannya terbatas. Jadi, kolam renang ini hanya bisa digunakan untuk anak-anak di bawah umur 6 tahun saja deh.

3. Anak juga Bisa Tenggelam

Meskipun ukuran sempit, jika Mam atau keluarga lainnya tidak mengawasi dengan baik, si kecil juga bisa tenggelam loh. Wah, ini sih bahaya sekali ya. Jadi, tetap awasi anak dalam segala kegiatan ya, Mam. Namun, risiko ini tentu jauh lebih kecil dibanding berenang di kolam renang yang tentu lebih luas.

Itulah kelebihan dan kekurangan tentang kolam renang portable. Yang pasti, semua hal di dunia ini sih pasti ada positif dan negatifnya ya, Mam. Pada akhirnya tergantung pada diri sendiri apakah bisa mengurusnya sehingga hal negatif bisa lebih diminimalisir.

Nah, jika Mam tetap ingin menyediakan kolam renang portable untuk si kecil, Mam tidak perlu membeli baru di toko loh. Mam bisa menyewanya di mamasewa.com. Tenang saja, kebersihannya tetap terjaga dengan baik kok sehingga tidak perlu cemas tentang kehigienisannya.

Tidak hanya ada kolam renang portable, banyak peralatakan bayi dan mainan untuk si kecil di sana loh, Mam. Dengan menyewa mainan, tentu saja akan menghemat biaya, kan? Saat nanti tidak dibutuhkan karena si kecil sudah besar atau merasa bosan dengan mainan tersebut, Mam tinggal mengembalikannya ke Mamasewa.com deh!

Tinggalkan Balasan