Menjadi orang tua yang baik tentu menjadi dambaan setiap orang. Tetapi masih banyak diantara Mama yang belum paham bagaimana sih cara mendidik anak dengan baik. Oleh karena itu perlu rekomendasi buku parenting.

Image by Freepik

Memiliki buku yang membahas tentang parenting tidak hanya mengajarkan bagaimana cara untuk mendidik anak dengan baik, tetapi membuat Mama lebih paham dan mengerti apa sebenarnya keinginan anak.

Buku parenting adalah sebuah media yang bisa Mama gunakan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai anak. Selain itu, membaca buku juga bisa dijadikan momen menyenangkan di saat istirahat setelah menidurkan si kecil, loh.

Rekomendasi Buku Parenting Terbaik 2023

Biar tidak kesusahan untuk memberikan pendidikan kepada anak. Berikut beberapa rekomendasi buku yang bisa Mama dan Papa gunakan untuk menambah pengetahuan mengenai cara terbaik untuk mengasuh anak, diantaranya :

1. Digital Parenthink

Menjadi orang tua memang hal menyenangkan, tetapi kenyataannya tidak semudah itu. Banyak hal baru yang perlu dipelajari, salah satunya terkait cara mendidik anak dengan baik. 

Apalagi di era 4.0 sekarang ini mendidik anak menjadi tantangan tersendiri.

Sebab, kemudahan teknologi apabila dimanfaatkan dengan baik akan mendatangkan sebuah wawasan baru. Sedangkan, jika tanpa pengawasan yang ketat akan menjadi boomerang bagi anak.

Nah, pada buku Digital Parenthink ini Mama bisa mempelajari ilmu parenting yang baik seperti apa. Karena, penulisnya Mona Ratuliu membagikan tips yang ia lakukan dalam membesarkan anak di era digitalisasi ini.

2. Sharingnyasinta

buku parenting terbaik

Dengan hashtag #sharingnyasinta, penulis mewakili curhatan para ibu dan berbagi tips seputar anak dan keluarga. Tulisannya yang viral dan dimuat di media menginspirasi banyak orangtua. Buku ini bukan buku teori parenting yang “too good to be true”, melainkan cerita keseharian yang sangat “down to earth”. Berbagai cerita di dalam buku ini akan mengundang tawa dan semangat, memotivasi, dan membangun kepercayaan diri menjadi orangtua terbaik.

3. Seni Berbicara pada Anak

Menurut Mama parenting itu apa saja? Melalui buku Seni Berbicara Pada Anak, Mama bisa menemukan berbagai jenis parenting, loh. Buku ini menjadi wawasan mendalam bagi setiap orang tua dalam memberikan pendidikan kepada anak.

Apalagi untuk si kecil yang mudah marah karena keinginannya tidak orang tua kabulkan. Nah, pada buku ini Mama bisa belajar bagaimana cara terbaik untuk mengatasinya.

Pada buku ini Mama juga bisa mengupas banyak sekali jawaban terkait parenting. Mulai dari langkah paling dasar, hingga tantangan terbesar dalam memberikan pendidikan kepada anak.

4. How to Raise Successful People

Ingin menemukan cerita kesuksesan dari parenting yang tepat? Mama, bisa membaca buku How to Raise Successful People. 

Buku parenting ini membagikan kisah seorang ibu yang memiliki 3 anak perempuan dan berhasil membuat ketiga anaknya sukses semuanya.

Dalam buku ini, penulis menjelaskan tiga praktik pola asuh yang digunakannya yaitu Trust, Respect, Independence, Collaboration, dan juga Kindness

Melalui buku ini, Mama juga bisa membuat anak terdidik secara mandiri sejak balita hingga dewasa dengan mengejar passion masing-masing.

Oleh karena itu, buku ini sangat Mamasewa sarankan mengingat dampak baiknya kepada anak begitu besar.

5. Islamic Montessori Inspired Activity (2019)

Rekomendasi buku parenting yang mengandung unsur keagamaan adalah Islamic Montessori Inspired Acitivity. Di dalam buku ini, Mama bisa menemukan lebih dari 200 Montessori activity yang disajikan ke dalam 30 tema mingguan.

Masing-masing tema nantinya akan terdapat 7 area Montessori mulai dari bahasa, matematika, seni dan kriya, Islami, dan juga kehidupan praktis.

