Bulan puasa selalu istimewa dan dinantikan kehadirannya. Karena selain pahala dilipatgandakan, momen berkumpul bareng keluarga membuat Ramadan terasa berharga. Dalam artikel ini, Mamasewa telah merangkum 7 ide quality time bersama keluarga saat Ramadan. Yuk, simak sampai tuntas agar Ramadan tahun ini semakin bermakna!

1. Buka dan Sahur Bersama

Di hari-hari biasa, tidak semua keluarga punya kesempatan untuk makan dan duduk bersama dalam satu meja. Alasannya beragam, bisa karena aktivitas pekerjaan, kejebak macet di jalan, atau sedang perjalanan dinas.

Namun Bulan Ramadan berbeda, aktivitas harian biasanya lebih slow, jam pulang kantor lebih cepat, begitu pula jam sekolah. Oleh karena itu, Mama dan Papa bisa menggunakan momen ini untuk menyiapkan makan sahur atau berbuka bersama anak. Ini waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga sembari memaknai Ramadan yang penuh berkah.

2. Ngabuburit Berburu Takjil

Puasa tanpa ngabuburit kok rasanya belum lengkap, ya? Bisa jadi karena momen ini mungkin dulu rutin kita lakukan bersama orangtua. Itulah alasan kenapa saat kini sudah berkeluarga, Mama ingin mengulangnya bersama suami dan si kecil.

Lagipula, berburu takjil bisa jadi ide ngabuburit yang sayang untuk dilewatkan untuk dimanfaatkan sebagai kegiatan quality time bersama keluarga.

BACA JUGA: 10 Ide Ngabuburit Bersama Anak

3. Berangkat Salat Tarawih Bersama

Satu lagi amalan sunah yang hanya ada di Bulan Ramadan, yaitu salat tarawih. Kalau diingat-ingat, waktu kecil dulu Mama dan Papa pasti punya ‘kenakalan’ sewaktu salat tarawih. Meski tak layak dibanggakan, tapi entah kenapa ini meninggalkan rasa hangat yang kita rindukan. 

Nah, untuk ‘menebus dosa’, Mama dan Papa bisa nih mengajak anak untuk berangkat salat tarawih berjamaah di masjid bersama-sama. Jangan lupa pulangnya juga harus bareng-bareng supaya bisa ‘mengevaluasi’ tingkah si kecil sebelum sampai di depan pagar rumah.

4. Tadarus Al-Qur’an

Selanjutnya, Mama dan Papa bisa menjadikan tadarus Al-Qur’an di rumah sebagai ide quality time bersama keluarga saat Ramadan. Aktivitas ini bisa meningkatkan kemampuan membaca sekaligus memperdalam pemahaman kita soal Al-Qur’an. 

Kegiatan ini bisa dijadwalkan secara rutin. Misalnya selepas salat subuh, menjelang berbuka, atau setelah salat tarawih.

5. Bikin Kue Kering untuk Lebaran

Mendekati momen lebaran, biasanya Mama mulai sibuk bikin kue kering untuk hampers maupun suguhan tamu. Supaya di Ramadan kali ini lebih bermakna, Mama bisa melibatkan anggota keluarga lainnya untuk turut membantu.

Meskipun dapur jadi lebih berantakan, tapi menghabiskan momen bersama keluarga dalam setiap aktivitas bisa meninggalkan kehangatan yang akan kita rindukan. Kata orang zaman sekarang sih, penting banget buat core memory anak!

6. Belanja Baju Baru untuk Lebaran

Entah siapa yang memulai tradisi ini. Tapi momen lebaran memang identik dengan baju baru. Meskipun nggak wajib, Mama bisa menjadwalkan waktu untuk belanja baju lebaran bersama anak-anak di toko, bukan e-commerce, sekalian ngabuburit.

Kalau ada rezeki berlebih, ajarkan anak untuk berbagi. Misalnya dengan membelikan beberapa untuk ART di rumah, tukang sampah, atau saudara-saudara yang membutuhkan bantuan. 

7. Mudik

Kalau yang satu ini sih sudah pasti jadi agenda tahunan yang tak boleh dilewatkan. Tak melulu soal kemana dan berapa lama, momen perjalanan mudik bisa menjadi waktu yang tepat untuk quality time bersama keluarga. Di dalam kendaraan, anak dan orangtua bisa saling bercerita, bertukar jokes, atau sekedar mendengarkan lagu bersama.

Tapi supaya momen mudik tetap aman dan nyaman, pastikan Mama dan Papa sudah melakukan persiapan dengan baik. Terlebih lagi jika bepergian membawa anak kecil. Pastikan mobil sudah diservis dan dalam kondisi prima, juga jangan lupa membawa carseat untuk si kecil. Kalau belum punya, tinggal sewa aja di Mamasewa. Harganya mulai dari 8 ribuan aja per harinya. Hemat banget kan? Nah, itulah 7 ide quality time bersama keluarga saat Ramadan. Semoga Ramadan tahun ini tidak hanya mendekatkan kita dengan Sang Pencipta, tapi juga mempererat keluarga kita.

Tinggalkan Balasan