Salah satu permainan yang sangat anak sukai adalah kuda-kudaan atau rocking horse. Jika Mama berpikir bahwa permainan ini hanya terlihat menyenangkan, maka salah besar. Karena ternyata ada banyak manfaat permainan kuda-kudaan lho! 

Dunia anak memang sangat dekat dengan aktivitas bermain. Si kecil bisa menghabiskan waktu berjam-jam dengan mainan mereka sukai. Kuda-kudaan dulu dianggap sebagai permainan tradisional karena dulu banyak terbuat dari kayu. 

Seiring perkembangan zaman, kuda-kudaan pun banyak dibuat dari plastik yang jauh lebih modern. Lalu, apa manfaat bermain kuda-kudaan yang bisa anak dapatkan? 

Inilah 6 Manfaat Permainan Kuda-kudaan 

Di Indonesia, kuda-kudaan juga populer dengan nama kuda goyang. Sementara dalam versi bahasa Inggris, permainan ini punya nama rocking horse. 

Image by Pexels

Permainan kuda-kudaan adalah permainan yang dulunya terbuat dari kayu ataupun rotan dan bentuknya mirip seperti kuda. Ada tempat duduk pada bagian atas, pijakan kaki, dan pegangan untuk tangan. 

Nantinya, anak-anak akan memainkannya dengan duduk dan menggoyangkan kuda-kuda dengan cara memaju mundurkan tubuh mereka. 

Di jaman sekarang, banyak orang tua yang memberikan gadget dan permainan modern untuk anak. Padahal, Mama pun bisa mengajak si kecil bermain kuda-kudaan dengan manfaatnya yang beragam. Inilah berbagai manfaat tersebut:

1. Membantu Perkembangan Kreativitas dan Imajinasi 

Manfaat permainan kuda-kudaan yang pertama adalah untuk membantu perkembangan kreativitas dan imajinasi anak. Hal ini berasal dari imajinasi yang akan dibayangkan anak-anak ketika memainkan permainan ini. 

Misalnya, ketika naik si kecil akan membayangkan dirinya sebagai koboi yang naik kuda. Atau membayangkan sebagai penunggang kuda yang sedang balapan. Nah, dari sinilah imajinasi mereka akan berkembang lewat permainan ini. 

Dengan imajinasi yang tinggi, pada akhirnya kreativitas si kecil pun akan bertambah kaya. Sebab mereka bisa membayangkan banyak hal dan menuangkannya pada kehidupan sehari-hari. 

2. Memberikan Sensasi Menenangkan dan Rileks untuk Anak 

Gerakan rocking horse yang seperti diayun bolak-balik terasa seperti saat anak sedang digendong. Anak-anak biasanya akan sangat akrab dengan buaian seperti itu karena menimbulkan rasa nyaman bagi mereka. 

Hal ini pun bisa mereka rasakan ketika bermain kuda-kudaan. Efek menenangkan dan perasaan rileks pun bisa tercipta ketika mereka bergerak maju mundur secara perlahan. 

3. Bermanfaat untuk Motorik dan Mobilitas Si Kecil 

Manfaat selanjutnya dari rocking horse adalah untuk motorik dan mobilitas si kecil. Dimana ketika bermain, motorik halus dan kasar anak akan sangat terlatih. Permainan kuda-kudaan dapat melatih otot tubuh bagian atas. 

Alhasil kekuatan tubuh mereka pun akan lebih terlatih karena mereka harus tegak selama bermain. Tidak hanya motorik kasar, bagian motorik halus pun juga akan sangat terlatih dengan permainan yang satu ini.

 

Image by Freepik

Koordinasi antara tangan, lengan, dan kaki anak akan tercipta ketika menaiki kuda-kudaan. Karena setiap bagian tubuh tersebut harus diletakkan pada tempatnya, seperti tangan pada stang dan kaki di pijakan. 

4. Melatih Keseimbangan Si Kecil 

Tidak hanya bagus untuk perkembangan otak mereka, kuda-kudaan juga sangat bermanfaat untuk melatih keseimbangan. Hal ini tercipta karena saat berayun di atas kuda-kudaan, sistem vestibular pada anak akan bekerja. 

Sistem vestibular sendiri adalah sistem yang ada di telinga bagian dalam manusia. Bagian tubuh ini sangat berperan besar untuk menciptakan keseimbangan pada manusia. Saat sistem ini terangsang terus menerus, keseimbangan pun makin kuat.

Jika baru bermain, sebaiknya Mama mendampingi anak untuk terbiasa dengan cara kerja rocking horse. Tuntun mereka agar familiar dan bisa menggerakkan kuda sendiri dengan bergerak kedepan dan kebelakang. 