6. Mommyclopedia

Tahukah Mama kapan bayi harus diberikan makanan pendamping ASI (MPASI)? Kira-kira seberapa penting sih pemberian MPASI kepada anak itu. Karena, jika sampai salah langkah, hal itu akan berpengaruh terhadap kehidupan anak, loh.

Oleh karena itu, meskipun terkesan sepele sebaiknya Mama pahami terlebih dahulu ilmu MPASI dengan baik.

 

Kapan seribu hari pertama kehidupan anak hingga usianya dua tahun. Karena usia tersebut menjadi periode paling penting dalam tumbuh kembang si kecil.

Utamanya perkembangan saraf secara optimal. Nah, buku yang bisa Mama gunakan sebagai media belajar adalah Mommyclopedia. Buku ini dapat membantu si kecil tumbuh optimal di periode emasnya.

7. Parenting tanpa Galau, Hadapi Tumbuh Kembang Anak 0 – 3 Tahun

Sebagai orang tua yang baik, Mama pasti ingin si kecil memiliki masa pertumbuhan dengan baik. Salah satunya dengan memastikan si kecil bisa berjalan dan mengalami perkembangan yang signifikan.

Mengingat anak kecil selalu tumbuh dengan bermacam permasalahan baru, maka memahami ilmu parenting sangat penting untuk Mama pelajari. 

Salah satu rekomendasi buku parenting yang bisa Mama gunakan tidak lain adalah buku Parenting Tanpa Galau, Hadapi Tumbuh Kembang Anak 0 – 3 Tahun.

8. Prophetic Parenting: Cara Nabi Mendidik Anak

Tidak hanya ingin meniru Nabi dalam beribadah dan kebaikan saja. Mama juga bisa meniru Nabi dalam hal mendidik anak, loh. 

Melalui buku Prophetic Parenting: Cara Nabi Mendidik Anak, Mama akan menemukan beragam sisi psikis dan kecenderungan dalam membangun mindset si kecil.

Buku ini mengajarkan kepada Mama mengenai pentingnya pendidikan dari Ibu, keluarga, dan juga lingkungan yang sehat terhadap tumbuh kembang anak. Selain itu, didikan ini juga berlaku dalam hubungan sehari-hari.

9. Prenatal Gentle Yoga

Impian setiap wanita di dunia adalah bisa melahirkan dengan normal, lancar, dan minim rasa sakit. Kalimat istimewa itu juga menjadi pengantar dalam buku Prenatal Gentle Yoga.

Melalui buku ini penulis berusaha menyampaikan pentingnya melakukan banyak hal sehat agar berhasil mengerjakan gentle birth. Sehingga, Mama bisa merasakan proses persalinan yang minim terhadap trauma.

Selain itu, Prenatal Gentle Yoga juga membagikan langkah parenting yang terstruktur.

10. Good Childhood Memories

Melihat anak memiliki tumbuh kembang yang baik bisa Mama lakukan dengan memberikan kenangan positif dan baik. Karena, peran orang tua dalam membagikan kenangan menyenangkan kepada anak akan berdampak pada sisi psikologisnya.

Tetapi, pasti setiap orang tua memiliki cara melaluinya sendiri-sendiri. Sehingga, tidak sedikit orang tua yang merasa cemas karena merasa kurang dalam memberikan kenangan baik kepada anak.

Nah, salah satu buku yang bisa menjawab bagaimana cara untuk membagikan kenangan baik kepada anak adalah Good Childhood Memories. 

Pada buku ini, Mama bisa mendapatkan panduan untuk membesarkan anak dengan perasaan bahagia dan kenangan menyenangkan.

Peralatan Parenting Murah tanpa Membeli, Sewa di Mamasewa.com saja!

Setelah membaca banyak rekomendasi buku parenting di atas, pasti Mama ingin memberikan pendidikan kepada anak, kan? Salah satunya dengan menciptakan kenangan menyenangkan melalui peralatan main yang membuat anak ceria.

Nah, tidak perlu pusing harus membeli peralatan main anak karena cenderung mahal. Karena, sekarang Mama bisa menggunakan jasa sewa dari Mamasewa.com untuk mendapatkan perlengkapan anak paling berkualitas dengan harga terjangkau.

Tunggu apalagi, segera lakukan checkout peralatan dan perlengkapan anak hanya di Mamasewa.com.

Tinggalkan Balasan