Liburan ke luar kota sering kali terasa tanggung gara-gara keterbatasan waktu. Alhasil, banyak orang tua memilih berkunjung ke tempat wisata anak di Jakarta yang terdekat saja.

Kabar baiknya, sekarang ada banyak tempat wisata seru yang cocok untuk menikmati liburan bersama keluarga. Baik yang berupa aneka wahana permainan, maupun wisata edukasi.

Tempat Wisata Anak di Jakarta

Tidak afdol rasanya jika menghabiskan liburan tanpa kegiatan menyenangkan bersama keluarga. Apalagi kalau bukan berlibur ke tempat wisata.

Selain menghilangkan penat dengan refreshing, liburan juga bisa menjadi momen tepat untuk quality time dan mempererat kedekatan dengan si kecil.

Beberapa rekomendasi tempat wisata anak di Jakarta bisa menjadi pilihan untuk mengisi liburan:

1. Skyworld Taman Mini Indonesia Indah

Tempat wisata yang satu ini mengenalkan anak tentang penjelajahan luar angkasa. Ada banyak wahana seru yang dapat merangsang keingintahuan dan meningkatkan wawasan anak, seperti Planetarium, replika roket besar, dan control room.

Terdapat juga beraneka pajangan yang menampilkan berbagai pengetahuan terkait perjalanan astronot dan tata surya.

Jika ingin pengalaman yang lebih menantang, maka bisa mencoba Cinema 5D. Di sini pengunjung bisa merasakan sensasi terbang seperti astronot yang sedang menjelajah luar angkasa.

Tersedia juga berbagai wahana permainan seperti seluncuran, ayunan, wall climbing, dan trampoline yang pasti disukai anak.

2. Jakarta Aquarium

jakarta aquarium

Tempat wisata anak di Jakarta Barat ini merupakan destinasi ideal untuk mengenalkan anak pada dunia bawah laut.

Mama dapat mengajak anak untuk mengenal aneka jenis ikan yang terdapat di akuarium besar. Ada juga akuarium dengan bentuk lorong kecil yang menyajikan pengalaman melihat ikan seolah dari dasar laut.

Selain bisa menambah pengetahuan bagi anak, Jakarta Aquarium juga memiliki banyak spot Instagrammable. Latar belakang ikan dalam akuarium juga cocok untuk mengambil foto untuk mengenang momen liburan keluarga.

3. Cibubur Garden Diary

Cibubur Garden Diary merupakan tempat wisata anak di Jakarta bertema alam. Destinasi wisata ini menghadirkan suasana khas pedesaan yang hijau dan sejuk.

Tempat ini memungkinkan anak untuk mengenal berbagai hewan ternak. Menariknya, anak-anak bisa berinteraksi dengan berbagai hewan seperti memberi makan, mengelus, hingga belajar memerah susu.

Selain bermain dengan hewan, tersedia juga playground yang berlokasi outdoor.

4. The Wave Pondok Indah Waterpark

Bermain air selalu cara seru untuk liburan dan mengusir jenuh, baik untuk anak maupun orang dewasa.

The Wave Pondok Indah Waterpark punya banyak wahana permainan air seru yang cocok untuk bermain sekeluarga. Seperti perosotan mini untuk yang aman untuk si kecil dan kolam dengan pancuran bertema viking.

Ada juga wahana yang mampu menguji adrenalin, seperti Wizard Slide untuk berseluncur dan wahana surfing bernama Flowrider.

Nah, setelah puas bermain Mama bisa menikmati makan siang bersama. Tempat wisata ini memiliki banyak pilihan menu. Selain itu, Mama juga boleh membawa bekal sendiri.

5. Pinisi Edutainment Park

pinisi edutainment park
Source: Google Maps

Tempat wisata buat anak di Jakarta yang satu ini memiliki konsep kota pelabuhan. Sementara, landmark utamanya adalah kapal kayu tradisional pinisi.

Mama bisa mengajak anak ke tempat bermain indoor ini untuk mengenal berbagai kesenian dan kebudayaan Indonesia. Seperti lagu tradisional anak, miniatur rumah adat, dan kostum pelaut.

Pinisi Edutainment Park juga menawarkan kelas art and culture yang bisa si kecil ikuti sesuai minat. Bahkan ada juga kelas drama yang langsung tampil, sehingga bisa memberikan pengalaman seru bagi anak.

6. The Playground Kemang

The Playground Kemang merupakan tempat wisata di Jakarta yang cocok untuk anak balita. Meskipun ada juga beberapa wahana yang tidak sesuai untuk balita, seperti perosotan tinggi.

