Selamat ulang tahun yang pertama! Wah, tentunya hal ini memunculkan banyak perasaan pada hati Bunda. Mulai dari sedih karena si Kecil sudah mulai beranjak dewasa hingga bangga karena banyak hal yang akan dilalui si Kecil nantinya. Salah satu hal yang Bunda pasti ingin lakukan adalah memberi fasilitas pembelajaran untuk mengoptimalkan kemampuan pada usia 1 tahun. Salah satunya dengan mainan edukasi anak.

Mamasewa akan membantu Bunda untuk menemukan jenis mainan edukasi anak apa saja yang paling tepat untuk si kecil di usianya yang beranjak 1 tahun. Namun sebelumnya, yuk kita ketahui apa saja perkembangan yang bisa dilakukan anak berusia 1 tahun!

Apa saja yang sudah bisa dilakukan bayi usia 1 tahun?

Ada beberapa hal yang umumnya sudah bisa dicapai atau dilakukan bayi pada usia 1 tahun. Namun bukan berarti bayi Anda harus sudah bisa melakukan hal-hal ini, ya! Selalu berkonsultasi pada dokter anak atau psikolog anak dalam menentukan tolak ukur kemampuan bayi. Panduan di bawah ini hanya sebagai pengingat namun bukan pemaksaan agar bayi bisa melakukan hal-hal tersebut.

mainan edukasi anak

1. Bayi sudah mulai berjalan bahkan perlahan menaiki tangga!

Pada usia ini, si kecil sudah mulai berjalan! Langkah pertamanya akan terasa ringkih, namun Anda bisa menyemangatinya dan perlahan si kecil akan terbiasa! Ini adalah masa-masa yang pasti mengharukan pada usia ini. Anda bisa mulai menstimulasi gerakan-gerakan yang berhubungan dengan berjalan.

Bahkan tidak jarang ada yang sudah mau menaiki tangga perlahan, lho! Pastikan si kecil berada dalam tangga yang aman. Jika bisa, tutup tangga dengan penghalang agar si kecil tidak sembarangan naik. Namun ini artinya Anda bisa mencoba mainan berupa seluncuran.

2. Berat badannya meningkat 3 kali lipat!

Masih ingatkah Bunda akan tubuh si kecil yang mungil dan tidak berdaya? Kini jagoan Anda sudah tumbuh lebih besar kira-kira 3 kali lipat dari sebelumnya. Tingginya pun sudah bertambah sekitar 50%.

Baca Juga :  Beli Mainan Mahal Tapi Hanya Dipakai Sebentar, Bagaimana Solusinya?

3. Mulai bisa makan dengan tangan sendiri

Perkembangan yang paling tampak adalah motorik. Selain berjalan, motorik halus anak Anda bisa dilatih pada usia ini. Anda mungkin mendapati si kecil sudah mulai memasukkan makanan ke mulutnya. Anda bisa mengajak si kecil melatih motorik halus untuk koordinasi yang lebih baik.

4. Menggerakkan tubuh saat Ayah dan Bunda memakaikan baju

Begitu pula dengan pergerakan tubuh. Tanpa disadari, si kecil ikut bergerak dan justru membantu Ayah dan bunda saat memakaikan baju. Sungguh menggemaskan, bukan?

mainan edukasi anak

5. Secara motorik perlahan mencoba menggunakan benda-benda sehari-hari seperti sendok

Anda mungkin terkejut ketika si kecil tiba-tiba menggerakkan sendok yang biasa digunakannya untuk MPASI. Di usia ini bayi memang sudah mulai bisa bermain dengan benda-benda sekitarnya termasuk sendok. Bunda bisa mempraktikkan penggunaan sendok dengan perlahan untuk membiasakannya.

Perlu diingat bahwa bayi tidak akan segera bisa menggunakannya dengan tepat, tapi melihat bayi memiliki tujuan yang sesuai seperti memasukkan makanan ke mulut saja sudah membuat senang, ya!

6. Mulai tidur lebih lama di malam hari

Jika bayi di bawah 1 tahun masih belum memiliki jadwal tidur yang seimbang, maka pada ulang tahunnya yang pertama si kecil sudah mulai tidur lebih lama pada malam hari. Ini artinya si kecil lebih sering terjaga pada siang hari meski masih tetap membutuhkan tidur siang.

