Image by Freepik

Kemampuan untuk berkonsentrasi sangat penting sampai usia dewasa. Maka dari itu, kemampuan ini harus terlatih sejak kecil lewat kegiatan menyenangkan. Mainan untuk melatih fokus anak menjadi jawaban para orang tua atas hal ini.

Sayangnya, masih banyak orang tua yang memberikan mainan yang tidak tepat untuk si kecil. Bahkan, tanda disadari beberapa barang tersebut diperuntungkan untuk anak yang usianya jauh  lebih dewasa.

Namun, sebelum bicara lebih jauh mengenai mainan yang efektif melatih fokus anak. Mama perlu memahami informasi dasar tentang melatih konsentrasi anak  berikut. 

Bagaimana Melatih Anak agar Fokus?

Melatih fokus anak bisa dengan berbagai cara. Nah, 4 cara yang Mamasewa tulis di bawah ini bisa Mama dan Papa lakukan. Apa saja, ya? Yuk, kita simak bersama-sama!

1. Pastikan Anak Tercukupi Kebutuhan Gizinya

Perlu orang tua ingat selalu bahwa kebutuhan gizi anak itu nomor satu. Hal ini agar tubuh dan otak anak bisa terus berfungsi dengan baik yang jadi modal utama untuk terus fokus.

Selain memperhatikan gizi, Mama juga harus memastikan anak senantiasa mendapat asupan air yang cukup. Kombinasi asupan gizi dan cairan ini dapat membantu menjaga agar kondisi badan si anak terus prima dan tidak mudah sakit.

2. Sesekali Biasakan Anak Menghadapi Deadline dalam Kegiatan Sehari-hari

Misal, si anak harus merapikan mainannya seperti semula dalam waktu maksimal 10 menit atau makan paling lama 30 menit.

Mama juga boleh memberlakukan sistem reward and punishment, tetapi harus berbarengan dengan pemahaman mengapa sang anak harus terbiasa fokus dan berani menghadapi deadline yang nantinya sangat berguna di masa depan.

3. Biasakan Anak untuk Menjauhi Hal-hal yang Bisa Mengganggu Konsentrasi

Makan sambil bermain game atau tontonan di TV saat belajar membaca tentu bisa menghilangkan konsentrasi sang anak untuk menuntaskan kegiatannya. Tak heran, anak-anak sering menghabiskan waktu terlalu lama hanya untuk tugas kecil.

4. Berikan Mainan yang Melatih Fokus

Mama bisa memberikan latihan fokus melalui aktivitas favorit anak, salah satunya memberikan mainan edukatif. Dengan demikian, anak jadi terbiasa belajar tentang kemampuan fokus bahkan di waktu luang dan hal-hal kecil semacam ini.

Terus, apa saja mainan yang cocok untuk melatih fokus anak-anak yang bisa Mama berikan?

Rekomendasi 10 Mainan untuk Melatih Fokus Anak

Pertanyaan Mama tadi akan langsung kami jawab di bagian ini. Berikut Mamasewa telah mengumpulkan 10 rekomendasi mainan untuk melatih fokus anak yang terbukti efektif.

1. Ring Donat

Rekomendasi bagus mainan melatih fokus anak 1 tahun dan bayi, cara memainkan ring donat sangatlah mudah. Anak hanya perlu memasukkan donat plastik berbagai ukuran ke semacam cone, mulai dari yang terbesar sampai terkecil.

Image by Pexels

Meski sederhana, ring donat dapat melatih anak untuk mengurutkan sesuatu dengan benar. Jika anak Mama dan Papa bisa mengurutkan donat dengan benar terus-menerus, itu adalah tanda awal yang bagus!

2. Bowling Mini

Bowling adalah olahraga yang menyenangkan sekaligus menantang dan bisa siapa saja mainkan. Nah, tak ada salahnya Mama memperkenalkan kepada si kecil sejak dini.

Bowling mini bisa melatih anak untuk fokus mengarahkan bola agar dapat menjatuhkan seluruh pin.

Selain itu, permainan ini juga melatih anak Mama untuk bersabar dalam membidik bola dan menerima apa pun hasil permainan, memang atau kalah.

3. Origami

Waktu kita masih kanak-kanak bermain origami adalah kegiatan yang menyenangkan, tetapi butuh ketekunan untuk mencapai kemahiran. Apalagi, banyak origami yang lebih rumit dari sekadar bentuk pesawat atau katak, bukan?

Image by Freepik

Bermain origami akan melatih anak untuk tidak menyerah, mengikuti instruksi secara cermat, dan fokus meraih hasil akhir. Tentunya Mama harus membimbing sang anak sampai ia benar-benar jago membuat berbagai bentuk.