Mama bisa menemani anak untuk menikmati berbagai wahana seperti ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, dan flying fox kecil.

Tenang, Ma, flying fox ini punya tempat duduk untuk orang tua dan anak. Jadi, Mama bisa menemani sekaligus menjaga anak selama mencoba wahana flying fox.

The Playground Kemang juga menyediakan pendamping untuk menjaga keamanan si kecil saat mencoba berbagai wahana permainan.

7. Kitchen Magic

Seperti namanya, tempat wisata ini menyediakan kelas belajar memasak untuk si kecil. Beda dari kelas masak pada umumnya, Mama tidak perlu booking dulu supaya anak bisa mengikuti kelas.

Mama bisa mengajak anak ke sini untuk mengenalkan pada kegiatan memasak. Si kecil juga bebas berkreasi menghias kue dengan icing berbagai warna dan bentuk.

Ada juga program Mom & Kids yang memungkinkan Mama dan si kecil untuk seru-seruan masak bersama.

8. Faunaland Ancol

Mengenal keragaman satwa bisa merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus edukatif untuk anak.

Faunaland Ancol merupakan tempat wisata ramah anak di Jakarta yang memungkinkan Mama mengenalkan satwa secara langsung dari jarak dekat. Inilah yang membedakan dari kebun binatang pada umumnya.

Tenang saja, terdapat sekat kaca tebal yang memisahkan pengunjung dari satwa. Sehingga keamanan tetap terjamin saat menyapa hewan buas seperti singa.

Pengunjung Faunaland Ancol juga boleh berinteraksi langsung dengan hewan yang tidak berbahaya, seperti kelinci dan kura-kura. Tersedia juga wahana perahu untuk menyusuri perahu kecil melewati hutan.

9. Houbii Urban Adventure Park

Bagi anak yang aktif dan suka permainan menantang, wahana permainan ini bisa menjadi pilihan destinasi terbaik untuk mengisi waktu liburan.

Pasalnya, Houbii Urban Adventure Park memiliki banyak wahana yang bisa memuaskan keinginan bermain anak. Mulai dari trampoline luas untuk melompat-lompat sesuka hati, hingga area High Rope Course yang menguji ketangkasan.

Bagi yang suka tantangan, bisa mencoba Ninja Course Obstacle yang mengajak pengunjung berkompetisi layaknya Ninja Warrior.

Wahana permainan permainan di tempat wisata anak di Jakarta ini didesain untuk semua usia. Bahkan ada wahana permainan aman untuk anak usia 1,5 tahun.

Meskipun sudah tersedia safety belt dan berbagai pengaman, Mama sebaiknya tetap mengawasi anak selama bermain.

10. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

TMII adalah salah satu tempat wisata anak di Jakarta
Source: Google Maps

Siapa yang tidak kenal dengan destinasi primadona Ibukota ini. Memiliki lahan sekitar 150 hektar, Taman Mini Indonesia Indah menawarkan beragam destinasi, seperti taman, teater, bahkan ada lebih dari 15 museum.

Mama bisa mengajak anak mengenal bermacam-macam bangunan tradisional dari seluruh suku bangsa Indonesia. Ada juga miniature bangunan tempat beribadah yang mengajarkan keharmonisan antar agama.

Selain itu, terdapat berbagai wahana menarik untuk anak-anak, seperti kereta gantung, taman ria atmaja, perahu angsa, dan banyak lagi.

Salah satu wahana favorit untuk anak di TMII yaitu Taman Legenda yang menyajikan suasana Jurassic Park. Ada juga area permainan air seperti kolam ombak, kolam busa, dan Typhoon River.

Sewa Wahana Permainan Buat Liburan

Tidak harus berkunjung ke tempat wisata, Mama bisa mengisi waktu liburan dengan bermain bersama anak di rumah. Apalagi ada banyak wahana permainan yang bisa anak mainkan.

Mamasewa menyediakan aneka permainan anak dengan kualitas terbaik, mulai dari trampoline, rumah-rumahan, playground, water play table, dan banyak lagi. Ada pula mainan untuk bayi seperti baby gym dan baby walker.

Kini Mama bisa membuat waktu liburan tetap seru tanpa harus mengunjungi tempat wisata anak di Jakarta. Segera hubungi WhatsApp Mamasewa untuk mendapatkan wahana kesukaan si kecil.

Tinggalkan Balasan