Menyiapkan perlengkapan bayi yang harus dibawa saat melahirkan di bidan adalah tahap yang tidak boleh dilewatkan oleh calon parents. Persiapan ini bisa menjadi tantangan tersendiri bagi Mama yang baru pertama kali mengandung. Bahkan bagi Mama sudah pernah melahirkan, tahap ini bisa cukup ribet.

Mempersiapkan perlengkapan bayi sebaiknya Mama lakukan begitu memasuki minggu ke-36 kehamilan. Pasalnya, tanggal kelahiran bayi bisa lebih cepat dari perkiraan.

Sembari menyiapkan perlengkapan bayi yang akan dibawa saat melahirkan, ada baiknya menanyakan ke bidan mengenai fasilitas yang tersedia. Sehingga Mama dapat menyiapkan tepat sesuai kebutuhan.

perlengkapan bayi yang harus disiapkan saat melahirkan image by Freepik

Perlengkapan Bayi yang Harus Dibawa Saat Melahirkan di Bidan

Si kecil yang baru lahir membutuhkan sejumlah perlengkapan sehari-hari. Mama perlu membawanya selama masa perawatan pasca persalinan pada tempat bidan. Berikut daftar perlengkapan bayi yang harus Mama bawa:

1. Popok

Popok termasuk pakaian bayi yang harus dibawa saat melahirkan. Buah hati Mama akan memerlukan ganti popok setiap kali buang air kecil. Mama perlu menyiapkan sejumlah popok yang kira-kira cukup untuk berganti selama 3 hari atau lebih.

Mama dapat membawa popok kain maupun disposable diapers. Disposable diapers dapat menjadi solusi yang lebih praktis dan mudah. Namun, karena bidan biasanya perlu memantau volume pipis bayi, Mama sebaiknya membawa kedua jenis popok. Pasalnya, popok kain lebih memudahkan pemantauan.

2. Bedong

Perlengkapan bayi yang harus dibawa saat melahirkan di bidan selanjutnya ialah bedong. Kain bedong akan menjaga bayi agar tetap hangat seperti saat masih dalam kandungan. Bedong yang baik hendaknya memiliki tekstur lembut dan pemakaiannya longgar.

3. Baju Bayi

Sebagaimana sang Mama, bayi juga memerlukan sejumlah baju untuk dikenakan selama berada di tempat bidan. Setidaknya, Mama dan Papa perlu menyiapkan baju bayi untuk berganti selama 3 hari (atau 3-5 set pakaian).

Bayi memiliki kulit yang sangat sensitif. Sehingga saat membeli perlengkapan bayi, sebaiknya memilih baju bayi dengan bahan yang bertekstur lembut dan berkualitas bagus.

4. Selimut

Rumah sakit maupun tempat bidan biasanya sudah menyediakan selimut untuk bayi. Meski begitu, ada baiknya Mama memasukkan selimut ke dalam isi tas persiapan melahirkan. Saat perjalanan pulang nanti, Mama bisa menggunakan selimut tebal dengan ujung segitiga untuk membedong bayi agar tetap hangat.

5. Gunting Kuku

Biasanya bayi yang baru lahir memiliki kuku yang tajam dan runcing. Akibatnya, bayi dapat melukai wajahnya sendiri saat bergerak atau menggaruk. Oleh karena itu, Mama sebaiknya membawa gunting kuku untuk si kecil.

6. Tisu Basah

Tisu basah berguna untuk membersihkan bayi dari air liur yang menetes, bekas pipis atau sehabis buang air besar. Pilihlah tisu basah yang tidak mengandung alkohol serta tidak tambahan pewangi. Kedua bahan tersebut berpotensi menyebabkan iritasi pada kulit bayi.

Pastikan tisu basah berlabel aman untuk bayi. Selain itu, sebaiknya menghindari produk dengan tambahan bahan seperti aloe vera. Terkadang bahan tambahan demikian bisa menyebabkan reaksi alergi pada bayi.

Untuk jumlah yang perlu dibawa, biasanya satu bungkus besar isi 50 atau 90 pcs sudah cukup.

7. Sarung Tangan dan Sarung Kaki

Pakaian bayi yang harus dibawa saat melahirkan meliputi sarung tangan dan sarung kaki. Sarung tangan berfungsi untuk mencegah kuku bayi melukai kulitnya. Sarung tangan dan kaki juga akan membantu bayi tetap hangat.

8. Penutup Kepala

Mama bisa memasukkan penutup kepala dalam daftar perlengkapan yang harus dibawa saat melahirkan di rumah sakit. Penutup kepala atau topi khusus bayi akan menghindarkan bagian kepala bayi menjadi dingin.

