Salah satu agenda rutin di Bulan Ramadan yang biasa dilakukan adalah buka bersama. Seringnya buka bersama dilakukan di restoran atau hotel. Namun bagi orangtua yang memiliki balita, kegiatan ini bisa cukup menantang karena anak rentan rewel saat merasa bosan. Padahal selain harus sabar menunggu makanan datang, kebanyakan orang ingin berlama-lama saat berkumpul dengan keluarga atau teman-temannya. Nah, berikut ini Mamasewa akan membagikan tips agar anak tidak rewel saat buka puasa di luar. Simak ya, Mam!

1. Pilih Tempat yang Kids Friendly

Salah satu hal yang harus Mama pertimbangkan saat mendapat atau merencanakan buka bersama adalah lokasinya. Cari tahu apakah restoran tersebut memenuhi kriteria kids friendly atau tidak. Pastikan tempatnya nyaman, aman, bebas asap rokok, menyediakan high chair, dan kalau bisa ada tempat bermainnya.

Kemudian jangan lupa reservasi agar tidak mengantre dan menunggu terlalu rama. Ini bisa mengurangi risiko si kecil rewel, lho!

2. Pesan Makanan Kesukaan Anak

Yang tak kalah penting, cari tahu juga menu-menu yang tersedia. Pastikan restoran tersebut memiliki beragam variasi menu yang cocok dan bisa dimakan anak-anak. Mama dan Papa sih bisa sedikit mengalah ya soal ini.

Lalu pesankan anak makanan kesukaannya untuk menghindari anak mogok makan saat sedang buka puasa di luar. Atau kalau perlu biarkan mereka memilih sendiri makanan yang mereka inginkan. Lagi-lagi, pesan sekaligus saat melakukan reservasi.

3. Briefing Sebelum Berangkat

Sebelum berangkat, Mama juga bisa menceritakan pada si kecil kalau nanti mereka akan akan ikut buka bersama di luar. Katakan dimana tempatnya, sedikit gambaran suasananya, dengan siapa saja, harus berangkat jam berapa, dan detail-detail kecil lainnya.

Ini akan sangat membantu anak untuk mendapat gambaran situasinya sehingga mereka lebih siap dan tidak rewel. Selanjutnya, ajarkan mereka berperilaku baik selagi makan di luar.

4. Bawa Mainan Anak

Supaya si kecil tidak bosan, Mama bisa membawakan mainan favoritnya, seperti activity toys, busy book, atau mainan favorit lainnya. Ini akan sangat membantu saat mereka mulai gelisah dan moody.

Selain itu, Mama dan Papa juga bisa mengajak mereka bermain atau berkeliling sebentar di sekitaran tempat makan.

5. Bawa Snack untuk Anak

Menjelang buka puasa, bisanya restoran ramai orang sehingga butuh waktu lebih lama hingga makanan tiba di meja. Nah, supaya si kecil tidak rewel saat menunggu makanan datang, Mama wajib membawa snack sebagai bekal.

Biarkan mereka makan beberapa selagi menunggu. Pasalnya, perut yang kenyang bisa membuat suasana hati mereka baik dan tidak rewel.

BACA JUGA: 9 Tips Mendampingi Puasa Pertama Anak, Biar Kuat dan Makin Semangat!

6. Tidak Perlu Datang Terlalu Awal

Karena anak-anak mudah bosan dan cenderung mudah cranky di keramaian, Mama dan Papa tidak perlu datang terlalu awal. Cukup datang mepet atau tepat waktu untuk menghindari drama anak ngereog saat buka puasa di luar.

Bagaimanapun, buat perasaan mereka senyaman mungkin dan buatlah suasana makan di luar sebagai aktivitas yang menyenangkan. 

7. Pastikan Anak Cukup Istirahat Sebelumnya

Tips agar anak tidak rewel saat buka puasa di luar lainnya adalah dengan memastikan mereka cukup istirahat. Misalnya dengan menyuruh mereka segera tidur siang karena nanti sore ada acara buka puasa bersama di luar rumah.

Bagi Mama yang membawa bayi, jangan lupa bawa serta stroller. Ini bisa membantu mereka tidur dengan nyaman dan tenang meski sedang berada di luar. Mama dan Papa pun tidak perlu sibuk bergantian menggendong dan bisa makan lebih tenang.

8. Perhatikan Kenyamanan Anak

Selanjutnya, pastikan apapun yang menempel pada tubuh anak itu nyaman. Mulai dari bajunya, sepatunya, sampai kondisi popok.

Mama bisa berjaga-jaga membawa jaket atau topi kalau suhu ruangan di sana terlalu dingin atau berangin.

9. Tetap Tenang Saat Anak Rewel

Memang selalu ada momen-momen dimana anak jadi rewel dan sulit diajak kompromi. Untuk mengatasinya, coba bawa mereka ke tempat yang lebih sepi agar lebih tenang dan tidak mengganggu pengunjung lainnya. Yang paling penting, Mama dan Papa nggak boleh ikut ngereog saat si kecil rewel, ya!Sekian tips agar anak tidak rewel saat buka puasa di luar. Jangan lupa siapkan perlengkapan si kecil yang dibutuhkan di atas. Untungnya, semua bisa Mama temukan di Mamasewa. Klik di sini untuk menemukan keperluan anak lainnya!

Tinggalkan Balasan