anak usia 6 tahun belum lancar bicara
Cute photo created by jcomp – www.freepik.com

Ketika anak usia 6 tahun belum lancar bicara pasti membuat Mama dan Papa khawatir. Meskipun memang setiap anak memiliki tahap pertumbuhannya sendiri-sendiri, akan tetapi sudah sewajarnya anak 6 tahun sudah harus lancar berbicara. Bisa jadi Si Kecil terkena keterlambatan bicara atau speech delay. 

Bentuk keterlambatan bicara yang dialami anak-anak mulai dari bicara tidak jelas sampai kesulitan mengungkapkan apa yang mereka inginkan. Biasanya, anak dengan keterlambatan bicara lebih sering menggunakan bahasa tubuh daripada bahasa verbal. Jika anak mengalami hal ini, jangan dibiarkan ya, Ma, karena akan mengganggu proses tumbuh kembangnya. Untuk itulah sebaiknya Mama mengetahui penyebab anak usia 6 tahun belum lancar bicara terlebih dahulu.

Penyebab Anak Usia 6 Tahun Belum Lancar Bicara

Beberapa penyebabnya bisa berupa:

  • Dibesarkan dalam lingkungan multilingual atau banyak bahasa sehingga anak kebingungan memilih kata-kata.
  • Kesulitan mengerti atau mencari kata-kata.
  • Gangguan pendengaran.
  • Kelainan rongga mulut, bisa disebabkan karena bibir sumbing atau kelainan lidah.
  • Gagap.
  • Pengabaian oleh orang sekitar.
  • Gangguan spektrum autisme.

Cara Mengatasi Keterlambatan Bicara

cara mengatasi keterlambatan bicara
People photo created by drobotdean – www.freepik.com

Untuk mengatasi anak usia 6 tahun belum lancar bicara, Mama dan Ayah harus secara aktif memberikan stimulasi yang tepat untuk perkembangan bahasanya. Beberapa cara yang bisa Mama lakukan adalah sebagai berikut:

1. Berkomunikasi dengan Si Kecil

Tak ada salahnya lho, Ma, mengajak komunikasi dengan anak sejak ia lahir. Hal ini dapat merangsang indera pendengarannya sejak kecil. Setelah ia besar, anak menjadi mulai terbiasa mendengar dan bisa mengatakan secara jelas keinginannya melalui kata-kata. 

Beri perhatian dengan menanggapi kata-katanya saat Si Kecil mengoceh dengan bahasa bayi. Buatlah anak ekspresif mengeluarkan keinginan dan perasaannya. 

2. Terus beri pertanyaan pada Si Kecil

Cara mengatasi anak usia 6 tahun belum lancar bicara selanjutnya adalah terus beri pertanyaan jika ia mulai mengeluarkan bahasa bayi dan memberikan reaksi positif. Hal ini untuk mempertegas apa yang anak ucapkan. Biarkan ia bercerita tentang apa pun yang ia alami dan ia rasakan. 

3. Bermain bersama Mama dan Ayah

anak belum lancar bicara
People photo created by tirachardz – www.freepik.com

Interaksi antara anak dan orangtua juga berperan dalam perkembangan bahasa verbalnya. Mama dan Ayah harus bisa menjadi anak kecil, dengan suara yang mirip anak kecil, pandangan mata yang sejajar, dan pertanyaan sederhana yang membuat Si Kecil senang bermain.

Selain itu, jangan lupa ajak Si Kecil berjoget, bertepuk tangan, atau menyanyi untuk menambah semangat dan kegembiraan kala bermain. Jika dilakukan dengan rutin, anak akan mencoba menirukan lirik lagu yang tentunya akan menambah kemampuan bahasanya.

4. Beri pujian saat anak mengalami perkembangan

Anak tahu saat ia diberi pujian artinya ia melakukan hal yang benar. Pujian, senyuman, pelukan, dan apa pun bentuk penghargaan Mama dan Ayah juga akan berpengaruh pada perkembangan bahasanya. Kunci utama merangsang berkembangnya kemampuan berbicara anak adalah dengan banyak-banyak berkomunikasi dengannya. Pastikan Bunda juga selalu memakai respons yang positif dan penuh kasih sayang.

5. Lakukan terapi

Umumnya, anak usia 3 tahun sudah bisa berbicara dengan jelas. Namun, jika si Kecil usia 6 tahun belum lancar bicara artinya ada yang salah dalam perkembangannya. Oleh karena itu, sebaiknya Mama konsultasikan dengan dokter spesialis anak. 

Jika anak tidak segera mendapatkan terapi pada usia 4 tahun, anak akan rentan tantrum dan stres karena sulit mengungkapkan keinginan mereka. Apalagi di usia tersebut ia sudah punya teman, dan temannya mungkin akan kesulitan berkomunikasi dengan anak.

Saat anak usia 6 tahun belum lancar bicara, Mama harus waspada, ya. Lakukan terapi dan terus stimulasi perkembangan Si Kecil. Mama juga bisa memilih permainan yang dapat merangsang stimulasi anak. Nah, Mama bisa sewa permainan anak di mamasewa.com yang menyediakan perlengkapan bayi dan anak-anak yang lengkap. Keuntungan yang Mama bisa peroleh adalah harganya lebih murah daripada beli, bisa diantar ke rumah, dan barang-barangnya berkualitas, serta terjamin kualitasnya. Yuk, sewa sekarang!

Tinggalkan Balasan