Cara Mendidik Anak

Tidak sedikit Mama di luar sana yang masih kebingungan bagaimana cara mendidik anak yang baik. Meski memang tidak sedikit panduan atau acuan yang dikemukakan oleh para ahli di bidangnya, tetap saja satu dan lain hal Mama harus benar-benar cermat dalam membaca suasana. Penerapan cara mendidik seorang anak sendiri sebenarnya memiliki satu kunci utama : konsistensi.

Masa anak-anak merupakan masa penting untuk meletakkan dasar tumbuh kembang, agar ia bisa menjadi seorang yang berkualitas. Tidak sedikit kebiasaan-kebiasaan yang terbentuk sejak anak-anak, dan bertahan hingga ia dewasa kelak. Nah, untuk menemukan cara mendidik anak yang tepat, ada baiknya Mama berkonsultasi dengan tenaga ahli, dengan mempertimbangkan karakteristik si Kecil. Pada titik inilah hal-hal unik dan khas dimiliki si Kecil, sehingga perlu adaptasi yang tepat pada tips dan trik yang sudah ditentukan sebelumnya.

Selalu Menjadi Contoh untuk si Kecil

Cara Mendidik Anak

Jika diibaratkan, anak-anak adalah selembar kain putih yang masih kosong dan polos. Ia akan menyerap berbagai hal yang ditemuinya, yang dialaminya secara langsung. Ini mengapa, sangat penting untuk Mama dan orang dewasa lain yang ada di dalam rumah memberikan contoh perilaku yang diharapkan.

Sederhana saja, misalnya berkata dengan jelas, lembut, dan nada yang santun. Jika setiap orang dewasa di dalam rumah melakukan ini ketika berkomunikasi, maka si Kecil akan terpapar secara terus menerus dengan hal ini. Perlahan tapi pasti, ia akan mengadaptasi cara berkomunikasi tersebut.

Tidak Hanya Menyoal Bicara, Namun Juga Mendengarkan

Menerapkan dan mengajari si Kecil kebiasaan mendengarkan dengan baik juga jadi poin besar dalam cara mendidik anak jadi pribadi yang baik. Terkadang, begitu banyak hal yang ingin Mama sampaikan pada si Kecil, dan lupa bahwa si Kecil juga memiliki pemikiran dan perasaan yang perlu disampaikan. Secara rutin, jalin komunikasi yang seimbang. 

Ada kalanya Mama berbicara dan si Kecil mendengar, dan sebaliknya. Dengarkan dengan cermat apa yang dikatakan si Kecil, berikan tanggapan dengan baik pula. Si Kecil akan merasa dihargai dan memiliki hak untuk didengarkan. Pada waktu yang bersamaan, ia akan memahami betapa didengarkan ketika berbicara terasa nyaman, dan ia akan menyerap kebiasaan ini.

Menyediakan Waktu untuk si Kecil

Cara Mendidik Anak

Hal paling berharga yang bisa Mama berikan untuk si Kecil, guna mendidiknya adalah waktu. Waktu khusus untuk bersama si Kecil sangat diperlukan, karena kehadiran Mama secara langsung bisa sangat berdampak baik untuknya. Sekedar bermain bersama dengan mainan edukatif, atau beraktivitas di taman belakang rumah, atau mengajaknya bepergian, bisa sangat berarti untuknya. Quality time ini harus dilakukan secara rutin agar si Kecil mendapat perhatian dan kasih sayang langsung, sehingga ia merasa dekat dengan Mama secara emosional.

Jika Mama memerlukan mainan berkualitas dan edukatif, Mama tinggal mencarinya di marketplace atau layanan persewaan mainan. DI sana akan disediakan rekomendasi terbaik yang sesuai dengan usia si Kecil.

Konsistensi adalah Cara Mendidik Anak Paling Penting

Dalam membangun kebiasaan baik dan memberikan pendidikan informal di rumah, konsistensi adalah satu hal yang penting. Cara mendidik anak yang dilakukan dengan konsisten akan memudahkan si Kecil menyerap apa yang Mama ajarkan. Perlahan ia akan belajar pola perilaku yang benar, yang selalu ditunjukkan oleh Mama.

Ketika konsistensi terjaga, si Kecil mudah menyerap apapun stimulus yang Mama berikan. Sebaliknya, ketika Mama tidak konsisten, ia akan menjadi bingung dan kesulitan mengadaptasi kebiasaan yang ingin diajarkan. Meski kapasitas belajar si Kecil sangat besar, namun jika tidak menemukan pola yang dapat dipahami ia tetap akan kesulitan dalam belajar.

Jangan Ragu Memberikan Teguran dan Apresiasi

Cara Mendidik Anak

Memberikan apresiasi dan teguran pada apapun yang dilakukan si Kecil akan jadi cara mendidik anak yang selanjutnya. Kedua hal ini, harus disampaikan dengan cara berkomunikasi yang baik agar si Kecil mendapatkan poin utamanya. Bahwa Mama menghargai apa yang dilakukan si Kecil, bahwa Mama memperhatikan secara detail apa yang si Kecil lakukan, kemajuan yang dibuatnya, serta Mama ingin si Kecil tumbuh dengan baik dengan memberikan teguran pada kesalahan yang dilakukannya.

Memang memerlukan kesabaran yang luar biasa untuk selalu bisa memberikan teguran dan apresiasi yang tepat. Namun, bukankah itu merupakan tugas orang tua? Dengan pujian dan teguran, si Kecil akan menyadari bahwa Mama juga memperhatikannya setiap saat. Si Kecil juga akan cepat belajar mengenai batasan-batasan, antara yang baik dan kurang baik, dengan bimbingan Mama.

Memahami cara mendidik si Kecil memang bukan hal yang mudah. Dengan segala keunikan dan karakteristik khasnya, anak-anak benar-benar memerlukan perlakuan yang tepat agar dapat tumbuh dengan optimal. Baik secara psikis atau secara fisik, stimulus yang konsisten wajib diberikan padanya.

Setelah melihat cara mendidik anak yang disebut di atas, apakah Mama setuju? Well, cara-cara tersebut sifatnya hanya acuan saja untuk membantu Mama menemukan gambaran besarnya. Untuk stimulus yang tepat sendiri, selain kehadiran Mama secara langsung, penggunaan mainan dan perangkat merawat anak-anak yang berkualitas juga bisa mendukung usaha Mama. Tak perlu membelinya, Mama cukup mengunjungi mamasewa.com untuk mendapatkan alat dan mainan edukatif berkualitas. Cukup dengan melakukan sewa, Mama bisa menggunakan segala alat dan mainan dengan harga yang terjangkau.

Tinggalkan Balasan