Saat tengah mengandung, Mama pasti merasa tidak sabar untuk segera membeli segala perlengkapan bayi. Bahkan melewati etalase pakaian anak ataupun sekedar melihat di online shop rasanya ingin membeli semuanya bukan? Padahal belum tentu semua akan terpakai oleh si kecil nantinya.

Pembelian perlengkapan bayi tanpa perencanaan akan berdampak besar pada keuangan loh. Kekurangan saat membeli perlengkapan terlalu awal dan tanpa perencanaan, bisa saja anda membeli perlengkapan yang kurang tepat karena belum mengetahui keadaan bayi seperti panjang badannya hingga jenis kelamin. 

Perkembangan tubuh bayi juga umumnya signifikan, akan sayang sekali jika perlengkapan yang sudah dibeli hanya dapat digunakan beberapa kali saja hanya karena nafsu untuk membeli banyak barang sekaligus. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum membeli perlengkapan bayi secara impulsif. 

Belanja sebelum 7 bulan, mitos atau fakta?

Sudah sering dengar pandangan untuk tidak membeli perlengkapan bayi sebelum kehamilan berusia 7 bulan, bukan? Mitos atau fakta ya? Sebenarnya jika dihubungkan dengan ilmu medis, hal ini tidak ada kaitannya dan boleh saja bagi anda jika ingin membeli perlengkapan sejak awal kehamilan. Hanya saja ada sisi positif dari pandangan ini karena pada saat awal kehamilan janin yang dikandung masih sangat rentan dan jika kamu lelah maka akan membahayakan si kecil. Untuk mengetahui keadaan kandungan, Mama dapat rutin mengunjungi dokter kandungan untuk memantau kesehatan diri dan juga kesayangan di dalam kandungan. 

Membagi waktu pembelian perlengkapan bayi

Anda dapat mulai merencanakan barang apa saja yang ingin anda beli di tiap trimester kehamilan atau pada saat tertentu yang anda inginkan. Buatlah daftar yang memang benar-benar anda butuhkan dan menyesuaikan dengan keadaan diri. 

Jangan memaksakan membeli semua barang di daftar semenjak awal karena selain menjaga kesehatan ibu dan bayi, juga dapat meminimalisir pengeluaran yang membengkak dalam satu waktu. Apabila ada saudara atau rekan yang menawarkan hadiah kelahiran, tidak ada salahnya menerima tawaran tersebut. Hal ini bisa anda gunakan untuk mengurangi pengeluaran dan dialihkan ke kebutuhan si kecil lainnya seperti popok dan lainnya.

  • Trimester Pertama

Pada trimester pertama dapat anda gunakan sebagai saat untuk menuliskan daftar kebutuhan yang harus dibeli serta riset tentang produk terbaik untuk kesayangan. 

  • Trimester 2 

Antara minggu ke 15 hingga 20-an diperkirakan menjadi waktu terbaik bagi Mama untuk mulai berbelanja keperluan bayi. Anda dapat berpedoman pada daftar yang telah dituliskan di daftar sebelumnya untuk mengurangi pembelian tak terduga dengan berbagai alasan seperti lucu, mungkin nanti akan terpakai atau yang lainnya. 

  • Trimester 3

Agar persalinan anda berjalan dengan lancar dan tenang, sebaiknya kegiatan berbelanja telah selesai antara minggu ke-32 hingga 36 kehamilan. Dalam membeli keperluan bayi, usahakan agar melakukannya dengan santai dan tidak terburu-buru. Ini penting untuk mengurangi stres yang dirasakan Mama saat akan melakukan persalinan. Ingatlah bahwa stres pada ibu hamil akan ikut berpengaruh pada anak dalam kandungannya.

 

Mengutamakan perlengkapan bayi yang pokok

Umumnya keperluan bayi yang dibeli sejak awal adalah pakaian, alat makan, gendongan, stroller, alat mandi, boks tidur, lemari hingga rak penyimpanan kebutuhan bayi, pompa ASI, popok, hingga car seat. Selain berbelanja, tentu Mama harus menyediakan ruang kosong untuk penyimpanan barang-barang bayi yang tidak sedikit dan beberapa bahkan memakan ruang lebih besar di salah satu ruangan ataupun sudutnya. 

Utamakanlah barang yang memang sangat wajib dimiliki namun tetap beli dalam batas wajar saja. Ini merupakan hal yang sering terlupakan oleh para calon orang tua baru karena cenderung membeli banyak barang sekaligus padahal tumbuh kembang bayi sangat cepat. Perlengkapan yang baru digunakan sebentar akhirnya tidak digunakan lagi dan berakhir di ruang penyimpanan. Hal ini merugikan keuangan dan juga ruang simpan yang dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga lainnya. 

Nah Mam, sekarang ada solusi lain loh selain membeli sendiri keperluan si kecil yang pertumbuhannya sangat cepat dan juga lebih ringkas untuk bepergian serta penyimpanan di rumah lebih minim. Mamasewa hadir sebagai solusi penyediaan kebutuhan perlengkapan ibu dan anak yang sudah terjamin kebersihan dan higienis. Pelayanan yang profesional dan mudah dalam bertransaksi, pastinya Mama akan nyaman mencari kebutuhan untuk bayi dan diri sendiri di Mamasewa. 

Ada banyak barang yang bisa Mama sewa seperti Pompa Asi, Stroller, Air Purifier, Sterilizer, Baby Carrier, Baby Bouncer, Bedrail, Kursi Makan dan High Chair, Box Bayi, Bak Mandi, Food Processor, Baby Fence,Sepeda, Mainan dan lainnya. Tak hanya itu, keperluan bayi untuk bepergian dalam traveling seperti Stroller, Kursi Roda Traveling, Koper, Carseat, dan lainnya juga bisa ditemukan di mamasewa. Mamasewa menyediakan solusi penyediaan barang terbaik dan membantu Mama dalam mengelola keuangan keluarga. Yuk kunjungi mamasewa terdekat sekarang juga, Mam!

Tinggalkan Balasan