ASI merupakan sumber nutrisi utama bagi bayi. Maka dari itu, penting bagi Mama untuk menjaga kualitas ASI yang disimpan setelah dipompa. Salah satu cara yang dapat Mama gunakan adalah sewa freezer ASI.

Mama yang bekerja di kantor biasanya memompa ASI dan menyimpannya untuk persediaan si kecil. Supaya tahan lama dan tidak terpapar bakteri, penyimpanan ASI sebaiknya menggunakan freezer khusus. 

Manfaat Freezer ASI

Pemberian ASI eksklusif untuk bayi hingga usia 6 bulan merupakan rekomendasi dari WHO. Pasalnya, ASI mengandung nutrisi lengkap untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi. Pemberian ASI biasanya berlanjut hingga bayi dapat mengkonsumsi MPASI.

Freezer ASI adalah perlengkapan bayi yang berupa kotak pendingin beku. Penyimpanan ASI menggunakan freezer memiliki beberapa manfaat, meliputi:

1. Mengurangi Risiko Terkontaminasi

Freezer memungkinkan penyimpanan pada suhu -4 hingga -20 derajat celcius. Penyimpanan pada freezer mengurangi risiko ASI terkontaminasi atau terpapar bakteri. 

Adanya kontaminasi menyebabkan ASI lebih cepat rusak/basi. Selain itu, paparan bakteri berisiko menyebabkan gangguan pada bayi yang meminumnya.

ASI perah sebaiknya disimpan pada freezer khusus dan tidak berdekatan dengan bahan makanan lain. Pasalnya, ASI akan cepat membusuk jika penyimpanan bersebelahan dengan makanan lain. Apalagi jika botol ASI tidak tertutup dengan rapat.

2. Menjaga Kualitas ASI 

Pembekuan dalam freezer juga memungkinkan untuk melindungi kualitas ASI. Manfaat ini sangat menguntungkan untuk tumbuh kembang sehat bayi. Pasalnya, ASI mengandung nutrisi ideal untuk bayi, termasuk protein, gula, dan antibodi.

Meski dapat menjaga kualitas ASI, kandungan nutrisi dapat berkurang setelah masa penyimpanan yang cukup lama. Dari segi rasa, ASI yang telah disimpan juga lebih asam daripada ASI segar akibat peningkatan kandungan asam lemak bebas.

3. Memungkinkan Penyimpanan Lebih Lama 

Mama bisa menggunakan freezer ASI mini untuk menyimpan sejumlah persediaan ASI si kecil. Melansir dari SehatQ, penyimpanan ASI menggunakan freezer membuat daya tahan ASI mencapai 2 minggu hingga 12 bulan, tergantung posisi saat menyimpan. 

Masa penyimpanan ASI berbeda tergantung pada jenis freezer yang digunakan. Pada freezer kulkas satu pintu, ASI dapat bertahan hingga 2 minggu. Sementara pada freezer kulkas dua pintu, masa penyimpanan ASI bisa mencapai 3-6 bulan.

Jika Mama menggunakan freezer khusus ASI, masa penyimpanan dapat mencapai 6-12 bulan. Inilah mengapa penyimpanan ASI sebaiknya memang menggunakan freezer khusus.

Meskipun daya tahan menjadi lama, Mama perlu mengingat bahwa kandungan nutrisi dalam ASI bisa mengalami perubahan setelah 3 bulan penyimpanan. Selain itu, rasa ASI dapat mengalami perubahan sehingga bayi mungkin menolak untuk minum. 

Pilih Sewa atau Beli Freezer ASI?

Mempertimbangkan manfaatnya, freezer memang dibutuhkan untuk penyimpanan persediaan ASI si kecil. Penyimpanan pada freezer memiliki suhu yang lebih stabil daripada kulkas biasa. Sehingga daya tahan ASI akan lebih lama.

Selain itu, menyediakan freezer khusus ASI alih-alih memakai freezer pada kulkas dapur bermanfaat untuk menghindari paparan bakteri. 

Lantas, apakah Mama harus membeli? Harga freezer ASI tidak murah, mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 3 juta lebih. Jika kondisi finansial memungkinkan, maka tidak ada salahnya membeli.

Apabila hendak membeli, rekomendasi freezer ASI dari segi ergonomis adalah jenis upright freezer. Freezer ini lebih compact dan hemat ruang daripada jenis chest freezer.

Akan tetapi, jika kurang memungkinkan untuk membeli, maka Mama bisa memilih menyewa freezer. Mengingat harganya yang mahal, banyak ibu Indonesia yang beralih ke opsi menyewa.

