Bagi anak-anak bermain merupakan salah satu sarana untuk pembelajaran, contohnya permainan masak-masakan. Ada banyak manfaat permainan masak-masakan yang bisa Mama berikan kepada anak.

Salah satu manfaat yang akan terlihat dari permainan masak-masakan yaitu mampu meningkatkan keterampilan anak. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika Mama memberikan permainan masak-masakan untuk si kecil.

Manfaat Permainan Masak-masakan yang perlu Mama Tahu

Untuk permainan masak-masakan bisa si kecil lakukan sendiri maupun bersama dengan teman, saudara dan orang tua. Tapi, alangkah lebih baik jika memang anak masih dalam kurun usia yang kecil perlu adanya pendampingan.

Image by Freepik

Hal semacam itu bertujuan agar Mama lebih mengetahui tumbuh kembang si kecil sekaligus mewaspadai hal-hal buruk terjadi. Berikut beberapa manfaat permainan modern masak-masakan dari berbagai sumber :

1. Meningkatkan Perkembangan Bahasa dan Komunikasi

Ketika si kecil memainkan peran sedang beraktivitas memasak, maka tanpa sadar kegiatan tersebut membantu meningkatkan perkembangan bahasa dan komunikasinya. Apalagi jika si kecil sudah mulai pandai untuk berbicara.

Mama bisa mengenalkan atau memperluas kosakata anak melalui benda-benda baru, termasuk nama yang berkaitan dengan masakan. 

Selain itu, Mama bisa memberikan kata kerja juga seperti mengaduk, dingin, panas, memasak dan lain sebaiknya.

2. Membantu Meningkatkan Keterampilan Sosial

Selanjutnya manfaat bermain permainan masak-masakan yaitu membantu meningkatkan keterampilan sosial. Kecenderungan anak akan terlibat dalam diskusi tentang apa yang anak kerjakan ketika berada di dapur.

Hal itu bisa terjadi ketika si kecil bermain bersama dengan temannya. Dari situ akan membantu kedua anak untuk saling bertukar pikiran sekaligus berbagi bahan dan peralatan masak yang anak gunakan untuk bermain.

3. Mampu Melatih Kemampuan dan Fungsi Motorik

Manfaat permainan edukatif masak-masakan selanjutnya yaitu melatih kemampuan dan fungsi motorik si kecil. 

Sebagai contoh ketika anak sedang bermain masak-masakan adegan memotong sayur, maka bisa membantu mengasah kemampuan motorik halusnya. Ketika kegiatan seperti itu dilakukan berulang kali.

Maka, akan membantu kemampuan motorik berkembang dengan optimal. Selain itu, ada kegiatan memindahkan sayuran dari wadah satu ke wadah lainnya bis melatih anak untuk menjimpit.

Kegiatan menjimpit, akan membantu melatih kemampuan motorik halus dan kasarnya. Dimana secara umum otot-otot si kecil pada bagian jari dan telapaknya menjadi lebih kuat.

4. Membantu Latihan Keterampilan Berhitung

Ada banyak manfaat permainan masak-masakan yang bisa Mama berikan kepada si kecil yaitu membantu melatih keterampilan dalam berhitung. Permainan masak-masakan membutuhkan beberapa kegiatan berhitung.

Sebagai contoh ketika menimbang bahan, mengukur gula, ataupun menghitung bahan lainnya. Maka, proses yang rumit ini akan menjadi pemahaman dasar matematika untuk si kecil.

Image by Freepik

Mengutip Bigjigs Toys, dapur merupakan salah satu tempat yang akan memberikan pembelajaran penambahan, pembagian, pengurangan sederhana. Oleh sebab itu, Mama bisa memberikan izin untuk si kecil melakukan permainan masak-masakan.

5. Membantu Belajar Penyimpanan dan Perencanaan

Saat si kecil bermain masak-masakan, maka manfaat bermain permainan masak-masakan yang didapat yaitu membantu belajar penyimpanan dan perencanaan.

Dimana si kecil akan menentukan peran yang berbeda untuk dirinya dan teman-temannya saat bermain bersama. Anak-anak juga akan mengatur bahan-bahan makanan tiruan tersebut.

Biasanya aka nada anak yang berpura-pura mengatur piring atau peralatan makan pada lemari. Bahkan, tidak jarang dari mereka yang melakukan perencanaan ketika memutuskan memasakan pada hari berikutnya.

Hal itulah yang akan membantu anak-anak dalam belajar perencanaan dan penyimpanan barang-barangnya.