Selama mempersiapkan perlengkapan persalinan ibu dan bayi Mama bisa membeli beberapa penutup kepala khusus bayi. Saat ini banyak penutup kepala bayi yang memiliki desain lucu. Namun, sebaiknya Mama lebih mengutamakan kualitas bahan dan kenyamanan pemakaian.

9. Kain Gendongan

Kain gendongan termasuk dalam daftar perlengkapan bayi yang harus dibawa saat melahirkan di bidan. Saat ini kain gendongan untuk bayi dapat berupa jarik batik maupun gendongan modern.

Pilihlah kain gendongan yang lembut yang ramah untuk kulit si kecil. Saat membeli sebaiknya memilih gendongan yang nyaman dan mudah untuk disesuaikan.

Selain itu, gendongan harus aman untuk menimang bayi.

10. Perlengkapan Mandi

Parents perlu juga menyiapkan perlengkapan mandi untuk bayi. Sebagaimana Mama selama perawatan pasca persalinan, bayi juga perlu mandi.

Oleh karena itu, parents bisa menyiapkan sabun dan sampo khusus bayi. Sebaiknya memilih produk dengan kandungan bahan alami. Produk perawatan bayi juga lebih baik memiliki aroma yang lembut dan menenangkan.

Terkadang pada klinik bidan telah tersedia perlengkapan mandi untuk bayi. Mama bisa bertanya lebih dulu untuk memastikan.

11. Handuk Bayi

Setelah mandi, tentunya buah hati Mama dan Papa membutuhkan handuk untuk mengeringkan tubuh. Parents bisa menanyakan ketersediaan handuk di klinik bidan jauh-jauh hari sebelum persalinan.

Meski demikian, tidak ada salahnya untuk menyiapkan sendiri handuk bayi. Saat membeli handuk bayi, pastikan memilih handuk dengan tekstur yang lembut. Parents perlu mengingat bahwa bayi memiliki kulit yang sangat sensitif.

12. Produk Perawatan Bayi

Sebelum memakaikan baju, Mama akan mengoleskan sedikit minyak telon pada tubuh si kecil. Selanjutnya, mengaplikasikan bedak dan lotion pada kulit bayi agar tetap segar dan wangi.

Nah, untuk itu parents juga perlu menyiapkan produk perawatan bayi, seperti minyak telon, baby lotion, dan bedak.

Melansir dari Halodoc, produk untuk perawatan bayi yang baru lahir hendaknya tidak mengandung SLS dan Paraben. Kedua bahan ini dapat menyebabkan reaksi alergi dan menimbulkan gejala seperti gatal-gatal, ruam merah, dan iritasi kulit.

Sebaiknya Mama memilih produk dengan kandungan bahan alami. Produk perawatan bayi juga harus teruji klinis dan terdaftar BPOM sehingga aman dari kandungan bahan berbahaya.

13. Pompa ASI

Pompa ASI dapat membantu untuk memastikan bayi mendapatkan nutrisi yang cukup. Terutama apabila Mama tidak langsung dapat menghasilkan ASI dengan lancar setelah menjalani persalinan secara caesar.

Dalam situasi demikian, pompa ASI dapat membantu menjaga nutrisi bayi terpenuhi. Mama juga perlu membawa botol atau dot minum. Mama bisa menyewa pompa ASI di Mamasewa dengan harga terjangkau melalui link sini.

Perlengkapan Bayi Berkualitas di Mamasewa

Setelah mengetahui perlengkapan bayi yang harus dibawa saat melahirkan di bidan, Parents tentunya ingin segera menyiapkan perlengkapan untuk buah hati. Namun, jangan buru-buru membeli dengan asal.

Seperti yang telah disampaikan, bayi memiliki kulit yang sensitif dan rentan terhadap iritasi. Oleh karenanya, selain memastikan memenuhi semua kebutuhan, Parents perlu memilih perlengkapan yang berkualitas dan aman.

Mamasewa menyediakan perlengkapan bayi berkualitas dan lengkap. Kami juga memiliki layanan sewa perlengkapan bayi untuk solusi yang lebih hemat.

Parents tidak perlu khawatir masalah kebersihan perlengkapan sewa sebab Mamasewa mengutamakan higenitas perlengkapan dan pelayanan profesional untuk membantu Parents menyediakan kebutuhan si kecil.

Kini Parents bisa memesan perlengkapan bayi dengan mudah dan tanpa menguras anggaran. Untuk mendapatkan perlengkapan bayi dengan kualitas terjamin dan tarif terjangkau, Anda dapat mengunjungi Mamasewa.

Tinggalkan Balasan