Berikut beberapa alasan yang menjadi pertimbangan Mama memilih menyewa freezer:

1. Lebih Hemat

Sewa freezer ASI merupakan opsi yang lebih hemat daripada membelinya sendiri. Apalagi sekarang terdapat banyak jasa penyewaan freezer yang memungkinkan pemesanan dengan praktis.

Total pengeluaran selama menyewa freezer ASI lebih rendah daripada harga freezer baru. Oleh karena itu, Mama bisa menggunakan dana untuk kebutuhan lain. Dengan opsi hemat ini, Mama dapat mengelola keuangan keluarga dengan lebih fleksibel.

2. Waktu Pemakaian Sesuai Kebutuhan

Alasan selanjutnya mengapa lebih banyak Parents memilih menyewa adalah karena penggunaan freezer ASI juga hanya berlangsung selama beberapa bulan. 

Pemberian ASI eksklusif berlangsung hingga bayi berusia 6 bulan. Selama masa tersebut, Mama perlu memastikan bayi selalu memiliki persediaan ASI, bahkan saat Mama sibuk. Dari sinilah penggunaan freezer membantu.

Namun, setelah bayi tidak memerlukan ASI eksklusif, freezer ASI tidak lagi dibutuhkan. Maka freezer yang sudah dibeli akan menjadi tidak terpakai. Sedangkan jika Mama meminjamnya, freezer akan dikembalikan setelah selesai memakai.  

3. Suhu Penyimpanan Lebih Stabil

Menggunakan freezer ASI memungkinkan penyimpanan pada suhu yang lebih stabil. Berkat suhu yang lebih dingin dan stabil inilah daya tahan ASI beku di freezer bisa mencapai satu tahun. 

Daya tahan penyimpanan freezer terbukti lebih lama daripada penyimpanan dengan kulkas biasa. Penyimpanan pada freezer kulkas biasa hanya membuat ASI bertahan selama dua minggu.

Terlebih lagi, penyimpanan pada kulkas biasa sering kali menyebabkan ASI bersebelahan dengan bahan makanan lain.  Hal tersebut bisa membuat ASI menjadi cepat busuk dan tidak dapat dikonsumsi.

Sewa Freezer ASI di Mamasewa

Kini banyak Mama cerdas yang menggunakan penyedia jasa penyewaan freezer ASI. Pasalnya, menyewa menjadi solusi hemat yang memungkinkan penggunaan anggaran keluarga untuk berbagai kebutuhan.

Freezer ASI termasuk perlengkapan bayi yang cukup mahal. Harga freezer mini untuk menyimpan ASI sekitar Rp 1 hingga 3 juta. 

Sedangkan sewa freezer ASI memasang tarif yang jauh lebih murah. Bahkan sewa selama beberapa bulan hanya memerlukan biaya ratusan ribu.

Perbedaan pengeluaran dana itulah yang menjadi alasan banyak Parents memilih menyewa freezer ASI. Apalagi mengingat bahwa pemakaian freezer hanya sementara. 

Saat memilih tempat sewa perlengkapan bayi, Mama sebaiknya memperhatikan kualitas barang serta pelayanan jasa sewa. 

sewa freezer asi

Mamasewa menyediakan produk perlengkapan bayi berkualitas. Kami memprioritaskan pelayanan profesional dan higienitas setiap perlengkapan sewa. Mamasewa juga menyediakan berbagai opsi transaksi untuk kemudahan pelanggan.

Selain itu, sewa perlengkapan bayi di Mamasewa memiliki harga terjangkau. Untuk freezer ASI, tarif sewa mulai dari Rp 9.000,- per hari.

Parents bisa mengecek produk sewa melalui link: https://mamasewa.com/product-cat/for-mom/freezer-asi/

Dengan produk berkualitas dan higienitas terjamin, Mamasewa dapat membantu Anda menyediakan stok ASI untuk buah hati. Mama tidak perlu khawatir mengenai risiko kontaminasi dan persediaan ASI kualitas prima.

Ayo Sewa Sekarang

Selain freezer ASI, di Mamasewa Parents bisa mendapatkan berbagai perlengkapan bayi, mulai dari pompa ASI, stroller, hingga beragam mainan anak. 

Pemesanan dan transaksi bisa Anda lakukan dengan praktis melalui layanan online. Customer service kami siap membantu apabila merasa bingung atau perlu bantuan saat memesan.

Untuk melihat produk dan memesan sewa freezer ASI Mamasewa, kunjungi link berikut: https://mamasewa.com . Anda juga dapat melakukan pemesanan melalui WhatsApp ke nomor 0817-5178-737.

Tinggalkan Balasan