tips travelling

Bagi sebagian orang, melakukan solo travelling adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Alasannya adalah karena solo travelling bisa memberikan kebebasan dalam setiap pengambilan keputusan. Solo travelling bahkan masih sering dilakukan oleh orang-orang yang sudah berkeluarga, atau bahkan yang sudah memiliki anak. Para orang tua umumnya tidak mengajak anak-anak untuk ikut travelling, dengan alasan repot atau ribet. Benarkah demikian? Adakah tips travelling untuk ajak anak liburan?

Kenyataannya, meskipun mengajak anak-anak saat traveling itu lebih merepotkan ketimbang sendiri, tapi semuanya tentu akan terbayar ketika kita bisa berkumpul bersama keluarga di tempat lain selain di rumah. Anak-anak akan menemukan pengalaman baru yang tidak terlupakan bersama orang tuanya, yang akan selalu diingat sampai ia dewasa nanti. Nah, sebelum memutuskan akan travelling ke mana, intip dulu, yuk, manfaat dan tips travelling bersama anak berikut ini.

Manfaat Melakukan Travelling Bersama Anak

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika memutuskan travelling bersama anak, di antaranya adalah:

Keleluasaan Waktu yang Lebih Fleksibel

Travelling bersama anak memungkinkan Anda untuk lebih fleksibel dalam menentukan jadwal travelling. Hal ini disebabkan karena anak-anak belum memiliki kegiatan di luar yang terlalu banyak, dan jadwal di sekolah masih fleksibel sehingga Anda bisa merencanakan jadwal travelling kapan saja.

Budget yang Lebih Murah: Tips Travelling Anti Boncos

Jika Anda melakukan travelling bersama anak usia bayi sampai balita, maka Anda bisa mendapat harga tiket perjalanan yang bersahabat, lho. Karena harga tiket untuk anak berbeda dengan tiket untuk orang dewasa. Biasanya akan ada potongan khusus bagi bayi dan balita. Lumayan hemat, bukan?

Membangun Kekompakkan Ayah dan Ibu

tips travelling

Kerja sama yang baik antara ayah dan ibu sangat diperlukan ketika melakukan travelling bersama anak. Karena akan selalu ada kejadian yang melatih kesabaran dan kekompakkan Anda sebagai pasangan. Travelling bersama anak membuat ayah dan ibu harus selalu mampu membangun komunikasi, sehingga akan membentuk hubungan yang semakin erat dan kompak. Kekompakan bisa jadi tips travelling ampuh untuk ajak liburan si Kecil.

Baca Juga :  Manfaat Musik Bagi Bayi: Perhatikan Baik-baik, ya Moms!

Membangun Hubungan Orang Tua dan Anak

Selain membangun kekompakkan antara ayah dan ibu, travelling bersama anak juga bisa membuat hubungan orang tua dan anak menjadi lebih hangat dan erat. Anak-anak akan merekam dalam memori mereka, bahwa ayah dan ibunya berjuang keras mengajak mereka untuk liburan dan bersenang-senang bersama. Mereka juga akan mengingat begitu banyak hal indah dan seru yang dilakukan bersama ayah dan ibu.

Mengajarkan Anak Untuk Lebih Berani

Saat anak diajak untuk travelling ke tempat-tempat baru, anak akan dihadapkan pada situasi yang juga beragam. Pengalaman ketika mengantri saat membeli tiket atau masuk ke dalam transportasi umum, dan berjalan jauh untuk sampai ke tempat wisata yang memiliki pemandangan indah, akan melatih kesabaran dan keberanian mereka.

Mengajarkan Anak Untuk Menghargai Perbedaan

Traveling bersama anak ke berbagai tempat baru, tentu akan menjadi pengalaman luar biasa bagi mereka. Adanya perbedaan kondisi dan keadaan yang mereka temui, menjadikan anak belajar untuk menghargai perbedaan yang ada.

Nah, itu tadi beberapa contoh kecil manfaat travelling bersama anak. Tentunya masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dan keluarga rasakan, ketika menikmati indahnya alam dengan canda tawa bersama.

Tips Travelling Nyaman Bersama Anak

Sebelum berangkat melakukan travelling bersama anak, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal terlebih dulu. Yuk, intip tips-tips berikut ini:

Tips Travelling Paling Penting: Periksa Kondisi Kesehatan Anak

Hal penting yang perlu diingat sebelum melakukan travelling adalah periksalah kesehatan anak-anak Anda. Orang tua wajib mempersiapkan fisik anak agar tetap fit dan tidak mudah sakit selama melakukan perjalanan. Pastikan bahwa anak Anda cukup istirahat dan tidak kelelahan saat akan berangkat. Mengecek kondisi kesehatan anak ini tips traveling paling utama sebelum mengajaknya berlibur.

Baca Juga :  Mau Sewa Stroller Bayi - Ikuti 6 Tips Ini

Tisp Travelling Wajib: Bawalah Pakaian Yang Cukup

tips travelling

Tips traveling kedua adalah membawa pakaian yang cukup dan bisa disesuaikan dengan kondisi yang ada, menjadi hal penting yang juga harus diingat ketika Anda ingin travelling bersama anak. Pakaian yang sesuai kondisi misalnya, jika akan ke pantai, bawalah baju renang. Atau jika travelling ke gunung maka bawalah baju hangat. Jangan lupa untuk membawa peralatan lain seperti tisu basah, tisu kering, hand sanitizer, dan lain-lain.

Tips Travelling Anti Rewel: Bawalah Mainan yang Praktis

Mainan untuk anak yang masih kecil yang bisa dibawa misalnya boneka atau mainan yang bisa berbunyi. Sedangkan untuk anak yang sudah lebih besar bisa dibawakan stiker atau buku.

Perhatikan Waktu Makan dan Tidur Anak

Travelling bersama anak juga harus memperhatikan waktu makan dan tidur anak yang Anda ajak, sehingga bisa terhindar dari kelelahan. Selain itu, sebisa mungkin kegiatan travelling Anda tidak terlalu padat, agar tercipta interaksi yang berkualitas dengan anak. Jadi jangan kelupaan tips travelling yang satu ini ya Bund!

Bawalah Vitamin dan Obat-Obatan Penunjang

Jangan lupa selalu bersiap untuk segala kemungkinan. Jadi bawalah selalu vitamin dan obat-obatan sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu kondisi fisik anak menurun karena perubahan cuaca atau kelelahan. Contoh obat yang perlu dibawa adalah minyak kayu putih, lotion anti nyamuk, obat demam, obat luka atau antiseptik, dan lain-lain.

Menggunakan Baby Carrier atau Stroller

tips traveling

Membawa dan menggunakan baby carrier atau stroller bisa membantu anak selama travelling, agar tidak lelah saat diajak jalan-jalan. Jika Anda tidak memilikinya, Anda bisa menyewanya dengan batas waktu tertentu di tempat-tempat persewaan yang saat ini sudah mulai populer dan dicari banyak orang.

Baca Juga :  Kelebihan Pompa ASI Medela

Yup, itu tadi tips travelling nyaman agar Anda dan anak-anak merasa nyaman saat melakukan travelling bersama. Semoga bermanfaat, ya. Selamat berlibur!

Leave a Reply