Bayi yang tidak kunjung tidur saat malam hari bisa membuat orangtua kelelahan bahkan frustasi. Belum lagi kalau mereka jadi lebih clingy dan rewel. Nah, meski tidak selalu mengindikasikan masalah kesehatan, kebiasaan ini sebaiknya tidak dipelihara. Itu sebabnya Mama perlu mencari tahu faktor penyebab dan cara mengatasi bayi susah tidur. Berikut informasinya!

Penyebab Bayi Susah Tidur

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab bayi susah tidur. Berikut beberapa di antaranya. 

1. Merasa Tidak Nyaman

Penyebab bayi susah tidur yang pertama adalah karena mereka merasa tidak nyaman. Misalnya karena popoknya penuh, lapar dan haus, kepanasan atau kedinginan, nyeri akibat tumbuh gigi, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, Mama perlu mengenali kira-kira faktor apa yang membuat si kecil merasa kurang nyaman dan sulit tidur. 

2. Sakit

Hal lain yang bisa menjadi penyebab bayi susah tidur adalah karena gangguan kesehatan. Misalnya seperti demam, batuk, pilek, kolik, ISPA, infeksi telinga, dan lain sebagainya.

Gejala yang muncul seringkali meninggalkan rasa tidak nyaman yang membuat mereka susah tidur dengan nyenyak.

3. Sensitif terhadap Suara Bising

Pada usia yang sangat dini, pendengaran bayi jauh lebih sensitif dibanding penglihatannya. Bahkan mereka mudah terkaget-kaget saat mendengar suara tertentu yang Mama kenal sebagai refleks Moro.

Lingkungan yang terlalu bising bisa membuat mereka merasa terganggu dan akhirnya sulit tidur. 

4. Lingkungan Tidur yang Tidak Mendukung

Kondisi kamar yang tidak kondusif seperti ruangan yang terlalu panas, dingin, gelap, atau bising bisa mengganggu tidur bayi.

Selain itu, perubahan lingkungan dan rutinitas juga bisa membuat si kecil susah tidur. Maka, jangan heran kalau si kecil jadi sulit tidur saat diajak bepergian atau sedang dalam perjalanan.

5. Bayi Belum Memahami Siang dan Malam Hari

Penyebab lain yang membuat bayi susah tidur adalah karena mereka belum bisa membedakan siang dan malam atau day/night reversal.

Sebenarnya ini hanya sementara, namun cukup melelahkan bagi orangtua kalau mereka terus terjaga sepanjang malam. Untuk mengatasinya, Mama bisa mengenalkan siang dan malam pada bayi.

BACA JUGA: 9 TIPS AGAR BAYI TIDUR NYENYAK DI MALAM HARI

6. Rutinitas Tidur yang Tidak Teratur

Tidak memiliki rutinitas tidur atau memiliki rutinitas tidur tapi tidak teratur bisa membuat jadwal tidur si kecil berantakan.

Meski tampaknya sederhana, sangat penting untuk memiliki rutinitas tidur yang teratur. Ini akan membantu si kecil mengembangkan pola tidur yang baik dan tidur lebih nyenyak saat malam hari.

7. Kecemasan atau Ketenangan Orang Tua

Penyebab bayi susah tidur yang terakhir mungkin tidak terpikiran oleh Mama. Namun ternyata perasaan tidak tenang, cemas, atau stres yang Mama rasakan bisa ditangkap oleh si kecil. Itu juga bisa mengacaukan jam tidur dan istirahat mereka, Mam.

Cara Mengatasi Bayi yang Susah Tidur

Bayi yang rewel dan menolak tidur saat malam hari menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Mama coba lakukan untuk mengatasi masalah ini.

  1. Jangan meletakkan barang-barang yang bisa mendistraksi si kecil seperti mainan, boneka, atau selimut berlapis di ranjang si kecil
  2. Buat rutinitas tidur seperti mengganti popok, membacakan cerita, memutar musik, atau memijat lembut si kecil
  3. Ajarkan perbedaan siang dan malam dengan membuka tirai, menyalakan lampu, dan mengajak anak beraktivitas di siang hari
  4. Kenali tanda-tanda mengantuk pada bayi dan tidak menunda untuk menidurkannya karena bayi yang terlalu lelah justru akan lebih susah untuk tidur
  5. Ciptakan suasana yang nyaman agar bayi merasa rileks sebelum tidur

Itulah beberapa cara yang bisa Mama lakukan. Nah, yang tak kalah penting untuk menjaga kualitas tidur bayi adalah dengan menyediakan tempat tidur khusus untuk mereka. Selain demi alasan kenyamanan, memisahkan ranjang bayi juga untuk memastikan keselamatannya. Di Mamasewa, Anda bisa menemukan berbagai jenis kasur bayi yang bisa jadi pilihan. Mulai dari baby box, baby crib, sampai bedside dengan harga mulai dari 6 ribuan aja per harinya. Untuk melihat koleksi selengkapnya, klik di sini!

Tinggalkan Balasan