Nebulizer dapat menjadi cara yang efektif untuk memberikan obat hirup pada bayi dan anak yang masih berusia belia. Mama dapat menghubungi sewa nebulizer Jakarta untuk mendapatkan alat ini.

Image by Freepik

Saat anak mengalami sesak napas, diperlukan obat-obatan hirup untuk membantu mengatasi gejala. Padahal tidak mudah untuk memberikan obat pada anak.

Penggunaan nebulizer membantu anak untuk dapat menghirup obat dengan lebih mudah dan nyaman. Pasalnya, alat ini mengubah cairan obat menjadi uap sehingga mempermudah untuk dihirup.

Fungsi dan Cara Kerja Nebulizer

Nebulizer berfungsi untuk melegakan saluran napas yang menyempit sehingga membantu meredakan sesak napas. Alat ini menyemprotkan obat cair dalam bentuk uap yang lebih mudah meresap dalam saluran pernapasan.

Nebulizer memungkinkan pemberian obat menjadi lebih mudah, terutama pada bayi dan anak kecil.

Sehingga alat ini sering digunakan sebagai perawatan rumah untuk mengatasi penyakit pernapasan seperti asma, infeksi paru RSV, pneumonia, batuk croup, dan sebagainya.

Alat yang terdiri dari mesin kompresor udara, selang, dan masker ini bekerja mengubah obat menjadi bentuk uap. Setelah itu, udara yang mengandung uap akan ditekan naik melalui selang ke masker.

Dari masker tersebut anak dapat menghirup obat. Selanjutnya, obat akan masuk ke saluran pernapasan dan terserap perlahan. Sehingga anak perlu duduk diam sebentar, sekitar 10-15 menit setelah menghirup obat.

Untuk anak yang mengalami gangguan pernapasan, tersedia nebulizer for baby yang memiliki ukuran sesuai dengan si kecil.

Cara Pakai Nebulizer untuk Bayi dan Anak Kecil

Mama perlu menyediakan nebulizer di rumah jika buah hati Mama memerlukan terapi untuk mengatasi sesak napas. Maka, penting bagi Mama untuk memahami cara pemakaian alat ini dengan tepat.

Terlebih lagi, penggunaan yang tepat memungkinkan obat terhirup dengan baik sehingga dapat bekerja dengan lebih efektif.

Berikut cara pakai nebulizer untuk bayi dan anak kecil:

  • Pertama-tama, cuci tangan menggunakan sabun sebelum menyentuh nebulizer dan obat.
  • Pastikan bahwa semua peralatan dalam keadaan bersih, terutama selang penghubung antara kompresor dan masker. Apabila kotor, maka Mama bisa membersihkannya dulu menggunakan air, kemudian keringkan.
  • Baca aturan pakai obat dengan cermat. Kemudian, tuangkan obat ke dalam wadah sesuai dosis yang dianjurkan
  • Setelah menyiapkan obat, Mama bisa mencoba menyalakan mesin kompresor untuk memastikan dapat bekerja dengan normal. Tanda bahwa mesin dalam keadaan normal ialah dapat mengeluarkan uap yang mengandung obat.
  • Selanjutnya, sambungkan selang untuk menghubungkan kompresor ke wadah obat
  • Dudukkan anak pada pangkuan Mama, lalu pasangkan masker ke mulut si kecil. Pastikan bahwa masker menutup hidung dan mulut anak secara penuh tanpa ada sela
  • Pasang tali pengait ke belakang telinga anak supaya posisi masker lebih stabil. Jika tali membuat anak tidak nyaman, Mama bisa melepas tali dan memegangi masker dengan tangan
  • Berikutnya, nyalakan mesin nebulizer. Pastikan mesin menghasilkan uap dengan baik dan tidak terdapat kebocoran uap
  • Tetap pada posisi sambil membiarkan anak menghirup uap dari nebulizer hingga habis. Biasanya, proses menghirup obat berlangsung selama 5-15 menit
  • Setelah selesai, matikan alat dan lepas masker. Bersihkan cairan pada hidung anak. Mama juga bisa mengajarkan anak berkumur untuk membersihkan sisa obat yang tertinggal
  • Kemudian bersihkan alat pada nebulizer supaya tidak terpapar kuman penyebab penyakit
  • Lepaskan wadah dan masker nebulizer, kemudian bersihkan dengan cara merendam pada air hangat selama 5 menit. Selanjutnya, lap dan keringkan alat dan simpan di tempat bersih

Aturan Pemakaian Nebulizer

Pemakaian nebulizer khusus untuk pengobatan gangguan pernapasan, tidak bisa untuk pencegahan. Nebulizer tidak memiliki batasan penggunaan. Akan tetapi, penggunaan harus sesuai dengan anjuran dokter.

