Baby Shower

Pernahkah Mama mendengar perayaan baby shower? Jika Mama tinggal di area perkotaan, mungkin acara ini banyak Mama temukan. Terlebih di lingkaran pergaulan Mama-Mama muda yang baru saja menikah, acara menyambut dan merayakan kehamilan ini akan cukup sering Mama ikuti. Atau mungkin, justru Mama sendiri yang baru akan melaksanakan perayaan kebahagiaan atas anugerah kehamilan yang Mama alami sekarang?

Baby shower sendiri berarti pesta perayaan untuk kehamilan yang sudah berjalan sekian bulan. Meski merupakan budaya dari Barat, namun ternyata Indonesia sendiri juga memiliki perayaan serupa lho Mama. Tradisi asli Indonesia ini mungkin Mama kenal dengan sebutan empat bulanan atau tujuh bulanan. Namun berbeda dengan baby shower yang bertema modern, tradisi tersebut cenderung sarat dengan proses adat.

Tapi toh tujuannya serupa bukan? Untuk menyambut kehamilan, sekaligus memberikan semangat pada Mama untuk menjalani proses tersebut dengan antusias.

Mempersiapkan Acara Baby Shower, Ini Poin Pentingnya

Baby Shower

Pemilihan Waktu

Disadari atau tidak, biasanya baby shower dilakukan pada trimester tiga kehamilan, yakni satu atau dua bulan sebelum HPL. Meski demikian, sebenarnya tidak ada patokan resmi untuk pelaksanaan baby shower tersebut. Selain harus mempertimbangkan jadwal orang-orang terdekat, jangan lupa untuk melihat kesiapan Mama yang tengah hamil. Tidak perlu buru-buru, acara ini merupakan perayaan internal dan untuk orang terdekat saja bukan?

Tempat Mengadakan Acara

Setelah mendapatkan waktu yang pas untuk semua tamu undangan dan Mama, selanjutnya adalah memilih tempat yang tepat. Mengadakan baby shower di lokasi yang tepat bisa membantu vibe terasa lebih menyenangkan. Jadi tak ada salahnya melakukan survey tempat-tempat yang memungkinkan. Pilih dengan cermat, di tempat yang sekiranya Mama merasa cocok.

‘Tamu’ Undangan

Mungkin tidak tepat jika disapa dengan sebutan tamu, karena baby shower sendiri biasanya mengundang orang-orang terdekat Mama. Buatlah daftar orang-orang yang akan Mama undang, atau jika akan menjadi kejutan untuk teman Mama, maka diskusikan daftar undangan ini dengan pasangannya. Rekan kerja, teman lama, keluarga dekat, atau lingkaran terdekat lain bisa jadi opsi untuk menghadiri acara ini.

Tema Baby Shower yang Sesuai

Memilih tema yang sesuai bisa menjadikan acara yang diadakan jauh lebih seru. Tentu, Mama harus membicarakan hal ini pada si empunya acara. Diskusikan dan pertimbangankan dengan matang, agar acara yang diadakan bisa benar-benar memberikan semangat dan energi positif untuk menjalani proses kehamilan. Tentu Mama paham betul bukan dinamika proses kehamilan yang seperti roller coaster?

Dokumentasi

Terakhir jangan lupakan ‘petugas’ dokumentasi. Jangan ragu untuk menggunakan jasa fotografer agar bisa mengabadikan momen terbaik ketika acara baby shower berlangsung. Mama juga bisa meminta tolong pada orang terdekat yang memiliki kemampuan fotografi Asalkan momen-momen terbaik bisa didokumentasikan, siapapun yang memegang kamera tidak masalah.

Tips dan Trik Melakukan Baby Shower yang Menyenangkan

Baby Shower

Nah, setelah melihat persiapan di atas, mari kita menyimak sedikit tips yang bisa Mama gunakan ketika akan mengadakan acara ini. Tidak banyak, hanya 4 poin singkat ini dijamin bisa membuat acara menjadi semakin menyenangkan.

Pastikan Kehadiran

Pertama, Mama wajib memastikan semua peserta yang bisa hadir, baik secara online maupun yang hadir secara langsung. Lakukan hal ini beberapa hari sebelum acara untuk memudahkan persiapan makanan, tempat, dan berbagai hal lain yang menyangkut dengan jumlah undangan yang hadir.

Pilih Menu yang Tepat

Selanjutnya, pastikan menu makanan yang disajikan bisa dikonsumsi undangan yang hadir. Jika ada alergi tertentu atau makanan yang tidak bisa dikonsumsi, ada baiknya didata dengan baik untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Tetap Berhati-Hati

Untuk Mama yang menjadi bintang dari acara baby shower ini, pastikan agar tetap berhati-hati. Euforia yang muncul ketika acara diadakan mungkin akan membuat Mama terlalu bersemangat dan bisa saja membuat lengah. Jangan lupa, pesta ini diadakan untuk memberikan semangat pada Mama, jadi jangan sampai Mama justru ceroboh dan melakukan hal yang tidak perlu dilakukan. Keep it safe, keep it clean, and enjoy the party!

Gender Reveal pada Baby Shower

Sedikit tips tambahan terakhir adalah menjadikan gender reveal si Kecil sebagai kejutan utama dari acara ini. Memang tidak sedikit Mama yang tak sabar mengetahui dan mengabarkan jenis kelamin dari si Kecil. Hal ini juga bisa diketahui sejak usia kandungan beberapa bulan. Namun agar semakin seru, jadikan gender reveal dari si Kecil sebagai puncak acaranya. Selain memberikan kejutan bagi orang-orang tersayang, tentu juga akan memberikan semangat untuk Mama dalam menjalani proses kehamilan.

Mengadakan baby shower memang jadi satu kebiasaan baru di kalangan Mama-Mama perkotaan yang cukup seru. Selain bisa memberikan semangat, acara ini juga dapat membangun kembali tali silaturahmi antara orang-orang terdekat. Mungkin juga Mama akan mendapat banyak hadiah untuk menyambut si Kecil kelak.

Nah, setelah baby shower selesai, agaknya Mama sudah harus menyiapkan berbagai perangkat yang diperlukan untuk menyambut si Kecil. Tak perlu cemas pengeluaran akan membengkak, banyak alternatif yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan Mama di usia awal si Kecil. layanan mamasewa.com misalnya, bisa membantu Mama menyediakan banyak sekali peralatan dan perlengkapan merawat si Kecil. Dengan menyewanya saja, Mama bisa mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. Semoga acara baby shower menyenangkan, dan selama menikmati masa-masa indah kehamilan!

Tinggalkan Balasan