Papa mungkin tidak punya waktu bonding sebanyak Mama bersama si kecil yang masih sering menyusu. Meski begitu, Papa tidak perlu berkecil hati karena bisa menggantinya dengan menggendong mereka. 

Nah, salah satu jenis gendongan bayi favorit bapack-bapack adalah hipseat. Selain nyaman untuk bayi, bantalan pada hipseat juga membuat  si penggendong tidak cepat letih dan pegal. Berikut ini adalah keunggulan lain dari hipseat beserta rekomendasinya. Simak yuk! 

Keunggulan Hipseat

1. Tidak Butuh Teknik Khusus

Berbeda dengan gendongan sling atau wrap, Papa tidak perlu teknik khusus atau belajar mengikat saat menggendong si kecil. Papa hanya perlu mendudukkannya di atas hipseat dan memasang pengamannya seperti saat memakai ransel.

Tapi perlu diingat, gendongan ini umumnya baru bisa digunakan saat bayi berusia sekitar 6 bulan atau saat mereka sudah bisa menyangga kepalanya dengan tegak. 

2. Nyaman Digunakan

Papa juga tidak perlu khawatir bakal pegal-pegal saat harus berlama-lama menggendong sebab hipseat dilengkapi dengan tali bahu dan ban pinggang yang relatif empuk dan nyaman. 

Selain itu, hipseat akan mendistribusikan berat si kecil ke tubuh bagian bawah sehingga punggung Anda tidak akan terbebani.

3. Dapat Digunakan dalam Berbagai Posisi

Keunggulan lain dari hipseat adalah bisa digunakan menggendong dengan berbagai posisi yang disesuaikan dengan usia si kecil. 

Anda bisa menggendongnya menghadap depan, menyandarkan ke dada, atau bahkan menggendong di punggung seperti sedang membawa ransel.

4. Sangat Praktis 

Menggendong si kecil dengan hipseat bisa dibilang sangat praktis karena Papa bisa nyambi melakukan aktivitas lainnya, seperti menyapu, mengelap meja, bahkan memasak. 

5. Bisa Digunakan Bergantian

Karena panjang tali bahu dan ban pinggang bisa disesuaikan, gendongan ini bisa dipakai bergantian dengan orang lain. Hanya perlu disesuaikan dengan ukuran tubuh masing-masing. 

Bisa juga disesuaikan dengan ukuran tubuh bayi yang semakin lama semakin besar.

5 Rekomendasi Hipseat Terbaik

Mengingat banyaknya keunggulan yang ditawarkan, jangan kaget ya Pap kalau harga gendongan ini lumayan pricey. Tapi sebanding kok dengan manfaatnya. Berikut ini adalah 5 rekomendasi hipseat ternyaman versi Mamasewa. Cek! 

1. i-Angel Magic 7

i-Angel Magic 7 adalah pilihan yang tepat kalau Papa ingin mencari hipseat berkualitas premium yang nyaman saat digunakan. Dengan bantalan setebal 20 mm, bahu Papa tidak akan sakit meski harus menggendong lama. Selain itu, gendongan yang satu ini juga sangat ringan dan bisa dilipat sehingga cocok dibawa saat sedang bepergian.

Detail Produk:

  • Untuk usia: 3-36 bulan
  • Berat maksimal: 15 kg
  • Harga mulai dari Rp1.740.000

Seperti yang sudah disebutkan, harga gendongan hipseat memang relatif mahal. Tapi Papa tenang aja, di Mamasewa gendongan ini bisa dipinjam dengan harga 8 ribuan aja per harinya. Untuk cek ketersediaannya, klik di sini! 

2. Mooimom Casual Hipseat Carrier

Memiliki dudukan hipseat yang ergonomis dengan waistband yang lebih panjang, Mooimom Casual Hipseat Carrier tidak hanya nyaman bagi bayi tapi juga buat Papa yang memiliki pinggang cukup besar. Gendongan ini juga dilengkapi jaring-jaring untuk menghindari rasa pengap dan gerah. 

Detail Produk:

  • Untuk usia: 4-36 bulan
  • Berat maksimal: 20 kg
  • Harga mulai dari Rp399.000

3. Coconi 2 in 1 Breathable Hipseat Carrier

Coconi 2in1 Breathable Hipseat Carrier bisa digunakan dengan model sling (menyamping) atau carrier (menghadap depan). Itu sebabnya gendongan yang satu ini sudah bisa digunakan untuk menggendong bayi yang baru lahir. Selain itu, produk yang satu ini menggunakan material yang breathable sehingga bayi tidak akan kepanasan saat digendong.

Detail Produk:

  • Untuk usia: newborn (carrier tanpa hipseat) dan 3-36 (carrier atau hipseat)
  • Berat maksimal: 30 kg
  • Harga mulai dari Rp359.000

4. Dialogue Baby Hipseat Airflow 7 in 1 Planet Series

Salah satu keunggulan Dialogue Baby Hipseat Airflow 7 in 1 Planet Series adalah keberadaan tudung atau penutup kepala pada yang menyatu dengan hipseat sehingga Papa tidak perlu khawatir akan hilang atau jatuh. Cukup dikeluarkan dan simpan  kembali ke dalam kantong saku saat tidak digunakan. Gendongan ini juga memungkinkan Papa menggendong si kecil dengan 7 gaya menggendong.

Detail Produk:

  • Untuk usia: 6-36 bulan
  • Berat maksimal: 18 kg
  • Harga mulai dari Rp540.000

5. Ergobaby Alta Hipseat

Sesuai namanya, Ergobaby Alta Hipseat didesain sedemikian rupa dengan memperhatikan kondisi ergonomis si kecil maupun penggendongnya. Dengan gendongan ini, tangan Papa akan bebas dan leluasa mengerjakan aktivitas lainnya. Bayi pun tetap aman dan nyaman dalam dekapan. 

Detail Produk:

  • Untuk usia: 4-48 bulan
  • Berat maksimal: 20 kg
  • Harga mulai dari Rp2.999.000

Itulah 5 rekomendasi hipseat ternyaman kali ini. Dijamin anti pegal, linu, dan kesemutan. Tapi kalau Papa tetap tim yang lebih suka dorong-dorong daripada gendong, maka trike dan stroller berikut ini bisa jadi alternatifnya. Soal harga dijamin aman kok, Pa!

Tinggalkan Balasan