Beberapa waktu lalu Menteri BUMN Erick Thohir secara resmi meluncurkan fasilitas daycare di Kantor Kementerian BUMN. Bahkan rencananya, fasilitas ini juga bakal diadakan di kantor-kantor BUMN lainnya sebagai upaya pemerintah untuk menanggapi isu kesehatan mental dan well being karyawan. Berikut informasi selengkapnya! 

Fasilitas Daycare di BUMN

Fasilitas Daycare

Melansir dari laman Detik, Erick Thohir menyebutkan bahwa kehadiran fasilitas daycare dan ruang laktasi merupakan salah satu komitmen Kementerian BUMN dalam mewujudkan Employee Well-Being Policy. 

Bukan sekedar menyediakan saja, rupanya daycare di Kantor Kementerian BUMN juga memiliki fasilitas komplit untuk mendukung perkembangan anak. Mulai dari ragam pilihan mainan sampai program edukasi yang mumpuni. 

Buat Mama yang kantornya tidak se-privilege itu, jangan berkecil hati ya! Berikut ini Mamasewa akan membagikan beberapa tips memilih daycare yang tepat untuk buah hati Mama. 

Pertimbangan Saat Memilih Daycare

Fasilitas Daycare

Meninggalkan anak untuk bekerja tentu menjadi pilihan yang tak mudah. Di satu sisi Mama ingin selalu membersamai si kecil, namun di sisi lainnya ada kebutuhan-kebutuhan lain yang perlu dipenuhi. Alhasil penitipan anak alias daycare sering jadi pilihan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan Mama saat memilih daycare. 

1. Lokasi

Jika memungkinkan, pilih daycare yang tidak terlalu jauh dari tempat Mama bekerja.

Selain karena alasan efisiensi waktu, Mama bisa cepat-cepat ke sana jika terjadi kondisi mendesak atau darurat. Bisa juga sesekali mampir menengok si kecil saat jam istirahat kerja.

2. Kredibilitas

Demi keamanan si kecil, pastikan Mama memilih daycare yang memang kredibilitasnya bisa dipertanggungjawabkan.

Bisa dibuktikan dengan kepemilikan izin usaha atau review orangtua lain yang menitipkan anaknya di sana.

3. Kuantitas dan Kualitas Pengasuh

Idelanya satu orang pengasuh bisa mengurus 3-4 bayi atau 6-9 balita. Rasio ini berguna untuk memastikan si kecil bisa mendapatkan perhatian dan pengawasan yang cukup. 

Selain itu, kualifikasi para pengasuh juga bisa jadi bahan pertimbangan lain. Kebanyakan mereka adalah tenaga profesional yang memang sudah mendapat pelatihan atau memiliki keterampilan khusus. 

4. Program yang Dimiliki

Pada umumnya, daycare memiliki jadwal aktivitas yang sudah terstruktur. Kapan anak berkegiatan, istirahat, dan makan. Termasuk juga rangkaian aktivitas untuk si kecil selama berada di sana. Misalnya belajar mengaji, beraktivitas fisik, dan sebagainya.

Untuk hal ini, Mama bisa memilih daycare yang memiliki value yang sejalan dengan harapan Mama dan Papa. 

5. Fasilitas

Selain program yang dimiliki, perhatikan juga fasilitas yang tersedia. Apakah bisa mendukung kebutuhan dan minat si kecil.

Selain itu, juga soal makanan, apakah harus membawa dari rumah atau sudah disediakan. Jika disediakan, pastikan Mama menyampaikan riwayat alergi si kecil, ya. 

6. Kebersihan

Fasilitas Daycare

Daycare yang baik tidak akan mengabaikan masalah kebersihan. Untuk memeriksanya, Mama bisa menilai dari ventilasi, lantai, dinding, toilet, dapur, atau fasilitas lainnya.

Perhatikan juga apakah para pengasuh menerapkan praktik kebersihan dengan baik, misalnya dengan selalu mencuci tangan sebelum dan setelah mengganti popok. 

7. Keamanan

Faktor keamanan juga tidak boleh disepelekan. Pastikan tempat penitipan anak pilihan Mama memiliki sistem keamanan yang baik, misalnya dengan keberadaan petugas keamanan dan CCTV. 

Dengan teknologi seperti sekarang ini, beberapa daycare bahkan menggunakan CCTV yang memungkinkan Mama untuk mengawasi aktivitas si kecil lewat smartphone, lho.

Selagi belum terdengar kabar kantor Mama bakal membuat daycare seperti di BUMN, itulah beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan Mama saat memilih daycare terbaik untuk si kecil. Ngomongin yang terbaik, Mama bisa lho mendapatkan perlengkapan si kecil dengan kualitas terbaik tanpa harus merogoh kantong dalam-dalam. Caranya mudah, klik www.mamasewa.com dan temukan berbagai kebutuhan si kecil mulai dari mainan, perlengkapan traveling, MPASI essentials, dan lain sebagainya dengan harga mulai dari 2 ribuan aja per hari!

Tinggalkan Balasan