Apabila masih belum seimbang, tidak masalah. Karena lama-kelamaan tubuh anak pun akan mengingatnya dan secara perlahan mereka bisa seimbang dan bisa bermain kuda-kudaan dengan lancar. 

5. Mengenalkan Irama pada Anak 

Permainan kuda-kudaan juga secara tidak langsung akan mengenalkan irama atau ritme pada anak. Pasalnya, cara bermain kuda-kudaan yang maju mundur dan berayun akan membuat otak anak merasakan sebuah ritme yang teratur. 

Baik irama yang cepat atau lambat, tetap akan terasa irama yang teratur hingga mempengaruhi perkembangan motorik halus mereka. Apalagi otak dan motorik halus memang bisa bekerja optimal saat tercipta sebuah ritme yang teratur. 

Tidak hanya itu, otak akan mengingat bagian otot tubuh mana saja yang bergerak saat anak memainkan kuda-kudaan. 

6. Bagus untuk Anak yang Memiliki Masalah Sensorik dan Autisme 

Manfaat permainan kuda-kudaan selanjutnya adalah bermanfaat untuk anak yang memiliki masalah pada sensorik dan autisme. Jadi ketika ada anak autis yang sering menggerakkan tubuh secara berlebihan, maka bisa bermain kuda-kudaan. 

Sebab permainan ini akan membantu mereka merasa lebih aman dan tenang saat tubuh terlalu bersemangat. Permainan ini juga sifatnya mandiri sehingga mereka tidak perlu berinteraksi dengan orang lain untuk bisa bermain. 

Solusi Jitu Sediakan Mainan untuk Anak

Dengan manfaat kuda-kudaan untuk anak yang sangat besar, memang permainan ini sangat dianjurkan untuk orang tua miliki di rumah. Tidak hanya menyenangkan, tapi juga bisa menjadi alternatif permainan yang bermanfaat untuk si kecil. 

Tidak perlu khawatir soal harga yang mahal, karena Mama dan Papa pun tidak harus membelinya. Solusinya adalah dengan menyewa rocking horse di Mamasewa.com. 

Di Mamasewa, terdapat banyak pilihan kuda-kudaan dengan warna dan tarif yang berbeda-beda. Jadi, Mama bisa menyewa sesuai warna kesukaan si kecil dengan durasi sesuai kebutuhan. 

Berikut adalah rincian model dan tarif sewa rocking horse di Mamasewa: 

  1. Coby Haus Lolly Gummy Rocking Horse (Pink) tarif mulai Rp 2.857 per hari 
  2. Coby Haus Lolly Gummy Rocking Horse (Blue) tarif mulai Rp 2.857 per hari 
  3. iBebe Carousel Mint tarif mulai Rp 2.857 per hari 
  4. Rocking horse (Blue) tarif mulai Rp 3.571 per hari 
  5. Rocking horse (Pink) tarif mulai Rp 3.571 per hari 
  6. Rocking horse Happy Play (Merah) tarif mulai Rp 3.571 per hari. 

Tersedia durasi sewa mingguan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Mulai dari 1 minggu, 2 minggu, sampai paling lama 13 minggu. Semua permainan kuda-kudaan ini terbuat dari bahan berkualitas sehingga aman untuk anak. 

Selain itu, Mama dan Papa pun tidak perlu khawatir soal kebersihan mainan. Sebab, tim dari Mamasewa selalu melakukan pembersihan secara rutin lewat 5 tahap. Jadi setiap permainan sudah dijamin higienis dan aman untuk digunakan anak. 

Selama 4 tahun beroperasi, Mamasewa juga sudah melayani kebutuhan penyewaan perlengkapan ibu dan anak dengan lebih dari 15.000 customer terdaftar. Terhitung ada lebih dari 25.000 transaksi yang sukses Mamasewa handle. 

Cara Penyewaan 

Untuk bisa menyewa kuda-kudaan, Mama bisa langsung melakukan registrasi di website https://mamasewa.com/. Kemudian pilih produk, durasi penyewaan, dan lakukan pembayaran. 

Kemudian pihak CS Mamasewa akan melakukan konfirmasi terkait pemesanan. Tersedia pilihan untuk mengambil barang yang disewa sendiri atau melalui pengiriman ke lokasi. 

Kini Mamasewa melayani wilayah pengiriman area Jakarta, Bekasi, Depok, Tangerang, Cikarang, Bogor, Karawang, Kota Bandung, Kota Sidoarjo, Surabaya, Semarang, dan Kota Kendal. 

Itulah manfaat permainan kuda-kudaan yang bisa Mama simak. Dengan banyaknya manfaat tersebut, Mama bisa memberikan mainan ini sebagai selingan agar si kecil tidak monoton hanya bermain gadget atau mainan yang itu-itu saja.

Tinggalkan Balasan