7. Mulai bisa mendengar ucapan pertamanya!

Salah satu keberhasilan kecil lainnya di usia ini adalah Anda bisa mendengar kata pertama! Wah, ini adalah momen membahagiakan bagi Ayah dan Bunda. Umumnya kata pertamanya adalah ‘Papa’, ‘Yayah’, ‘Mama’, atau ‘Bubu’. Ini dikarenakan si kecil menirukan nama atau suara yang berada di sekitarnya. Mereka akan sering menirukan kata-kata dari Ayah, Bunda, atau keluarga lain.

Baca Juga :  Mama Wajib Tahu! Inilah 6 Manfaat Mainan Anak Untuk Perkembangan Otak Si Kecil
mainan edukasi anak

8. Bersiaplah untuk perhatian yang lebih, bayi Anda akan mulai mencari perhatian!

Di usia ini bayi lebih bersosialisasi dengan lingkungannya. Salah satunya adalah mulai merespon segala permintaan atau perintah dari Ayah dan Bunda. Tidak jarang bayi keukeuh pada keinginannya untuk bilang ‘Tidak’! Wah, tentu Ayah dan Bunda butuh stok kesabaran lebih!

Namun jangan khawatir, Ayah dan Bunda bisa bersabar dan stimulasi anak, misalnya melalui mainan edukasi anak. Jika si kecil melakukannya, Anda wajib untuk memuji atau memberikan hadiah. Ini bukan untuk memanjakan, namun sebagai apresiasi bahwa apa yang dia lakukan benar.

9. Bayi akan lebih takut terhadap 1 orang dan memilih orang lainnya

Pada usia ini bayi juga sudah mulai memilih orang tertentu ynag favorit, seperti Ayah atau Bunda. Jika Anda pergi, maka jangan kaget jika bayi mulai rewel dan mencari perhatian. Cobalah untuk bersimpati pada kebutuhan yang normal ini, karena hal ini pasti akan berlalu.

Anda juga harus memaklumi jika si kecil takut terhadap orang baru. Ini adalah bentuk mengenal dunia versi bayi berusia 1 tahun.

10. Bayi akan lebih mudah mengeksplorasi sekitarnya

Dengan segala kemampuan baru yang dimilikinya, bayi akan mulai bereksplorasi di daerah sekitarnya. Menaiki tangga, bermain dengan sendok, dan masih banyak lagi yang tidak Anda bayangkan! Inilah saat yang tepat untuk mengganti semua peralatan yang mudah dijangkau dengan barang-barang aman. Jangan letakkan benda-benda tajam dan turunkan kasur agar dia tidak terjatuh.

Wah, menakjubkan sekali bukan perubahan yang dilakukan oleh si kecil di ulang tahun pertamanya? Lalu apa saja yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan perkembangannya? Berikut adalah mainan-mainan yang cocok untuk si kecil!

Baca Juga :  Persiapkan Hal Ini Sebelum Waktu Melahirkan Tiba
parklon fun slide

Ragam Mainan Edukasi Anak

1. Parklon Fun Slide

Ajak anak berkelana dan menikmati seluncuran yang aman dan nyaman dengan Parklon Fun Slide. Tangga yang rendah serta seluncuran yang cukup landai memastikan si kecil tidak terjatuh dengan kasar. Mainan edukasi anak satu ini, cocok digunakan untuk si kecil berusia 1,5 tahun ke atas bersama teman-temannya!

4. Coby Haus Fence Fold

Dengan bertambahnya aktivitas si kecil, Bunda mungkin kesulitan mencari waktu yang aman untuk memasak atau sekadar mandi. Hilangkan kekhawatiran Anda dengan memasang Coby Haus Fence Fold yang aman, sehingga si kecil tidak akan terjatuh atau pun bereksplorasi terlalu jauh. Anda bisa memasukkan beberapa mainan edukasi anak di dalamnya.

5. Fisher Price Musical Zebra Walker

Ini adalah mainan edukasi anak yang tepat untuk melatih keseimbangan si kecil saat berjalan! Fisher Price Musical Zebra Walker memiliki pegangan sehingga si kecil bisa aman belajar berjalan. Ada pula tombol-tombol interaktif yang membantu si kecil berlatih motorik halus atau mengenal suara dan bahasa. Lengkap!

6. ELC Little Senses Lights and Sounds Activity Table

Jika si kecil sudah memasuki usia 1 tahun, ada saja kegiatan yang ingin dilakukan! Buah hati Anda bisa berdiri dan berinteraksi dengan berbagai permainan seperti bola, corong, roda gigi, dan interaktif atau mainan edukasi anak lainnya yang bisa melatih motorik si kecil dengan aman!

Leave a Reply