Pasalnya, nebulizer berperan untuk mengirimkan obat ke saluran pernapasan. Sehingga pemakaiannya harus sesuai dengan dosis obat.

Berikut beberapa hal yang perlu Mama perhatikan selama menggunakan nebulizer untuk anak:

  • Memilih produk dengan spesifikasi yang tepat. Untuk pemakaian dengan tujuan perawatan di rumah, sebaiknya memilih nebulizer kecil. Mama sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum membeli nebulizer dan obatnya
  • Nebulizer hanya mengubah obat tertentu menjadi uap. Jadi, pastikan untuk memakainya sesuai resep dokter. Selain itu, biasanya obat perlu dicampurkan dengan pelarut tertentu sebelum diberikan pada anak dengan nebulizer
  • Pastikan untuk mengikuti petunjuk saat merakit alat. Pada kemasan produk biasanya sudah tertera mengenai cara merakit, menggunakan, membersihkan, dan menyimpan

Banyak orang tua yang memanfaatkan sewa nebulizer terdekat untuk mendapatkan alat yang satu ini. Jika memilih menyewa, maka usahakan tetap menggunakan produk berkualitas dengan spesifikasi yang sesuai.

Sewa Nebulizer Jakarta

Nebulizer termasuk alat yang cukup mahal. Pemakaian alat ini juga tidak berlangsung lama, lebih tepatnya saat anak memerlukan terapi pernapasan saja.

Sehingga alih-alih membeli, sekarang ini kebanyakan Mama memilih untuk sewa nebulizer. Menyewa merupakan solusi yang lebih hemat sekaligus lebih cerdas untuk efisiensi anggaran.

Bagi Mama yang mencari sewa nebulizer Jakarta dapat mengunjungi Mamasewa.com.

Mamasewa menyediakan sewa berbagai macam perlengkapan bayi dan anak kecil. Kami juga menyediakan sewa alat nebulizer Jakarta untuk kebutuhan terapi buah hati Mama.

Mamasewa memiliki berbagai macam perlengkapan bayi dan anak, mulai dari mainan, stroller, hingga alat kesehatan. Semua perlengkapan dari Mamasewa merupakan produk berkualitas tinggi yang tidak akan mengecewakan.

Mama juga tidak perlu khawatir masalah higienitas barang. Pasalnya, Mamasewa selalu memprioritaskan kebersihan menyeluruh dan hiegenitas perlengkapan.

Mamasewa menyadari pentingnya hiegenitas untuk mencegah paparan kuman berbahaya pada anak. Oleh karenanya, kami selalu memeriksa kebersihan produk sebelum melakukan pengiriman ke pelanggan.

Selain itu, Mamasewa mengutamakan pelayanan profesional untuk membantu Mama cerdas memenuhi kebutuhan si kecil.

Dari segi harga, Mamasewa memasang tarif terjangkau untuk setiap produk. Mamasewa memasang harga sewa nebulizer mulai dari Rp 6ribuan saja. Tarif tersebut tidak jauh berbeda dari tarif jasa nebulizer terdekat.

Harga Sewa Nebulizer Jakarta

  • Harga sewa Nebulizer di Mamasewa berbeda-beda tergantung pada produk yang dipilih. Berikut daftar harga sewa nebulizer
  • Nebulizer Omron NE-C28: Rp 6.428,- per hari
  • Nebulizer Onemed ION 402C: Rp 7.142 per hari
  • Nebulizer Onemed 407A: Rp 10.357 per hari

Dari harga tersebut, Mama hanya perlu mengeluarkan uang mulai dari Rp 180.000,- untuk menyewa nebulizer selama satu bulan. Nominal ini tentu jauh lebih hemat daripada membeli baru dengan harga setidaknya Rp 800.000,-.

Cabang Mamasewa di Indonesia

Mamasewa telah menyediakan peralatan bayi berkualitas sejak tahun 2019. Kami memiliki cakupan luas yang menjangkau berbagai kota besar Indonesia, meliputi:

Hubungi Kami

Mamasewa hadir sebagai solusi para Mama cerdas untuk memberikan produk terbaik bagi buah hati dengan lebih hemat. Menyewa memungkinkan Mama untuk mengelola keuangan keluarga dengan lebih baik.Kini Mama dapat lebih maksimal dalam memberikan perawatan bagi buah hati. Dapatkan produk berkualitas dari sewa nebulizer Jakarta. Kunjungi https://mamasewa.com/ untuk melakukan pemesanan.

Tinggalkan Balasan