cara memijat bayi yang benar
Baby photo created by valuavitaly – www.freepik.com

Dengan mengetahui cara memijat bayi yang benar, Mama jadi bisa memijat si Kecil tanpa menyakitinya. Selain itu, si Kecil juga akan mendapatkan banyak manfaat dari pijatan yang Mama lakukan, salah satunya membuat anak tertidur pulas.

Untuk memulai memijat bayi, persiapkan beberapa peralatan, seperti minyak zaitun, bantal, pakaian bersih, dan alas bayi. Kemudian, jangan lupa Mama mencuci tangan terlebih dahulu supaya bersih. Usahakan untuk memijat seluruh bagian tubuh bayi dengan lembut, jangan terlalu keras supaya si Kecil nyaman.

Cara Memijat Bayi yang Benar dan Aman

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini cara memijat bayi agar tidak rewel di seluruh bagian tubuhnya.

1. Memijat bagian kaki bayi

Area kaki bayi dipercaya kurang sensitif sehingga baik untuk memulai titik pijatan agar si Kecil tidak kaget. Tuangkan sedikit minyak ke telapak tangan Mama lalu mulai gosokkan di betis dan paha si Kecil. Kemudian balurkan ke bagian punggung kaki si Kecil, pijat perlahan dan lembut.

Pijat dengan gerakan berputar dari atas hingga ke jari-jari kaki bayi. Terakhir, Mama bisa pijat bagian jari-jari kaki bayi dengan tarikan lembut.

2. Pijat bagian lengan bayi

cara memijat bayi
Baby photo created by valuavitaly – www.freepik.com

Setelah bagian kaki, bagian selanjutnya untuk dipijat yaitu lengan. Sama seperti memijat kaki, cara memijat bayi yang benar pada bagian lengan juga membutuhkan minyak yang dituangkan di telapak tangan Mama. Setelah itu, langsung pijat bagian lengan atas bayi. Teruskan pijatan hingga ke bagian telapak tangan dan jari-jari lengan bayi.

3. Bagian punggung bayi

Bagian bayi selanjutnya yang harus dipijat adalah punggung bayi termasuk leher hingga bokongnya. Mama bisa posisikan bayi tengkurap untuk memudahkan memijat. Bisa ganjal bayi dengan bantal atau telungkupkan di paha Mama.

Mulai pijatan dari bahu, leher, dan punggung atas dengan menggunakan minyak pijat. Kemudian lanjutkan pijatan dengan gerakan jari memutar sampai bagian bokong Si Kecil.

4. Memijat bagian dada bayi

Bagian lainnya yang harus mama pijat adalah dada. Caranya cukup mudah, kok, Ma. yaitu dengan meletakkan kedua tangan di atas dada Si kecil kemudian pijat lembut ke arah luar kemudian ke arah dalam. Lakukan gerakan ini beberapa kali. Jangan lupa bagian leher depan juga sedikit dipijat untuk menghilangkan kotoran di bagian leher dan pernapasan Si kecil pun akan semakin lega.

Berbagai Manfaat Memijat Bayi dengan Benar 

manfaat pijat bayi
People photo created by jcomp – www.freepik.com

Ketika Mama menerapkan cara memijat bayi yang benar, Si Kecil bisa mendapatkan beberapa manfaat. Salah satunya, memberikan efek rileks bagi bayi sehingga ia bisa tertidur pulas. Karena tidurnya pulas, Si Kecil tidak akan rewel atau menangis di malam hari. 

Memijat bayi pun baik untuk sirkulasi darah dan mengurangi sakit gigi saat bayi tumbuh gigi. Selain itu, Si Kecil juga bisa mendapatkan rangsangan motorik dari Mama yang tentunya baik untuk perkembangan fisiknya. Aktivitas memijat bayi juga bisa jadi bonding yang baik untuk Mama dan bayi, lho. Si Kecil jadi merasa lebih dekat karena interaksi yang Mama lakukan.

Sebaiknya, Mama lakukan pijatan bayi saat ia terjaga dan tenang, serta hindari pijatan saat siang hari. Bisa-bisa ia tertidur siang seharian dan terjaga di malam hari. Aktivitas pijat bayi ini bisa dijadikan kegiatan rutin sebelum tidur supaya Si Kecil tidur berkualitas. Namun, jangan dulu memijat bayi saat ia sedang menang atau rewel, ya. Bisa jadi ia juga agak tidak nyaman dengan pijatan yang Mama lakukan.

Supaya Si Kecil lebih nyaman saat tidur, Mama bisa gunakan air purifier untuk menyaring udara kotor sehingga kualitas udara yang dihirup Si Kecil lebih baik. Yuk, sewa air purifier di mamasewa.com! Barangnya berkualitas, pilihan jenisnya bermacam-macam, harganya terjangkau, dan bisa diantar langsung ke rumah, lho!

Tinggalkan Balasan