Selama perjalanan siapa saja bisa mengalami mabuk perjalanan, terutama anak-anak. Apalagi kalau perjalanannya ditempuh dalam waktu yang lama. Ini bisa menyebabkan anak masuk angin, mual, dan muntah. Kalau sudah begitu, sebaiknya Mama tetap tenang dan jangan panik. Berikut ini Mamasewa sudah merangkum 7 hal yang bisa Mama lakukan saat anak  mabuk perjalanan.

1. Menepi dan Menghentikan Kendaraan 

Kalau Mama bepergian menggunakan kendaraan pribadi, Mama bisa menepi dan berhenti sebentar untuk menangani anak yang sedang mabuk perjalanan.

Kebanyakan anak mengalami motion sickness karena pergerakan kendaraan dan jalanan yang tidak nyaman. Ini seringkali membuat anak merasa mual. Nah, dengan berhenti sebentar, anak bisa menghirup udara segar dan beristirahat sebentar. 

2. Pilih Posisi Duduk yang Tepat

Tahukah Mama kalau memilih posisi duduk yang tepat dapat membantu mengurangi gejala mabuk perjalanan pada anak?

Anak-anak yang rentan mabuk perjalanan sebaiknya duduk di bagian tengah atau depan kendaraan untuk meminimalisir getaran dan gerakan yang bisa memicu rasa mual. Selain itu, untuk membuat anak merasa nyaman selama di perjalanan, siapkan carseat khusus untuk mereka.

3. Alihkan Perhatian 

Cara mengatasi anak mabuk perjalanan selanjutnya adalah dengan mengalihkan perhatian. Mama bisa mengajak anak untuk melihat pemandangan yang ada di luar jendela, seperti pohon, awan, sawah, atau bangunan.

Hal Ini dapat membantu mereka mengurangi rasa mual dan kurang nyaman selama perjalanan. Mama juga bisa membawakan mainan kesukaannya agar si kecil tetap sibuk dan tidak terlalu fokus dengan rasa mualnya.

4. Gunakan Obat Anti Mabuk Khusus Anak

Cara berikutnya, Mama bisa memberikan mereka obat anti mabuk. Namun pastikan Mama memilih obat anti mabuk khusus anak, ya!

Selain itu, konsultasikan dengan dokter anak sebelum memberikan obat anti mabuk perjalanan pada anak. Jangan lupa untuk mengikuti petunjuk penggunaan dengan cermat dan memberikan dosis yang sesuai dengan umur, berat badan, atau kondisi kesehatan anak. 

BACA JUGA: 10 TIPS MUDIK BERSAMA BAYI NAIK MOBIL BIAR AMAN DAN LANCAR

5. Ajak Anak untuk Tetap Rileks

Saat mabuk perjalanan, anak akan mulai rewel, gelisa, dan tidak nyaman. Untuk mengatasinya, Mama bisa mengajak mereka melakukan teknik pernapasan atau relaksasi.

Mama juga bisa memanfaatkan musik yang menenangkan atau cerita pendek untuk membantu anak rileks sekaligus mengalihkan perhatian mereka dari mabuk perjalanan.

6. Pastikan Ada Sirkulasi Udara yang Baik 

Selama di dalam kendaraan, sirkulasi udara mungkin kurang baik karena seluruh jendelanya tertutup rapat. Belum lagi kalau di dalam kendaraan ada bau-bau yang tidak menyenangkan. Ini bisa membuat anak mengalami mual dan muntah. 

Oleh karena itu, pastikan kendaraan memiliki sirkulasi udara yang baik untuk mengurangi bau dan kelembaban yang dapat memperburuk gejala mabuk perjalanan.

Sesekali, buka sedikit jendela untuk memberikan aliran udara segar ke dalam kendaraan. Dan tutup lagi saat Anda melewati jalanan yang berdebu dan banyak polusi.

7. Beri Perhatian Kepada Anak 

Last but not least, berikan perhatian dan dukungan penuh kepada anak agar travelling bersama anak terasa nyaman. Cara ini efektif mengatasi kegelisahan anak selama perjalanan yang bisa memicu mual dan muntah.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi anak yang mabuk perjalanan. Dengan melakukan tips di atas, Mama tidak perlu panik lagi ya saat si kecil mengalami mabuk perjalanan.

Nah, supaya perjalanan bersama si kecil makin nyaman dan menyenangkan, bawalah barang seperlunya saja. Selain menyisakan lebih banyak tempat untuk memberi rasa nyaman, membawa sedikit barang juga akan memudahkan Mama saat harus berpindah-pindah tempat.

Sisanya, percayakan saja di Mamasewa. Anda bisa menyewa berbagai perlengkapan traveling, mulai dari baby carrier sampai stroller. Tidak hanya itu, Mama juga bisa menyewa perlengkapan lainnya di Mamasewa. Selain murah dan hemat, Mama juga tidak ribet karena tim Mamasea akan mengantar dan menjemput barang ketika selesai dipakai. Jadi jangan ragu lagi, percayakan perlengkapan si kecil hanya di www.mamasewa.com

Tinggalkan Balasan