6. Membantu Belajar Memahami Manfaat Sayuran dan Bahan Lainnya

Tidak hanya kelima manfaat permainan masak-masak di atas saja, manfaat lainnya yaitu untuk mengajarkan pemahaman akan manfaat sayuran dan bahan lainnya. 

Mama bisa mencoba untuk menjelaskan secara pelan-pelan, tapi konsisten kepada si kecil. Mama juga bisa memberikan penjelasan tentang pentingnya mengkonsumsi sayuran dan cara memasak sayuran. 

Image by Freepik

Sehingga, sayuran atau bahan lainnya itu terasa lezat dan tidak pahit ketika seseorang mengkonsumsinya. Selain itu, dari proses masak-masakan itu si kecil bisa mengenal proses pembuatan makanan. 

Sekaligus menghargai masakan yang Mama buat untuk dirinya dan keluarga.

7. Membantu Menimbulkan Kreativitas

Mama bisa menambahkan beberapa property masak-masakan agar bisa si kecil manfaatkan dengan baik. Seperti ada irisan keju dan sosis yang si kecil gunakan untuk  memberi taburan cupcake, pizza atau salad.

Untuk kreatifitas lebih, Mama bisa melengkapi property mainan dengan lengkap. Jika budget Mama mimin, Mama bisa menyewa berbagai permainan tambahan di Mamasewa.com.

Ada banyak pilihan mainan yang tersedia untuk melengkapi kreativitas si kecil. Mama bisa mencoba mengkolaborasikan masak-masakan tersebut dengan mainan mobil-mobilan, seakan-akan si kecil membeli bahan masakan itu.

8. Belajar untuk Mandiri

Manfaat permainan masak-masakan selanjutnya yaitu belajar si kecil untuk lebih mandiri. Dengan  bermain masak-masakan si kecil akan belajar untuk lebih percaya diri dan mandiri.

Dengan begitu, si kecil akan belajar tanggung jawab dari kegiatannya. Biasanya hal ini muncul dari anak yang mengatur barang-barang atau permainannya di dapur.

9. Membantu Mengenalkan Warna-warna

Terlepas dari manfaat bahan masakan, manfaat permainan masak-masak ini juga sebagai pembelajaran mengenalkan  warna-warna. Ada banyak warna yang bisa Mama kenalkan kepada si kecil melalui bahan-bahan makanan dan masakan.

Dengan begitu, Mama bisa melatih si kecil menggunakan bahan tiruan yang ada untuk mengenalkan warna. Sehingga, anak akan mudah untuk mengingat aneka warna yang ada.

10. Membantu Anak Belajar Menyelesaikan Masalah

Permainan masak-masakan yang terbilang begitu saja, mungkin bisa Mama manfaatkan untuk mengasah kemampuan si kecil dalam menyelesaikan masalah. Hal itu bisa terjadi, ketika terjadi sebuah masalah.

Sebagai contoh ketika alat masak si kecil hilang, anak Mama akan berusaha mencari barang tersebut. Selain mencari, bisa juga bisa bertanggung jawab dengan mencari pengganti lainnya.

11. Membantu Memilih Makanan Sehat

Membantu memilih makanan yang sehat juga bisa masuk dalam manfaat permainan kecil masak-masakan. Saat Mama memberikan buah, sayur, dan telur tiruan Mama sudah membantu mendorong anak untuk memilih makanan sehat.

Anak akan membayangkan makanan yang pura-pura masak, hal itu akan membuat anak mencoba memakan makanan tersebut pada kehidupan nyatanya. Oleh sebab itu, pilihan bahan masak-masak yang mendukung perkembang anak.

12. Membantu Mempelajari Instruksi

Anak yang membaca resep dengan baik ketika bermain masak-masakan merupakan cara terbaik untuk anak mempelajari instruksi. Apalagi ketika anak masak bersama dengan teman-temannya, ada banyak orang terlibat.

Sehingga, mereka bisa saling memahami dan mempelajari apa peran masing-masing dengan instruksinya. Tidak hanya itu saja, tapi anak juga akan mengerti langkah apa yang seharusnya mereka ikuti dengan baik.

Saat anak sudah mulai menyerap semua manfaat permainan masak-masakan tersebut. Mama bisa mencoba memilih permainan lain yang memberikan manfaat berbeda dari sebelumnya.

Mama bisa melakukan sewa permainan anak di Mamasewa.com. Ada banyak jenis permainan dengan manfaat yang beragam, salah satunya mampu merangsang stimulasi si kecil.

Selain itu, juga masih ada keuntungan lain Mama menyewa mainan pada Mamasewa.com. Mama bisa memperoleh harga yang lebih murah daripada harus membelinya, barang terjamin berkualitas dan tentunya akan diantar ke rumah.

Tinggalkan Balasan