4. Permainan Memancing Ikan Kecil Bermagnet

Apakah di masa kecil Mama dan Papa pernah bermain ini? Yap, memancing ikan-ikan kecil yang memiliki magnet di dalam mulut mereka ini sekilas nampak mudah, tapi kenyataannya butuh fokus dan kesabaran dari si kecil.

Ikan-ikan kecil ini tidak akan diam saja dan terus membuka dan menutup mulutnya. Ditambah dengan sifat kain pancingan yang mudah goyah, anak akan tertantang untuk terus fokus menangkap ikan sebanyak mungkin.

5. Wire Loop Game

Masih ingat permainan di mana kita harus memindahkan semacam cincin atau loop melalui kawat berkelok dan tidak boleh menyentuh kawatnya? Permainan itu bernama wire loop game.

Dalam permainan ini, konsentrasi adalah modal nomor satu agar berhasil. Dengan demikian, memperkenalkan anak dengan wire loop game akan mengajarkannya untuk bertindak hati-hati, fokus, dan percaya diri dengan gerakan yang ia lakukan.

6. Shell Game

Mama tahu permainan di mana ada satu bola di dalam salah satu dari 3 gelas terbalik, di mana kita harus memilih gelas mana yang mengandung bola setelah ketiganya diacak-acak?

Nah, itulah yang orang sebut dengan shell game! Ini merupakan salah satu permainan untuk melatih konsentrasi anak yang sederhana tapi dapat mengecoh jika ia tidak berkonsentrasi.

7. Buku atau Aplikasi Teka-teki Silang Sederhana

Mama ingin melatih fokus anak sekaligus meningkatkan pembendaharaan kata? Berikan ia buku atau aplikasi teka-teki silang sederhana! Mama bisa memberikan teka-teki silang baik dalam Bahasa Indonesia maupun Inggris.

Image by Freepik

Pada permainan ini, Mama dapat memandu sang anak untuk berkenalan dengan berbagai kata beserta arti dan penggunaannya. Oleh karena itu TTS adalah pilihan permainan melatih fokus anak 5 tahun yang bagus sebelum ia ke bangku sekolah.

Nah, kalau anak sudah cukup mandiri untuk menyelesaikan sendiri, Mama bisa menantangnya untuk menyelesaikan satu rangkaian permainan dalam waktu singkat!

8. Balok Bongkar Pasang 

Mainan untuk melatih fokus anak yang satu ini sudah seperti barang wajib diberbagai rumah tangga yang memiliki buah hati. Bagaimana tidak? Selain banyak tersedia di toko-toko, mainan ini melatih fokus sekaligus kreativitas sang anak.

Adapun Mamasewa.com menyediakan mainan balok bongkar pasang dengan harga yang ramah di dompet Mama dan Papa. Tak usah khawatir karena kami hanya menyediakan balok bongkar pasang berkualitas tinggi dan aman untuk anak!

9. Jigsaw Puzzle Sederhana

Puzzle adalah mainan terfavorit anak-anak di seluruh dunia dari dulu sampai sekarang. Kepuasan melihat sebuah gambar yang lucu atau indah dari rangkaian kepingan-kepingan kecil memang tidak ada duanya untuk si buah hati.

Dengan memberikan permainan untuk melatih konsentrasi anak yang satu ini, ia akan belajar untuk mengenali perbedaan-perbedaan pola, membentuk pola besar yang saling berhubungan, dan sabar dalam berproses.

10. Permainan Bola Basket Mini

Bermain bola basket sangat bagus untuk mengisi waktu luang anak Mama secara menyenangkan dan menyehatkan. Berapa banyak bola yang berhasil si kecil masukkan ke keranjang? Maka dari itu, latihlah fokus anak dengan permainan ini! 

sewa ring basket

Mama dan Papa juga bisa menantangnya untuk memasukkan bola sebanyak mungkin dari jarak tertentu dan dalam waktu singkat. Dari kegiatan menyenangkan ini, orang tua boleh memberikan hadiah kecil jika anak menunjukkan hasil bagus.

Bingung cari mainan bola basket mini yang bagus dan terjangkau? Mamasewa.com adalah teman Mama! Kami juga menyediakan berbagai macam mainan edukatif lainnya untuk menunjang tumbuh kembang dan kecerdasan si kecil.

Segera kunjungi laman resmi kami untuk melakukan pemesanan mainan untuk melatih fokus anak, berbelanja kebutuhan buah hati, dan ibu baru melahirkan lainnya!

Tinggalkan Balasan